Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Perbedaan Sabana dan Stepa

4 min read

Perbedaan Sabana dan Stepa

Rumusguru.com – Tahukah Anda apa Perbedaan Sabana Dan Stepa? Apabila belum mengetahuinya maka Anda dapat membaca penjelasan lebih lengkapnya mengenai Materi Perbedaan Sabana dan Stepa beserta ciri cirinya di bawah ini.

Ulasan Tentang Sabana dan Stepa

Sabana dan stepa pada dasarnya adalah padang rumput. Padang rumput memiliki ciri khas yang didominasi padang rumput dibanding semak semak besar / pohon kayu.

Di era Miocene dan Pleocene, sekitar 25 juta tahun yang lalu, pegunungan di Amerika Utara bagian barat naik dan menciptakan iklim benua yang memang dibutuhkan untuk pengembangan padang rumput.

Hutan zaman purba perlahan menghilang dan padang rumput tumbuh secara meluas. Setelah zaman Pleistosen, padang rumput meluas di daerah tropis & kering.

Ada dua jenis padang rumput, yaitu sabana atau lebih dikenal dengan padang rumput tropis dan stepa atau yang sering disebut dengan padang rumput sedang.

I. Persamaaan

  • Jenis hutan berdasarkan vegetasi
  • Memiliki curah hujan rendah
  • Dimanfaatkan sebagai peternakan

II. Perbedaan

  • Sabana = padang dengan pohon
  • Stepa = padang rumput ditumbuhi rumput
  • Stepa = lebih luas dari sabana bisa mencapai dua kali lipat
  • Sabana = hidup di iklim tropis dan subtropis
  • Stepa = ada di daerah iklim tropis

Bioma Sabana

Sabana banyak dikelilingi pohon kayu, mencakup hampir separuh wilayah  Australia, Amerika Selatan, dan India.

Iklim merupakan faktor paling utama yang menciptakan sabana. Sabana selalu ditemukan di iklim hangat / panas, di mana presipitasi adalah 20-51 inci per tahun.

Ketika curah hujan menyebar dengan baik sepanjang tahun, maka hutan hujan tropis akan terbentuk.

Sabana tersebut ada sebab dari kondisi tanah yang tidak basah dan biasanya kering selama musim kemarau. Tanah sabana berpori dengan drainase yang cepat.

Sabana hanya memiliki lapisan humus untuk kebutuhan nutrisi tanaman yang hidup di atasnya.

Sabana diklasifikasikan sebagai hutan. Vegetasi yang mendominasi sabana antara lain rumput & akasia.

Di Afrika, sabana menyediakan tempat untuk kompetisi tingkat tinggi antara spesies yang berbeda. Sabana mengalami musim kemarau dan hujan.

Kebakaran musiman memainkan peran penting dalam keanekaragaman hayati di sabana. Indonesia adalah rumah bagi lingkungan sabana yang terkenal di Taman Nasional Baluran dan Nusa Tenggara.

Ciri-Ciri Bioma Sabana

Bioma sabana memiliki karakteristik yang sama dengan hutan sabana, yaitu seperti berikut:

  • Wilayah sabana memiliki suhu panas sepanjang tahun
  • Curah hujannya sekitar 90-150 cm / tahun
  • Hujan turun secara musiman dan merupakan faktor penting dalam pembentukan sabana
  • Lapisan tanah adalah daerah tangkapan air dan sistem irigasi yang baik
  • Sabana berubah menjadi semak ketika terbentuk di daerah dengan intensitas hujan yang lebih sedikit
  • Sabana berubah menjadi hutan lebat ketika terbentuk di daerah dengan intensitas hujan yang lebih tinggi
  • Secara umum, daerah bioma sabana akan mengalami kekeringan yang panjang yang terjadi setiap tahunnya.

Bioma Stepa

Stepa adalah padang rumput dengan musim panas dan dingin. Curah hujan sekitar 10 – 21 inci per tahun. Stepa terdapat di Amerika Utara & Eropa.

Tanaman yang tumbuh tingginya lebih dari 1 kaki. Misalnya, kaktus, jerami, rumput kerbau dan kerabat bunga matahari.

Stepa digunakan menggembalakan ternak pertanian gandum, dan lainnya. Hewan umum adalah musang, kelinci, elang, burung hantu & ular.

Stepa dibagi menjadi padang rumput tinggi serta padang rumput pendek. ditemukan di Hongaria, Argentina, Afrika Selatan, & Uruguay serta bagian Rusia.

Jumlah curah hujan mempengaruhi ketinggian rumput. Seperti di sabana, kekeringan dan kebakaran terkadang memang memengaruhi keanekaragaman hayati. Tanah  stepa memiliki lapisan subur, yang memungkinkan perakaran bagi rumput.

Ciri-Ciri Bioma Stepa

Ciri yang ditemukan di bioma stepa yakni adalah :

  • Curah hujan tidak teratur
  • Suhu antara 19ºC – 30ºC musim panas dan 12ºC – 20ºC musim dingin
  • Suhu siang 45 ° C dan 0 ° C malam
  • Memiliki kelembaban rendah (level evaporasi) lebih cepat dari hujan
  • Tanah tandus, tidak ada air  karena porositas tanah rendah dan distribusi buruk.
  • stepa memiliki pohon akasia,meliputi Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Afrika, Argentina dan Australia.
  • Di Indonesia, stepa ada di Nusa Tenggara Timur

Letak Geografis

Adapun letak geologis dari padang rumput sabana dan stepa adalah:

  • Sabana umumnya terletak di daerah yang mendapat curah hujan rendah mendekati perbatasan Hutan Hujan Tropis dan didominasi rumput dan semak. Ini dapat ditemukan di daerah Pulau Flores Indonesia atau dibenua Afrika padang rumput serengeti.
  • Stepa umumnya terletak di daerah yang mendapat curah hujan rendah diwilayah yang dingin serta jauh dari khatulistiwa. Dengan kata lain wilayah yang terisolasi yang ada ditengah daratan. Ini dapat ditemukan di Rusia dan Ukraina atau stepa Eurasia serta di Amerika Serikat atau Great Plains.

Kakayaan Hayati

Padang rumput didominasi Gulma yang dikendalikan oleh tanaman liar (“rumput tak teridentifikasi”) dapat disebut habitat alami. Meski kelompok mereka vegetatif dan alami, perawatan mereka bergantung pada faktor antropogenik seperti penggembalaan dan pemotongan.

Padang Rumput kaya akan tumbuhan liar, termasuk rerumputan, alang-alang, semak belukar, dan Ada 25 jenis tumbuhan per 100 sentimeter. Catatan Eropa yang ditemukan di padang rumput di Estonia menggambarkan 76 spesies tumbuhan per meter persegi. Dataran Batu Kapur Inggris dapat mencakup lebih dari 40 spesies per meter persegi.

Di banyak bagian dunia, hanya ada sedikit contoh yang mencegah perubahan pertanian (pemupukan, penyiangan, penanaman, atau penaburan). Misalnya, lahan penggembalaan dari Amerika Utara atau dataran tinggi Inggris yang ditemukan di dataran rendah ini sekarang langka dan vegetasi liar yang dimilikinya terancam punah.

Karena keanekaragaman tumbuhan liar yang belum ditanami. Banyak juga jenis burung di padang rumput seperti little bustard. Dengan menganggap padang rumput sebagai salah satu yang terkaya di dunia dan membutuhkan lebih banyak hayati, selain penyerbuk, ada sejumlah cara praktis untuk konservasi.

Vegetasi

Vegetasi padang rumput dapat bervariasi ukurannya. Itu tergantung pada jenis rumput dan bagaimana hal itu dipengaruhi oleh manusia. Jenis tumbuhan asli terbesar adalah  Betula pendula, Quercus robur, dan Coryplus avellana, serta berbagai macam tumbuhan.

Di pegunungan berbatu, vegetasi dapat bervariasi dari atas ke bawah. Anda dapat menemukan rumput yang cukup tinggi, di Amerika Selatan, dan Afrika. Vegetasi lebat, semak atau pohon dapat tumbuh di manapun, membuat semak, semak gunung atau pohon kecil, seperti sabana Afrika atau pegunungan Iberia. Seperti bunga dan pohon, rumput tumbuh paling baik antara 500 dan 900 mm (20 hingga 35 inci) per tahun.

Ancaman

Area padang rumput dapat terganggu, seperti orang berburu dan membunuh hewan besar atau mengolah lahan untuk menciptakan lahan yang lebih subur. Untuk memberi makan populasi yang terus meningkat, banyak bagian dunia, termasuk daerah penggembalaan Amerika, diubah dari lahan alami menjadi ladang jagung, gandum, atau tanaman lainnya.

Rerumputan yang ada, seperti sabana Afrika Timur, berisiko kehilangan pertanian. Tumbuhan dan hewan yang hidup dihubungkan oleh hubungan yang tidak terkait. Tetapi kepunahan spesies besar seperti kerbau dan anjing di Amerika selatan dan masuknya spesies asli, katak tebu di utara Australia, telah mengganggu keanekaragaman spesies ini dan menghancurkan banyak spesies lainnya.

Padang rumput terdapat beberapa hewan paling menakjubkan di dunia seperti gajah, kerbau, singa, dan pemburu melihatnya sebagai mangsa. Tetapi jika perburuan tidak dikendalikan atau dilakukan secara ilegal, spesies tersebut akan hilang.

Manfaat Bagi Manusia

  • Mencegah erosi tanah
  • Menjadi rumah binatang dan tumbuhan
  • Penyeimbang alam
  • Menyimpan air
  • Memberikan makanan binatang
  • Menambah keindahan alam
  • Sebagai tempat wisata alam
  • Sebagai tempat spot fotrografi
  • Meningkatkan ekonomi masyarakat

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Perbedaan Sabana dan Stepa. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Perbedaan Sabana dan Stepa Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca