Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Persebaran Flora Di Indonesia

2 min read

Persebaran Flora Di Indonesia

Persebaran flora yang ada di Indonesia ini dibagi menjadi 3, yaitu tipe Asiatis (wilayah bagian barat), tipe peralihan (wilayah bagian tengah) & tipe Australis (wilayah bagian timur). Lebih lengkapnya lagi simaklah Materi Persebaran Flora Di Indonesia Lengkap di bawah ini.

Persebaran Flora di Indonesia

Seorang ahli biologi asal Belanda yang bernama Van Steenis menuturkan atau mengemukakan hasil penelitiannya, bahwa di wilayah Indonesia tersebar berbagai macam jenis flora, yaitu ada ± 4.000 jenis pepohonan, 1.500 jenis pakis & 5.000 jenis bunga anggrek.

Van Steenis juga telah membagi macam-macam jenis tumbuhan kedalam bentuk tumbuhan berbunga sebanyak ±25.000 jenis dan tumbuhan yang tidak berbunga sebanyak ±1.750 macam.

Dengan jumlah ini menempatkan Indonesia menjadi negara yang kaya akan jenis flora atau tumbuh-tumbuhannya.

Persebaran flora di Indonesia bisa terbentuk tidak begitu saja melainkan karena adanya fenomena geologis yang terjadi pada jutaan tahun lalu, yaitu pada masa pencairan es atau dikenal dengan zaman glasial.

Ketika itu terjadi peristiwa pencairan es secara besar-besaran yang menyebabkan naiknya permukaan air laut dari dalam bumi, hal ini menibulkan dampak kepada beberapa wilayah yang dangkal dan kemudian menjadi tenggelam oleh air laut lalu membentuk wilayah perairan yang baru.

Wilayah wilayah perairan baru di sekitar Indonesia yang terbentuk pada masa berakhirnya masa pencairan es tersebut adalah Laut Jawa yang ada di daerah Dangkalan Sunda dan juga Laut Arafuru yang ada di daerah Dangkalan Sahul.

Terbentuknya perairan baru di daerah dangkalan itu tadi telah menyebakan flora yang awalnya bisa dengan bebas bermigrasi / berpindah tempat akhirnya terhambat karena adanya perubahan kondisi geologis.

Lebih dari 10% flora di dunia bisa ditemukan di Indonesia. Bahkan aa pula jenis flora yang sifatnya endemik, artinya flora ini hanya ada di daerah tertentu.

Persebaran flora yang ada di Indonesia ini dibagi menjadi 3, yaitu tipe Asiatis (wilayah bagian barat), tipe peralihan (wilayah bagian tengah) & tipe Australis (wilayah bagian timur).

Baca Juga : Persebaran Fauna di Indonesia

1. Flora Indonesia Bagian Barat (Asiatis)

Flora Indonesia di bagian Barat
Flora Indonesia di bagian Barat

Disebut dengan tipe Asiatis, dikarenakan banyak flora di wilayah bagian barat yang hampir sama dengan flora yang ada di benua Asia pada umumnya.

Wilayah Indonesia bagian barat ini juga meliputi pulau Jawa, Kalimantan, dan pulau Sumatera.

Ada beragam flora atau tumbuhan di bagian barat dengan sifat heterogen, terutama dipengaruhi oleh iklim hujan tropis dan curah hujan yang tinggi.

Beberapa variasi flora di Indonesia yang ada di bagian barat antara lain jenis tanaman seperti

  • Jamur,
  • Meranti,
  • Lumut,
  • Mahoni,
  • Damar,
  • Tumbuhan paku, Dll.

Ada banyak pula jenis hutan yang ada di wilayah bagian barat seperti hutan hujan tropis, hutan sabana tropis, hutan musim dan hutan bakau atau dikenla juga dengan hutan mangrove di daerah pesisir pantai.

Selain itu, beberapa flora endemik Indonesia yang ada di bagian barat ini seperti bunga Rafflesia Arnoldi / bunga bangkai di Bengkulu yang mana bunga bunga tersebut menjadi ciri khas flora dalam tipe Asiatis.

2. Flora Indonesia di Bagian Tengah

Flora Indonesia Bagian Tengah
Flora Indonesia Bagian Tengah

Disebut tipe peralihan / flora kepulauan Wallace hal ini karena terletak pada garis wallace yang mana garis tersebut memisahkan flora-fauna tipe Asiatis & Australis. 

Wilayah Indonesia bagian tengah sendiri meliputi tiga pulau yaitu pulau Sulawesi, Bali & Nusa Tenggara.

Iklim di Indonesia khususnya bagian tengah relatif memiliki kelembapan udara & curah hujan yang relatif rendah sehingga berdampak pada flora/ tumbuh-tumbuhan yang ada di daerah tersebut.

Akibatnya tumbuhan / flora tipe peralihan lebih banyak didominasi oleh hutan pegunungan, dan hutan sabana dan juga stepa tropis ini disebabkan curah hujan yang rendah.

Selain itu terdapat juga variasi tanaman jenis rempah-rempah seperti cengkeh, pala, kayu eboni, anggrek, kayu cendana, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut juga menjadi ciri khas yang ada pada persebaran flora di Indonesia bagian tengah atau tipe peralihan.

3. Flora Indonesia Bagian Timur (Australis)

Flora Indonesia Bagian Timur
Flora Indonesia Bagian Timur

Persebaran flora Indonesia bagian timur ini disebut juga dengan tipe Australis, hal ini karena persebaran flora Indonesia bagian timur ini hampir sama dengan flora yang ada di benua Australia secara umum.

Adapun wilayah Indonesia bagian timur meliputi Maluku, Papua, dan wilayah sekitarnya.

Sedangkan iklim yang ada di Indonesia khususnya bagian timur, didominasi oleh hutan hujan tropis & hutan pegunungan. Selain itu pula banyak ditemukan tanaman seperti pohon nipah, pohon sagu dan hutan bakau atau dikenal juga dengan hutan mangrove yang ada di daerah pesisir pantai.

Wilayah timur Indonesia juga memiliki banyak tanaman khas Australis seperti tanaman eucalyptus, pohon rasamala, dan juga jenis pemetia pinnata / motea yang bisa ditemui di benua Australia.

Baca Juga : Persebaran Fauna di Dunia

Sebutkan Jenis flora di Indonesia bagian barat?

FLORA: Nangka dalam beragam jenis, Jati, Tenggaring, Meranti-merantian, Kayu Putih, Ulin, Kasturi , Rotan dengan berbagai macam jenis dan lain-lain.

Sebutkan Jenis flora di Indonesia bagian timur?

FLORA: Matoa, Kayu Besi, Merbau Barat, kenari Hitam, & Sagu dan lain lain.

Sebutkan Jenis flora di Indonesia bagian tengah?

FLORA : Anggrek Serat, Cendana, Eboni / Kayu Hitam dan lain lain

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Persebaran Flora di Indonesia Lengkap. Baca juga artikel lainnya mengenai Fungsi Jaringan Palisade. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Persebaran Flora Di Indonesia Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca