Proses Komunikasi – Pengertian dan Model Komunikasi Menurut Para Ahli

3 min read

Proses Komunikasi

RumusGuru.com – Proses Komunikasi bisa terjadi jika ada dua orang atau lebih yang melakukan komunikasi baik secara verbal mau pun non verbal. Bisa dibilang komunikasi merupakan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan oleh manusia dan komunikasi dapat dinyatakan sebagai salah satu syarat agar hubungan sosial dapat terjalin.

Komunikasi sendiri tidak hanya bisa dilakukan oleh manusia saja, namun hewan dan makhluk hidup juga bisa berkomunikasi dengan cara mereka sendiri.

 

Pengertian Komunikasi

Jika dilihat secara umum, komunikasi sendiri adalah sebuah aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi pada lawan bicaranya. Baik itu pesan, topil, gagasan, hingga ide yang hendak dibagikan dengan orang lain atau orang yang diajak berkomunikasi.

Sedangkan komunikasi sendiri tidak akan dapat terjadi tanpa adanya sebuah proses yang membuat komunikasi bisa terjadi atau terhubung.

Proses komunikasi pun akan dimulai dengan adanya topik atau yang bisa juga disebut dengan bahan pembicaraan yang disuguhkan oleh yang memulai komunikasi, atau si pembicara yang kemudian akan diterima oleh si penerima.

 

Fungsi Komunikasi

Komunikasi memang sangat dibutuhkan oleh manusia agar dapat menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Komunikasi pun tidak hanya dibutuhkan oleh manusia, namun juga dibutuhkan oleh makhluk lain, seperti hewan misalnya meski mereka memiliki cara lain untuk berkomunikasi.

Sedangkan manusia berkomunikasi dengan menggunakan bahasa dan berbicara, bahkan manusia juga bisa berkomunikasi dengan cara lain seperti bahasa tubuh atau bahasa isyarat.

Berikut ini adalah fungsi penting dari komunikasi :

1.) Komunikasi Berfungsi Sebagai Alat Kendali

Komunikasi merupakan suatu alat kendali mau pun alat kontrol, atau bisa dibilang komunikasi merupakan suatu alat kendali. Artinya keberadaan komunikasi merupakan suatu kendali bagi perilaku individu yang bisa dikontrol dengan menggunakan penyampaian aturan yang patut untuk dipatuhi di dalam aktivitas komunikasi.

 

2.) Komunikasi Berfungsi Sebagai Alat untuk Digunakan Memotivasi

Komunikasi akan bisa berjalan dengan baik dan juga bisa berjalan secara persuasif sehingga bisa meningkatkan motivasi seseorang di dalam melakukan suatu aktivitas. Dalam menyampaikan suatu informasi pun, bisa dicapai dengan mudah berkat adanya komunikasi sehingga bisa memberikan motivasi dengan lawan bicara.

 

3.) Komunikasi Digunakan untuk Mengungkapkan Emosional

Manusia memiliki perasaan yang sangat kompleks di dalam dirinya sendiri dan perasaan yang ada di dalam pikiran dan hatinya ini harus diungkapkan pada orang lain atau lawannya berbicara.

Caanya adalah dengan melakukan komunikasi baik secara verbal mau pun non verbal. Emosi ini sendiri bisa berupa suatu perasaan senang, kecewa, marah, gembira hingga perasaan lucu.

 

4.) Berfungsi Sebagai Alat yang Digunakan untuk Berkomunikasi

Komunikasi pastinya memiliki fungsi utama sebagai alat berkomunikasi, sehingga kita bisa memberikan informasi yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pendengar atau lawan bicara.

Sehingga dengan begitu informasi yang akan disampaikan pun akan diterima dengan baik, hal ini pun akan membuat proses pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan baik.

 

Proses Komunikasi

Komunikasi bisa terjadi dengan beberapa proses dan proses komunikasi ini pun sudah dijelaskan oleh beberapa tokoh terkenal. Berikut ini adalah beberapa proses komunikasi berdasarkan para ahli :

1.) Proses Komunikasi Berdasarkan Aristoteles

Aristoteles sendiri adalah salah satu tokoh penting dan berpengaruh yang pertama kali mengemukakan mengenai teori komunikasi dan prosesnya. Sehingga proses komunikasi menurut Aristoteles merupakan salah satu teori yang sangat umum dan mudah diterima oleh banyak orang.

Model komunikasi dari Aristoteles sendiri melimuti lima elemen, yakni : speaker, audience, occasion, speech dan effect.

Pada model ini speaker (pembicara) dan speech (bicara) akan lebih dititikberatkan sebab pembicara merupakan pihak yang paling aktif sehingga perannya sangat penting pada proses publick speaking. Tugasnya sendiri adalah untuk menyampaikan pesan atau informasi pada lawan bicara.

Di dalam model ini pun lawan bicara akan digambarkan sebagai sifatnya yang pasif pada saat menerima pesan. Maka proses komunikasi ini pun akan berlangsung satu arah. Atau bisa juga disebut dengan liner yang artinya komunikasi berasal dari pengirim menuju ke penerima.

Proses komunikasi ini dimulai dari speaker (pembicara) yang bertugas untuk menyampaikan speech (pesan) pada suatu aktivitas atau occasion (situasi) pada audience (lawan bicara atau publik) hingga kemudian munculah effect (pengaruh).

 

2.) Proses Komunikasi Berdasarkan Harold D. Lasswell (1948)

Pada tahun 1948 Harold D. Lasswell mengembangkan suatu model komunikasi yang saat ini dikenal dengan nama komunikasi Lasswell. Lasswell menekankan model komunikasi satu arah atau komunikasi linear.

Model komunikasi dari Lasswell sendiri akan dimulai dari si sender (pengirim pesan) yang bertugas untuk menyampaikan message (pesan). Pesan ini akan disampaikan melalui medium (media) yang kemudian akan diterima oleh receiver (penerima). Hingga akhirnya akan menciptakan feedback (umpan balik) yang diberikan oleh si penerima pesan pada si pengirim pesan.

 

3.) Proses Komunikasi Berdasarkan Schramm

Pada tahun 1954 Wilbur Schramm memperkenalkan proses komunikasi dengan menggambarkan komunikasi dalam dua arah baik dari sisi si pengirim mau pun dari sisi si penerima.

Keduanya dapat saling berganti peran untuk menjadi pengirim mau pun penerima pesan.

Proses pengiriman pesan bisa dilakukan setelah adanya proses encoding, sebab si pengirim di sini akan disebut dengan encoder.

Sedangkan penerima akan disebut dengan receiver namun juga bisa disebut sebagai decoder sebab pesanya akan diencode oleh si pengirim pesan akan diproses secara decodeng. Dan proses ini akan dilakukan oleh penerima pesan atau si receiver.

Proses komunikasi ini menjelaskan peran si encoder dan juga decoder yang satu sama lain bisa saling bertukar peran.

 

Itulah tadi proses komunikasi berdasarkan para tokoh yang sudah kami jabarkan secara jelas dan lengkap.

 

Artikel Rekomendasi Lainnya :

  1. Konflik Vertikal
  2. Biodiversitas adalah
  3. Teori Pertumbuhan Ekonomi

 

 

 

Proses Komunikasi – Pengertian dan Model Komunikasi Menurut Para Ahli Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Custom Rom Redmi 3S

Faranggi
2 min read

Iklim Junghuhn

Ami Alhasani
3 min read