Port USB Laptop Tidak Berfungsi

2 min read

Port USB Laptop Tidak Berfungsi

ReXdl.co.id – Port USB Laptop tidak berfungsi kadangkala terjadi diakibatkan oleh beberapa hal yang biasanya tidak banyak diketahui oleh pengguna PC atau Laptop. Meski begitu bukan berarti kita tidak bisa mencari tahu apa penyebabnya ya.

Selain bisa mencari tahu apa penyebabnya, kita juga bisa mencari solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi port USB pada Laptop atau PC yang tidak berfungsi.

Keberadaan komponen port USB pada PC atau Laptop memang terbilang sangat penting sebab dengan komponen ini kita bisa menghubungkan perangkat Laptop dan PC dengan perangkat eksternal seperti Mouse, Keyboard hingga Speaker.

Selain itu fungsi port USB adalah sebagai salah satu cara untuk berbagi data menggunakan Flashdisk.

Port USB yang tidak berfungsi atau tidak terbaca biasanya diakibatkan oleh beberapa hal. Seperti driver yang belum di install pada perangkat yang kalian gunakan.

Selain itu port USB tidak akan terbaca jika driver yang kalian guakan mengalami crash atau kerusakan sehingga harus diperbarui atau melakukan update secara manual pada driver di perangkat kalian.

Kesalahan pada Setting BIOS dan juga pengaturan di sistem Operasi Windows juga bisa menjadi salah satu penyebab port USB tidak berfungsi.

Beberapa penyebab di atas bisa diatasi namun jika port USB pada perangkat kalian tebukti sudah rusak komponennya, maka tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Meski begitu, di sini kita juga akan tetap membahas bagaimana cara mengatasi port USB yang sudah tidak berfungsi.

 

 

4 Cara Mengatasi Port USB yang Tidak Berfungsi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika port USB menjadi salah satu komponen penting yang wajib untuk diperhatikan. Meski bentuknya sangat kecil namun fungsinya sangat penting bagi perangkat PC atau Laptop kita ya.

Untuk itulah di sini kita akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi port USB yang sudah tidak lagi berfungsi, dan semoga cara di bawah ini bisa berguna untuk membuat port USB kalian kembali bisa digunakan.

Simak yuk!

 

1.) Cek Fisik Port USB

Sebelum kita beralih ke cara untuk memperbaiki port USB yang susah terbaca adalah dengan memastikan bahwa kondisi port USB di perangkat kita baik baik saja atau tidak. Agar kita bisa memutuskan memperbaikinya.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menyambungkan port USB dengan Flashdisk, lalu coba goyangkan secara perlahan. Apabila tidak segera muncul notifikasi mengenai perangkat yang tersambung, maka sudah dipastikan Flashdisk gagal disambungkan.

Cara menggoyangkan flashdisk adalah dengan mencari tahu apakah port USB sudah longgar atau tidak. Namun jika kalian sudah berusaha menggoyangkan Flashdisk, hal ini membuktikan jika port USB sudah eror.

 

2.) Periksa Sambungan USB dari Peripheral

Apabila cara pertama sudah dilakukan maka berikutnya adalah dengan berusaha menyambungkan Flashdisk dengan port USB yang lainnya yang masih berfungsi. Karena biasanya sebuah perangkat PC dan Laptop akan dibekali dengan lebih dari satu port USB.

Hal ini dilakukan apabila ada salah satu port USB yang rusak maka kita bisa menggunakan port USB yang lain yang sudah disediakan.

Dan jika Flashdisk yang kita sambungkan dengan port USB yang lain kemudian berhasil, maka sudah bisa dipastikan 100% bahwa port USB yang sebelumnya memang mengalami masalah atau mengalami eror.

 

3.) Lakukan Restart

Jika sudah seperti ini, maka kita bisa melakukan restart perangkat kita untuk lebih menyakinkan diri kita bahwa port USB memang sudah benar-benar tidak berfungsi. Cara ini dilakukan untuk melakukan scan hardware dan softaware.

Dan apabila setelah melakukan restart lalu hasilnya masih sama maka kini sudah yakin bahwa port USB kalian benar-benar bermasalah.

 

4.) Device Manager

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan memeriksa Device Manager caranya dengan klik Start lalu masuk ke Control Panel. Kemudian pilih Hardware and Sound, lanjutkan dengan memilih opsi Device Manager.

Setelah berhasil masuk ke Device Manager lalu lakukan step step di bawah ini, untuk memperbaiki port USB yang bermasalah :

1.) Pilih Universal Serial Bus Controller kemudian klik kanan dan pilihlah opsi Scan for Hardware Change.

2.) Pilih ikon + atau panah yang letaknya berada pada Universal Serial Bus Controller lalu lihatlah apakah berubah menjadi tanda seru.

3.) Jika ada yang berubah menjadi tanda seru, maka di sini kalian bisa klik kanan lalu uninstall semua yang ditandai dengan tanda seru.

4.) Apabila semua sudah selesai kalian lakukan maka kalia bisa restart perangkat kalian untuk melihat hasilnya.

Cara ini dilakukan untuk membuat Laptop berusaha mendeteksi kembali hardwarenya ya.

5.) Jika sudah berhasil menghidupkan laptop, maka kalian bisa memilih Driver yang memiliki tanda seru di Universal Serial Bus Controller lanjutkan dengan double klik yang ada pada opsi properties.

6.) Klik Detail lalu di kolom yang ada, gantilah dengan Hardware Ids, sehingga kalian bisa mengetahui kode yang digunakan pada perangkat hardware tersebut.

7.) Apabila kodenya sudah berhasil kalian ketahui, kalian bisa langsung mengcopynya lalu cari pada web browser. Setelah itu akan secara otomatis kode yang kalian inginkan akan berubah menjadi nama sebuah driver.

8.) Dari sini kalian bisa langsung download kemudian install driver tersebut pada perangkat kalian.

 

 

Nah, sekarang jika port USB laptop tidak berfungsi kalian sudah tahu kan, bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Artikel Menarik Lainnya :

  1. Cara Convert JPG ke PDF Tanpa software
  2. Cara Main PUBG Mobile di PC Tanpa Lag
  3. Audio Converter Terbaik

 

Port USB Laptop Tidak Berfungsi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca