Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Perbedaan Rotasi dan Revolusi Bumi

2 min read

Perbedaan Rotasi dan Revolusi Bumi

Apa perbedaan Rotasi dan Revolusi Bumi? Bumi mengalami dua gerakan dalam siklusnya di tata surya secara bersamaan, yaitu yang pertama rotasi dan yang kedua revolusi. Lebih lengkapnya simaklah penjelasan kami mengenai Materi Makalah Perbedaan Rotasi dan Revolusi Bumi Lengkap di bawah ini.

Rotasi Bumi

Bumi mengalami dua gerakan dalam siklusnya di tata surya secara bersamaan, yaitu yang pertama rotasi dan yang kedua revolusi. Rotasi adalah perputaran pada porosnya dari barat ke timur. Adapun waktu yang di butuhkan oleh bumi untuk melakukan 1 rotasi yaitu tepatnya adalah 23 jam 56 menit 4 detik (satu hari). Beberapa peristiwa yang dipengaruhi oleh rotasi Bumi adalah:

Keberadaan siang dan malam

Saat bumi berputar mengelilingi sumbunya, bagian bumi yang menghadap matahari langsung mengalami siang, sedangkan bagian yang membelakangi matahari mengalami malam.

Perbedaan waktu siang dan malam hari ini akan lebih besar di daerah yang jauh dari garis khatulistiwa.

Perubahan siang dan malam berlangsung secara terus menerus sehingga daerah yang berada di timur mengalami siang lebih dahulu.

Ada perbedaan waktu

Garis bujur adalah garis imajiner di permukaan bumi, yang digunakan untuk menentukan waktu berdasarkan kota Greenwich di Inggris. Kota Greenwich disebut sebagai panjang area panjang di barat garis ini sebagai garis bujur barat.

Selanjutnya, wilayah barat dan timur masing-masing dibagi menjadi 180 °. Penduduk di timur pertama akan mengalami matahari terbit dan terbenam saat bumi berubah dari barat ke timur. Ini hanya akan dibuka di Jakarta 1 jam kemudian.

Gerak semu harian matahari

Setiap hari ada peristiwa pergerakan matahari dari timur ke barat di sekitar bumi, di atas kepala kita, tetapi sebenarnya matahari tetap diam dan bumi berputar mengelilingi matahari.

Efek coriolis

Merupakan efek pembalikan arah karena benda (dalam hal ini bumi) berputar. Dampak bumi yang berputar pada sumbunya adalah menekuk angin dari utara dan selatan ketika memasuki efek Coriolis khatulistiwa. Ini juga berlaku untuk pergerakan arus laut.

Perbedaan percepatan gravitasi

Benda berputar menyebabkan gaya atau gaya sentripetal yang mengarah ke pusat lingkaran. Karena jari-jari rotasi lebih besar dari percepatan gravitasi, percepatan gravitasi di lokasi berbeda di kutub lebih besar daripada di ekuator pusat gerakan melingkar.

Baca Juga : Perbedaan Gunung dan Bukit

Revolusi Bumi

Revolusi bumi adalah pergerakan bumi mengelilingi matahari, revolusi ini terjadi karena tarikan gravitasi antara matahari dan bumi.

Bumi mengelilingi matahari selama 365 ¼ hari atau satu tahun. Sumbu kemiringan revollusi yaitu ialah 66,5 ⁰ searah dengan bidang ekliptika. Berikut ini adalah efek Revolusi Bumi:

Perbedaan antara siang dan malam hari

Pergeseran jalur matahari mengarah pada perubahan atau perbedaan panjang siang dan malam, pada satu titik waktu akan ada malam yang lebih panjang daripada siang hari, dan di daerah yang berbeda perbedaan antara siang dan malam busur karena pengaruh posisi bumi di matahari.

Pergantian musim

Pergeseran posisi bumi ke matahari menyebabkan perubahan musim. Di daerah lintang tropis hanya akan terjadi dua musim yaitu musim kemarau dan hujan, sedangkan untuk daerah lintang tinggi atau subtropis akan terjadi 4 musim (spring, summer, auttum, winter).

Gerak semu tahunan matahari

Pergerakan posisi matahari ke belahan bumi utara (22 Desember – 21 Juni) dan pergerakan posisi matahari dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan (21 Juni – 21 Desember) akan diamati sebagai pergerakan semu matahari tahuanan / rasi bintang tahunan di langit. Posisi rasi bintang bervariasi dari bulan ke bulan.

Baca Juga : Perbedaan Sabana dan Stepa

Apa itu rotasi bumi?

Rotasi adalah perputaran pada porosnya dari barat ke timur. Adapun waktu yang di butuhkan oleh bumi untuk melakukan 1 rotasi yaitu tepatnya adalah 23 jam 56 menit 4 detik (satu hari).

Apa itu revolusi bumi?

Revolusi bumi adalah pergerakan bumi mengelilingi matahari, revolusi ini terjadi karena tarikan gravitasi antara matahari dan bumi.
Bumi mengelilingi matahari selama 365 ¼ hari atau satu tahun. Sumbu kemiringan revollusi yaitu ialah 66,5 ⁰ searah dengan bidang ekliptika.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Perbedaan Rotasi dan Revolusi Bumi. Baca juga Daftar Negara Berkembang di Benua Afrika. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Perbedaan Rotasi dan Revolusi Bumi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca