Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Perbedaan Prosa dan Puisi

2 min read

Sebelum Kita bahas masalah Prosa dan Puisi ada baiknya jika kita bahas terlebih dahulu masalah sastra, karena  Prosa dan Puisa ini merupakan bagian dari sastra itu sendiri.

Sebenarnya Sampai saat ini belum ada seorang pun yang dapat mengartikan makna dari kata sastra dengan jelas, namun sebagai orang- orang awam mengartikan sastra dengan mengata kan bahwa sastra adalah sebuah karya tulis yang mengutamakan keindah, kreatipitas, yang paling utama adalah yang memiliki nilai tinggi dan abadi, dalam penulisannya. Lalu Prosa dan Puisi ini meupakan sebuah bentuk  dari Penulisan. Keduanya digunakan dalam bentuk karya tulis nan indah dengan pesan-pesan yang m

Lalu semua itu di kenal dimana keidahan tulisan tersebut dan pesan yang tersaji. Dan dimanakah letak perbedaan antara prosan dan puisi?.berikut kita bahas keduanya satu persatu.

Pengertian Prosa

Prosa adalah sebuah bentuk tutur bahasa yang paling yunik dan khas. Kata prosa sendiri berasal dari bahasa latin prosa, yang jika diartikan secara harpiah memiliki pengertian lurus kedepan. Prosa merupakan gaya penulisan yang biasa didalam sastra, yang diantaranya ia memiliki Alur, Tema, Suasana hati,cara pandang, latar, dan lain-lain.

Dan kesemuanya ditulis dengan kalmat-kalimat dan tata bahasa dan membentuk sebuah paragraph. Kadangkala didukung pula dengan gambar, akan tetapi ia tidak mempunyai stuktur metric dan termasuk pula dialok didalamnya. Prosa ini sendiri dapat dalam bentuk fiksi atau yang bukan fiksi, alternatip, heroic, perkampungan (desa), puisi prosa, polifonik, dan lainya.

Prosa merupakan sebuah karya sastra yang membetuk kalimat-kalimat dan memiliki paragraph paragrap. Kita dapat menemukan prosa ini pada artikel Blok, suratkabar, cerpen, dongeng, otobiografi,novel, biografi, dan lain-lain.

Pengertian Puisi

Puisi ini sendiri berasal dari bahasa latin yaitu Poeta,  yaitu penyair.puisi ini dapat diartikan pula segai bentuk seni satrang yang mana bahasa yang dipakai untuk s sebuah kualitas estitika yang menggugah atau sebagai penggani maknayang sangat jelas. Sesuatu yang membangun sebuah perasaan imajinatif yang lengkap disebut puisi. Yang memiliki bahasa yang tepat dan dengan kata-kata yang selektif, lalu mengaturnya dengan cara,  lalu menciptakan bentuk yang tepat, sajak ang berrahiran dengan kata-kata yang identic, dan berirama “irama puisi”.

Puisi ini sendiri memakai cara yang artistic agar mengkombinasikan sesuatu yang luar biasa istimewa. Yaitu tingi rendahnya (intonasi) musical, dan  kat-kata yang tertekan (panjang didengar) tidak stress (pendek didengar) untuk mengungkapkan atau mengeksperesikan sebuah emosi, ide, pengalaman,persaan, momen,dan imajinasi atau pemikiran sang penyair terhadap pendengar atu penonton.

Unsur struktur puisi ini meliputi: garis, bait, bait, bait,  dan lai-lain.kesemuanya itu adalah dalam bentuk ayat- ayat dan merupakan yang mengikuti bait. Lalu jumlah bait dan ayat ini tergantung pada jenis puisi itu sendiri.

Perbedaan Prosa dan Puisi

  • Perosa itu sendiri mengacu kepada bentuk sastra, dan memiliki Pola Bahasa dan Struktur Kalimat yang biasa saja. Lalu puisi merupakan bentuk dari sastra yang sifatnya estetis, atau yang memiliki bunyi, nada, sajak dan lai-lain, yang menambah artinya.
  • Bahasa didalam prosa cukup lugas,”lansung” sedangkan puisi menggunakan sajak yang memberikan irama yang cukup unik serta tata bahasa yang  expresif atau kreatif  yang melingkupi perbandingan Ritme.
  • Bersifat Prakmatis, dan Realistis itu terdapat pada prosa, tetapi tidak pada puisi, puisi lebih bersifat sindiran atau kiasan,
  • Pada Prasa terdiri atas paragraph, dan mencakup menjadi sebuah kalimat, yang memiliki gagasan Tersirat atau pesan. Sedangkan pada puisi, tertulis dengan bentuk ayat-ayat dan tercakup dalam bia-bait, dan ayat-ayatnya menyisakan banyak hal yang tak terungkap, dan pandangan teoritisnya tergantung pada  pemikiran pembacanya.
  • Ultilitarian itu ada pada prosa, dan menyampaikan pesan Moral, gagasan yang tersembunyi, namun pada buisi ialah sebaliknya dai pada prosa, puisi ini lebih bersifat menghibur atau menyenangkan pembacanya,
  • Pada prosa hal terpentingnya adalah informasi atau pesannya, namun sebaliknya pada puisi penyair menyampaikan pengalaman atau apa yang dirasakan pembaca, dan ini yang memiliki peran penting dalam puisi.
  • Pada puisi terdapat beberapa jeda baris, ini semua hanya untuk mengikuti Irama atau hanya sekedar penekanan ide sedangkan pada Prosa tidak terdapat jeda pada baris.
  • Dan ketika kita bicara mengenai ringkasan puisia ataupun prosa dapat diambil kesimpulannya, peringkasannya, nama peringkasan pada puisi bukan puisi, karena hakikat diri puisi itu terletak pada kaedah penulisannya, iyalah cara Penyair Mengeksperesikan tulisannya.pengalaman pada setiap baitnya, menjadikan penlisan dan irama ini merupakan keelokan dalam puisi, yang tak dapat dirangkum.

 

Bagai mana agar mudah mengingat perbedaan antara prosa dan puisi:

cara terbaik agar mudah dalam mengingat perbedadaan antara prosa dan puisi adalah kita harus paham gaya atau bahasa dari penulisannya, jika prosa di tulis dengan gaya biasa akan tetapi pada puisi terdapat fitur-fitur estetika karenannya mempunyai cara penulisan nan berbeda.

Seterusnya pada prosa terdapat bentuk bahasa yang mampu menyampaikan makna dan pesan melewati Struktur Naratif, dan tida pada puisi, puisi lebih kepada penulisan yang yunik, karena meiliki bentuk Rima & Ritme.

Dan yang terahir, prosa keluar dengan blok-blok kata- kata besar, namun pada puisi akan bervareasi, menyesuiakan pada panjang Garis & niat sang penyair.

Prosa dan Puisi walaupun sama berada dimateri bahasa indonesia, akan tetapi memiliki pengertian yang berbeda seperti yang telah kita baca bersama diatas. Terimaksih Semoga Bermanfaaat.

Artikel Lainnya :

 

 

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Perbedaan Prosa dan Puisi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca