Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Faktor Perbedaan Cuaca dan Iklim Suatu Wilayah

2 min read

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Cuaca dan iklim suatu tempat bervariasi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Coba bandingkan, jika Anda berada di Jakarta, liburan akhir pekan di kawasan Puncak atau Lembang Bandung. Lebih lengkapnya langsung saja simak penjelasan kami mengenai Faktor Perbedaan Cuaca dan Iklim Suatu Wilayah Lengkap di bawah ini.

Faktor Perbedaan Cuaca dan Iklim Suatu Wilayah

Cuaca dan iklim suatu tempat bervariasi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Coba bandingkan, jika Anda berada di Jakarta, liburan akhir pekan di kawasan Puncak atau Lembang Bandung.

Anda pasti akan mengalami perbedaan cuaca yang sangat signifikan antara panas dan dingin. Mengapa cuaca berbeda di berbagai daerah? Berikut adalah sedikit penjelasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhinya:

1. Letak Lintang

Lokasi astronomis atau lintang adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi cuaca suatu tempat. Daerah di garis lintang tropis umumnya relatif lembab sepanjang tahun dengan cuaca hangat. Hanya ada dua musim, hujan dan kekeringan.

Di daerah subtropis, cuaca bervariasi antara musim semi yang hangat, musim panas yang berkobar, musim gugur yang dingin dan musim dingin yang meresap.

2. Topografi

Kondisi topografi / ketinggian mempengaruhi kondisi cuaca suatu daerah. Semakin tinggi tempat, semakin rendah atau semakin dingin suhu jadinya. Ini adalah hukum gradien termal.

Daerah dataran rendah menerima lebih banyak panas matahari karena permukaan tanah menyerap panas melalui konveksi dan konduksi panas sementara daerah dataran tinggi menyerap lebih sedikit panas.

Juga di pegunungan ada kecenderungan untuk tertutup awan, sehingga matahari jarang menembus ke permukaan tanah dan dengan demikian umumnya menurunkan suhu.

3. Jarak ke laut

Jarak dari darat ke laut mempengaruhi cuaca dan kondisi iklim suatu tempat. Daerah dekat laut biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor, terutama arus laut.

Selain itu, daerah dekat pantai memiliki angin yang cukup kuat dan sangat panas di siang hari, sementara itu akan sangat dingin di malam hari.

4. Kondisi tutupan vegetasi

Wilayah atau daerah yang memiliki tutupan vegetasi yang minim biasanya lebih panas, karena tidak ada vegetasi yang menyerap panas.

Sementara area dengan banyak tutupan lahan lebih dingin, tanaman menyerap panas dan debu. Coba saja duduk di bawah pohon, rasanya sejuk dan dingin.

5. Anomali cuaca

Cuaca yang tidak biasa atau situasi yang tidak biasa dapat terjadi kapan saja. Beberapa contoh adalah fenomena El Nino dan La Nina di Pasifik, yang mempengaruhi pola hujan dan kekeringan di Indonesia.

Belum lagi pola topan di lautan, yang dapat mempengaruhi kondisi cuaca di daratan sekitarnya.

6. Awan

Awan kurang lebih mempengaruhi radiasi panas dari permukaan bumi. Ketika tidak ada awan di suatu daerah, rasanya sangat panas, dan ketika ada banyak awan, matahari terhalang dan intensitas panas di permukaan bumi berkurang.

Baca Juga : Kulminasi Matahari Beserta Dampaknya

Contoh Cuaca dan Iklim

Contoh cuaca di dalam kehidupan sehari-hari:

  • Cuaca pagi hari di Kota Yogyakarta hujan dan cuaca di sore hari diperkirakan akan cerah
  • Cuaca siang hari di Kota Jakarta mendung, akan tetapi tiba-tiba cuaca menjadi panas.

Contoh iklim dalam kehidupan sehari-hari:

  • Adanya perbedaan iklim tropis dan iklim subtropis
  • Indonesia serta negara yang berada di garis lintang khatulistiwa akan memiliki iklim tropis.
  • Negara yang dengan iklim subtropis seperti  Negara Jepang dan Korea Selatan memiliki musim salju
Apa itu Iklim?

Iklim merupakan suatu kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang cukup panjang untuk lokasi di bumi atau planet yang lain. Studi yang mempelajari tentang iklim dipelajari dalam klimatologi. Iklim di suatu lokasi di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan juga topografi tempat itu sendiri.

Apa itu Cuaca?

Cuaca ialah fenomena yang terjadi di atmosfer Bumi / terjadi disebuah planet. Cuaca pada umumnya merupakan sebuah aktivitas fenomena dalam jangka waktu beberapa hari. Cuaca rata-rata dengan jangka waktu yang lama dikenal sebagai iklim.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Faktor Perbedaan Cuaca dan Iklim. Baca juga Dampak Perubahan Iklim. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Faktor Perbedaan Cuaca dan Iklim Suatu Wilayah Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca