Guru Anggi Mari kita Gemar Membaca, Menulis, Dan mengikuti Seminar Pendidikan

Pertumbuhan Penduduk – Rumus, Faktor, Dampak, Contoh Soal

3 min read

Pertumbuhan Penduduk – Rumus, Faktor, Dampak, Contoh Soal

RumusGuru.com – Pertumbuhan penduduk di sebuah wilayah atau Negara biasanya dikarenakan oleh faktor tertentu. Pertumbuhan ini pun bisa dihitung dan diketahui loh. Berikut ini kami pun sudah menyediakan penjelasan lengkapnya. Mulai dari pengertian, rumus, faktor, dampak hingga contoh soal lengkap dengan jawaban.

Pengertian Pertumbuhan Penduduk

Jika menurut dengan pengertiannya, pertumbuhan penduduk merupakan sebuah perubahan populari yang terjadi dalam waktu tertentu. Pertumbuhan penduduk juga bisa digunakan untuk menghiting perubahan jumlah di dalam sebuah populasi secara individu. Dan dihitung dengan menggunakan waktu per unit.

Istilah pertumbuhan penduduk sendiri digunakan untuk menunjuka manusia di seluruh dunia untuk dihitung dan dikira kira jumlahnya.

 

Faktor Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk di dunia atau di sebuah Negara biasanya terjadi dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Seperti berikut ini faktornya :

1.) Kematian atau Mortalitas

Faktor pertumbuhan penduduk yang pertama adalah kematian. Sederhana saja, jika jumlah kematian di seluruh dunia atau di sebuah Negara meningkat maka akan mengurangi populasi atau jumlah penduduk. Akan tetapi jika tingkat kematian rendah maka populari manusia akan bertambah.

Ada beberapa faktor pula yang mempengaruhi kematian sesorang di sebuah Negara atau di seluruh dunia. Mulai dari faktor alami seperti usia dan sakit. Atau faktor alam yang terjadi dan mengakibatkan banyak nyawa hilang. Seperti bencana alam misalnya banjir, tsunami hingga pandemi virus Covid – 19 seperti saat ini.

Perang di sebuah wilayah atau Negara juga bisa menjadi salah satu faktor kematian.

2.) Kelahiran Atau Fertilitas

Cara kerjanya hampir sama dengan faktor yang pertama, hanya saja berlaku sebaliknya. Jika kelahiran di sebuah wilayah atau Negara tinggi maka populasi penduduknya pun akan meningkat. Dan jika angka kelahiran di Negara tersebut rendah maka populasi penduduk pun akan terpengaruh atau berkurang. Pernikahan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi angka kelahiran.

Negara Negara maju biasanya cenderung memiliki tingkat kelahiran yang rendah, karena penduduknya terlalu sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk menikah atau bahkan memiliki anak. Sementara Negara berkembang cenderung memiliki lonjakan populasi yang besar dari kelahiran karena angka kelahiran di Negara tersebut cukup tinggi.

3.) Migrasi

Migrasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berpindahnya sekolompok penduduk ke suatu wilayah yang dianggap lebih strategis dan menjanjikan. Misalnya warga desa yang merantau ke kota untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih layak.

Karena hal ini, banyak warga desa yang berbondong bonding pindah atau merantau ke kota. Sehingga hal ini membuat populasi di kawasan desa berkurang dan populasi di kota meningkat dengan signifikan.

Hal ini bisa kita lihat di Negara ini yang mana kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan bahkan Denpasar menjadi salah satu tujuan banyak warga desa untuk merantau. Hal serupa juga terjadi di beberapa Negara. Misalnya Jepang, yang mana banyak anak muda yang lebih memiliki untuk pindah dan menetap di kota dan meninggalkan desanya. Alhasil desa nya kini tidak berpenghuni atau bahkan hanya dihuni oleh lansia. Sementara kota kota di Jepang mengalami lonjakan populasi yang sangat besar karena faktor migrasi.

 

Dampak Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk di sebuah wilayah pastinya akan menimbulkan beberapa dampak. Baik itu dampak yang positif mau pun dampak yang negatif. Lalu apa saja dampaknya?

Dampak Positif Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk nyatanya memiliki dampak yang cukup positif bagi penduduk di wilayah tersebut. Seperti :

1.) Meningkatkan Sumber Daya Alam

Pertumbuhan penduduk dianggap mampu meningkatkan sumber daya alam yang ada di sekitar. Hal ini karena akhirnya tidak perlu lagi meminta tenaga asing untuk melakukan segala pekerjaan dan berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam di Negara tersebut. Hasilnya pun tentu akan dirasakan oleh masyarakatnya sendiri.

2.) Meningkatkan Produksi

Dengan adanya pertumbuhan penduduk maka aka nada banyak orang yang bekerja. Dan ini pun akan berdampak pada hasil produksi yang lebih banyak. Sehingga tidak perlu membeli dari Negara lain yang biayanya pasti lebih mahal.

3.) Kesempatan Berwirausaha Lebih Besar

Dengan banyaknya jumlah penduduk maka akan memberikan peluang bagi para wirausahawan untuk membuka lapangan kerja bagi penduduknya sendiri. Hal ini akan memberikan dua dampak positif sekaligus.

Dampak Negatif Pertumbuhan Penduduk

Jika ada dampak positif maka sudah pasti ada dampak negatif juga dong. Ini lah dampak negatifnya :

1.) Angka Pengangguran Meningkat

Jika angka pertumbuhan penduduk tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja. Maka yang terjadi adalah angka pengangguran yang semakin meningkat. Hal ini juga akan berdampak pada meningkatnya tingkat kriminalitas di sebuah wilayah.

2.) Angka Kriminalistas yang Meningkat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa pertumbuhan penduduk juga dapat meningkatkan angka kriminalitas di sebuah wilayah. Karena kesusahan mendapatkan pekerjaan sebab angka pengangguran yang tinggi. Membuat penduduk terpaksa mencari uang dengan cara salah. Seperti mencuri, merampok, membegal bahkan korupsi.

3.) Angka Kemiskinan Meningkat

Karena tidak mendapatkan pekerjaan dan sumber daya manusia yang rendah. Maka tingkat kriminalitas yang terus meninggi. Masyarakat pun akan hidup dalam kemiskinan. Sebab banyaknya tindakan kriminal yang merugikan banyak orang.

 

Rumus Pertumbuhan Penduduk

Untuk menghitung pertumbuhan penduduk di sebuah wilayah terdapat dua rumus yang bisa kamu gunakan. Inilah rumusnya :

Pertumbuhan Penduduk Alami

Untuk menghitung pertumbuhan penduduk maka cara pertama adalah dengan cara menghitung pertumbuhan yang terjadi secara alami. Yakni dengan menggunakan selisih dari jumlah kematian dan kelahiran dalam kurun waktu satu tahun.

Rumus

Penjelasan

PtJumlah dari penduduk pada tahun akhir perhitungan
PoJumlah dari penduduk di tahun awal perhitungan
LJumlah dari kelahiran
MJumlah dari kematian
%Persentase dari pertumbuhan penduduk

 

Pertumbuhan Penduduk Total

Rumus yang berikut ini adalah didasari dari pertumbuhan total. Jumlah ini didapatkan dari jumlah selisih. Yang berasal dari jumlah kematian, kelahiran, imigrasi dan juga emigrasi.

Rumus

Penjelasan :

PtJumlah dari penduduk pada tahun akhir perhitungan
PoJumlah dari penduduk pada tahun awal perhitungan
LJumlah dari kelahiran
MJumlah dari kematian
IJumlah  imigrasi atau jumlah dari penduduk yang masuk ke suatu wilayah
EJumlah emigrasi atau jumlah dari penduduk yang keluar dari suatu wilayah
%Persentase dari pertumbuhan secara penduduk total

 

Contoh Soal

Pada tahun 2015 terhitung terdapat 250.000 populasi di kota Daegu. Dan terhitung di tahun itu hingga tahun 2016 terdapat jumlah meninggal sebanyak 7.500 jiwa. Sedangkan jumlah kelahirannya adalah sekitar 18.000 jiwa.

Coba tentukan berapa jumlah penduduk di kota Daegu hingga akhir tahun 2016. Dan hitung juga jumlah pertumbuhannya.

Jawaban :

Pt = 250.000 + (18.000 – 7.500)

= 250.000 + 10.500

= 260.500 jiwa

% = (10.500/250.000) x 100%

= 4,2%

Dari perhitungan di atas maka diketahui jika pada tahun 2015 hingga 2016 penduduk alami dari kota Daegu adalah 10.500 jiwa. Sedangkan pertumbuhan penduduknya adalah 4,2%.

Dari sini bisa diketahui jika pertumbuhan penduduk di kota Daegu terbilang cukup pesat ya.

 

Dari contoh soal di atas pastinya sudah cukup lengkap dan mudah untuk dipahami ya, untuk menghitung pertumbuhan penduduk di sebuah wilayah atau Negara dengan mudah.

Artikel Lainnya :

Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro – Pengertian, Kebijakan, Contoh

Larutan Non Elektrolit – Pengertian, Sifat, Ciri Ciri, Contoh

Rumus Momentum

Guru Anggi Mari kita Gemar Membaca, Menulis, Dan mengikuti Seminar Pendidikan
Pertumbuhan Penduduk – Rumus, Faktor, Dampak, Contoh Soal Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca