Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Proyeksi Peta

2 min read

Proyeksi Peta

Apa itu Proyeksi Peta? proyeksi peta dapat diartikan sebagai cara untuk menerjemahkan sistem paralel dan meridian yang didefinisikan dalam bidang spheroidal “global” yang melengkung ke dalam “bidang peta” datar. Lebih lengkapnya simaklah penjelasan kami mengenai Materi Makalah Pengertian Proyeksi Peta dan Jenis Jenis Proyeksi Peta Lengkap di bawah ini.

Pengertian Proyeksi Peta

Pengertian yang sederhana tentang proyeksi peta dapat diartikan sebagai cara untuk menerjemahkan sistem paralel dan meridian yang didefinisikan dalam bidang spheroidal “global” yang melengkung ke dalam “bidang peta” datar.

Metode transmisi ini dilakukan secara sistematis dan matematis untuk mendapatkan kesalahan sekecil mungkin.

Kesalahan ini biasa terjadi dalam transformasi dan kurva di bidang datar atau peta, terutama jika area yang dipetakan mencakup area yang luas. Kesalahan yang terjadi menyangkut jarak, arah, bentuk dan area.

Salah satu yang menjadi faktor terpenting yang harus diketahui oleh pengguna peta adalah tentang sifat dan berbagai jenis proyeksi peta / pembaca peta segera mengetahui untuk apa peta itu bisa digunakan misalnya seperti berikut ini :

  • Peta yang dipergunakan untuk kepentingan dalam membandingkan besar dan kecilnya luas negara tentu harus mencari peta dengan proyeksi peta yang mempertahankan kebenaran luas yaitu proyeksi-proyeksi equvalent.
  • Peta yang digunakan untuk kepentingan navigasi tentunya unsur arah harus dipertahankan kebenarannya. Contohnya seperti proyeksi Mercator “bersifat orthomarfik / conformal atau bentuk dan juga arahnya benar.

Faktor lain untuk memahami proyeksi peta adalah posisi area atau bagian yang akan dipetakan dan area yang akan dipetakan.

Proyeksi silindris tertentu digunakan dengan sangat baik untuk area di khatulistiwa, karena kebenaran elemen geometris di area ini dapat dipertahankan sejauh mungkin.

Proyeksi yang bagus untuk area kutub menggunakan bidang proyeksi datar yang melanggar salah satu kutub.

Jenis Jenis Proyeksi Peta

Jenis proyeksi peta dapat dibagi menjadi 4 kelompok utama, sesuai dengan bidangnya, modifikasi, jenis aslinya dan posisinya pada sumbu simetri.

Menurut bidang proyeksi

  1. Proyeksi Zenithal / azimuthal menggunakan bidang datar sebagai bidang proyeksi. Proyeksi ini menyinggung globe/bola bumi dalam satu titik. Area yang akan dicitrakan bersinggungan dengan bidang proyeksi. Proyeksi ini cocok untuk pencitraan daerah kutub.
  2. Proyeksi kerucut / kerucut menggunakan bidang kerucut sebagai bidang proyeksi. Proyeksi kerucut cocok untuk pencitraan lebar media, karena bidang proyeksi termasuk wilayah.
  3. Proyeksi silinder / silinder menggunakan bidang silinder sebagai bidang proyeksi. Proyeksi ini memiliki keuntungan karena dapat membidik area yang luas dan cocok untuk pencitraan wilayah di ekuator. Baca juga: Masalah USBN Geografi 2017.

Baca Juga : Simbol Peta

Proyeksi modifikasi

Proyeksi yang dimodifikasi adalah komposisi jenis proyeksi berdasarkan bidang proyeksi. Proyeksi ini biasanya digunakan secara khusus untuk memetakan area tertentu.

  • Proyeksi Bonne menunjukkan distorsi yang lebih besar di daerah yang jauh dari Meridian Tengah.
  • Proyeksi Mollweide, menggambarkan area yang mendekati kutub, semakin kecil area tersebut.
  • Proyeksi sinusodial, dapat menggambarkan sudut dan jarak yang tepat di daerah meridian tengah khatulistiwa.
  • Proyeksi Mercator memiliki bidang proyeksi silinder yang porosnya bertepatan dengan globe dan yang meratakan seluruh permukaan bumi.

Berdasarkan sifat asli Bumi

Proyeksi ini juga disebut proyeksi geometri dan dibagi menjadi:

  1. Proyeksi Ekuidistant, menjaga jarak aktual ke permukaan bumi.
  2. Proyeksi Conform, memeprtahankan atau dengan kata lain menjaga bentuk di permukaan bumi.
  3. Proyeksi Equivalent, mempertahankan atau dengan kata lain menjaga luas area di permukaan bumi.

Berdasarkan kedudukan sumbu simetri

  1. Proyeksi normal, sumbu simetri pada proyeksi peta bertepatan dengan sumbu Bumi.
  2. Proyeksi miring, sumbu simetri pada proyeksi membentuk sudut miring dengan poros bumi.
  3. Proyeksi melintang, sumbu simetri pada proyeksi tegak lurus terhadap poros Bumi atau di ekuator.

Baca Juga : Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Apa itu proyeksi peta?

Pengertian yang sederhana tentang proyeksi peta dapat diartikan sebagai cara untuk menerjemahkan sistem paralel dan meridian yang didefinisikan dalam bidang spheroidal “global” yang melengkung ke dalam “bidang peta” datar.

Sebutkan proyeksi peta Berdasarkan kedudukan sumbu simetri?

Proyeksi normal, sumbu simetri pada proyeksi peta bertepatan dengan sumbu Bumi.
Proyeksi miring, sumbu simetri pada proyeksi membentuk sudut miring dengan poros bumi.
Proyeksi melintang, sumbu simetri pada proyeksi tegak lurus terhadap poros Bumi atau di ekuator.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Proyeksi Peta. Baca juga Materi Peta. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Proyeksi Peta Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca