Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

Persebaran Curah Hujan Di Indonesia Dan Penjelasannya

2 min read

Persebaran Curah Hujan di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara dengan pemahaman tentang karakteristik dan persebaran iklim tropis dan hanya memiliki dua musim sepanjang tahun, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Lebih lengkapnya simaklah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Persebaran Curah Hujan di Indonesia dan Penjelasannya di bawah ini.

Persebaran Curah Hujan Di Indonesia Dan Penjelasanya

Indonesia adalah salah satu negara dengan pemahaman tentang karakteristik dan persebaran iklim tropis dan hanya memiliki dua musim sepanjang tahun, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Permukaan ekuatorial memungkinkan penguapan yang kuat. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa hujan masih turun selama musim kemarau.

Ini juga didukung karena Indonesia adalah negara kepulauan dengan permukaan laut yang lebih tinggi dari daratan. Jumlah curah hujan menjadi tinggi.

Lokasi geografis Indonesia memiliki dampak besar pada pola curah hujan. Indonesia terletak di 6 ° Selatan – 10 ° Selatan dan 95 ° Timur – 141 ° Timur. Curah hujan tahunan rata-rata di Indonesia adalah lebih dari 2.000 – 3.000 mm per tahun. Frekuensi hujan di setiap daerah bervariasi dan tergantung pada beberapa faktor, yaitu:

Letak Daerah Konvergensi Antartopik (DKAT)

DKAT adalah area dengan suhu tertinggi dibandingkan dengan lingkungan atau ekuator termal. Temperatur tinggi meningkatkan laju penguapan, sehingga daerah tersebut sangat lembab sehingga terjadi hujan zenithal atau konveksi.

DKAT bergerak setiap 14 hari dalam arah pergeseran antara utara dan selatan dan selalu dalam posisi khatulistiwa antara 0 dan 10 ° S.

Arah Angin

Ketika arah angin sejajar dengan pantai, suhunya tidak berubah dan tidak terjadi hujan. Jika volume angin yang keadaannya sejajar lebih besar, daerah tersebut jarang turun hujan.

Bentuk dan Arah Lereng Medan

Medan berbukit atau pegunungan yang membutuhkan angin harus bergerak naik turun. Akibatnya, sebagian uap air menghilang atau jatuh sebagai hujan, sehingga Angin menjadi ringan dan bisa naik di atas bukit atau gunung.

Sementara lereng menghadap angin sehingga akan banyak hujan dibandingkan dengan lereng yang membelakangi arah angin.

Jarak Perjalanan Angin di Atas Medan Datar

Angin yang membawa banyak uap air dari laut ke arah daratan. Jika permukaan tempat angin bertiup cukup lebar dan dangkal (tanpa bukit atau undakan), kemungkinan penguapan lebih cepat, sehingga daerah di dekat pantai atau laut berkurang oleh hujan.

Letak Geografis Daerah

Dipengaruhi garis lintang. Semakin jauh garis lintangnya dari 0 °, semakin rendah suhunya, sehingga tidak terjadi penguapan air. Tidak ada banyak uap air di udara, tidak banyak hujan.

Penyebab perubahan musim di Indonesia juga dipengaruhi oleh mudon barat dan timur. Lokasi Indonesia antara benua Asia dan Australia menyebabkan perbedaan tekanan antara kedua benua, yang berubah dan menyebabkan musim hujan.

Angin muson berubah arah setiap enam bulan. Angin Monsun Barat datang dari benua Asia dan mengandung banyak uap air, mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia dari Oktober hingga April.

Sementara musim timur datang dari benua Australia, tekanan udara dari Australia lebih tinggi daripada dari Asia.

Angin ini mengalir melalui lebih banyak daratan daripada melalui lautan, sehingga uap air dalam angin rendah, yang menyebabkan musim kemarau di Indonesia dari bulan April hingga Oktober

Beberapa faktor dapat disimpulkan dari faktor-faktor yang mendukung perbedaan jumlah curah hujan di Indonesia.

Pertama, curah hujan di Indonesia Barat selalu lebih besar daripada curah hujan di Indonesia bagian tengah dan timur.

Ini disebabkan oleh angin muson barat yang melintasi sebagian besar negara di Indonesia barat, dan seperti yang kita ketahui bahwa angin muson barat membawa banyak uap air.

Kedua, ada hujan lebat di daerah 600-900 meter di atas permukaan laut dan di pantai barat.

Ketiga, pada awal musim hujan, hujan bergeser dari barat ke timur dengan pola berikut:

  • Pantai barat dari Sumatra ke Bengkulu memiliki curah hujan terbanyak di bulan November.
  • Lampung dan Bangka, yang lebih jauh ke timur, turun hujan paling banyak di bulan Desember.
  • Pulau Jawa, Nusa Tenggara, dan Bali mendapat hujan terbanyak di bulan Januari hingga Februari.

Baca Juga : Tipe Tipe Hujan

Persebaran curah hujan / presipitasi di Indonesia bervariasi. Ada daerah dengan curah hujan sangat tinggi dan ada pula daerah di mana hujan sangat sedikit. Beberapa faktor pendukung telah dijelaskan, dan ini adalah daerah-daerah tersebut ;

1. Daerah dengan curah hujan tahunan rata-rata kurang dari 1000 mm

Wilayahnya hanya mencakup 0,6% dari total wilayah Indonesia dan terletak di kepulauan Indonesia Tengah dan Timur, yaitu di Nusa Tenggara dan di dua wilayah di Sulawesi, Palu dan Lembah Luwuk.

2. Daerah dengan curah hujan tahunan rata-rata antara 1000 dan 2000 mm

Meliputi bagian dari Nusa Tenggara, beberapa daerah di Merauke, Kepulauan Aru dan Tanibar.

3. Daerah dengan curah hujan tahunan rata-rata antara 2000 dan 3000 mm

Disebut kawasan dengan curah hujan normal. Wilayahnya adalah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, Sumatera Timur, Papua, Maluku, bagian terbesar Sulawesi, bagian terbesar Jawa Barat dan Jawa Tengah.

4. Daerah dengan curah hujan tahunan rata-rata lebih dari 3000 mm

Sebagian besar terjadi di dataran tinggi, yaitu Sumatera Barat, Papua Tengah, Kalimantan Tengah dan beberapa daerah di Jawa, Bali, Sumba dan Lombok.

Sebutkan tiga pola curah hujan di Indonesia?

1. Pola hujan monsun,
2. Pola hujan equatorial,
3. Pola hujan lokal, yang

Apa yang di maksud dengan curah hujan?

Curah hujan adalah jumlah air yang jatuh pada permukaan tanah datar selama periode tertentu yang dapat diukur dengan satuan tinggi milimeter di atas permukaan horizontal.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Persebaran Curah Hujan Di Indonesia Dan Penjelasannya Lengkap. Baca juga Vegetasi Hutan Hujan Tropis. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
Persebaran Curah Hujan Di Indonesia Dan Penjelasannya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca