Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

PUASA SYAWAL – Niat, Keutamaan, Manfaat dan Tata Caranya

2 min read

puasa syawal

PUASA SYAWAL

 

Puasa syawal memang bukan sesuatu yang baru terdengar di telinga kita, terutama bagi kita penganut Agama Islam (Muslim). Seperti kita ketahui puasa dibulan Syawal merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan,  selain mendapatkan pahala ternyata ada maampaat lain yang jarang kita ketahui.

Mumpung masih bulan syawal, bulan sawal merupakan bulan yang istimewa, karena kita sebagai umat Islam baru  merayakan hari kemenangan, setelah kita puasa di bulan Romadon. Itu tidak berarti bahwa puasa kita selesai setelah bulan Romadon, masih ada puasa sunah 6 hari yang bisa kita lakukan di Syawal.

Adupun keutamaan puasa  sunnah dibulan syawal ini bisa kita lihat dalam haddis yang diriwayat kan oleh Muslim dengan nomor haddis 1164 berikut ini.

HR.Muslim

Artinya. Siapa pun Yang Berpuasa Romadhon kemudian Ia Ber puasa enam Hari di Bulan Syawal, Maka Ia Seperti Berpuasa Se tahun Penuh. HR.Muslim,No.1164.

puasa syawal

Niat Puasa Syawal :

“Nawai tu Shauma ghadin an ada ‘i sunnatis Syawwali lillahi ta’ala.”

Artinya, saya ber niat puasa sunnah Syawal besok hari karena Allah SWT.

Seperti puasa setahun penuh, Bukan hanya sampai disitu ternyata ada mamfaat lain dari berpuasa 6 hari  dibulan syawal yang bisa dirasakan jasmani dan rohani  kita.

 

Keutamaan Puasa Syawal

Keutamaan Puasa Syawal sebagai berikut :

  1. Puasa Ramadhan 30 hari plus 6 hari di bulan Syawal, jadi sama saja kita puasa 360 hari atau setara dengan satu tahun.Mengapa bagi yang melaksanakan puasa romadhon dan puasa 6 hari hari di bulan syawal seperti puasa sebulan penuh itu di karenakan pahala puasa di  bulan romadhon dan 6 hari di bulan syawal pahalanya di kalikan 10. (30×10=300) dan (6×10=60) dengan demikian artinya jika puasa Romadhon dan puasa Syawal ditambahkan maka hasinya adalah 360. “300 + 60 = 360 hari . jadi secara sekeluruhan puasa kita 360 hara dengan kata lain 1 Tahun penuh.
  2. 2. puasa syawal adalah pelengkap puasa Ramadhan .

Manfaat dari berpuasa di bulan Syawal.

Dapat memperpanjang waktu pemulihan dari alat pencernaan kita.

Tidak sedikit diantara kita yang telah melaksanakan puasa di bulan romadon hal ini telah membantu kita memulihkan kembali pungsi dari pencernaan kita,namun secara tiba-tiba kita isi kembali dengan makanan dan pola makan yang tidak teratur. Jadi dengan kata lain puasa 6 hari di bulan syawal dapat memperpanjang pemulihan pencernaan kita, dengan pola makan yang teratur. Karena orang yang tidak menjalani puasa syawal akan kembali kepola makan yang lama.

Tetapi tidak bagi mereka yang menjalani puasa 6 hari di bulan syawal, ini akan lebih membantu mereka kembali kepola makan yang lebih menyehatkan, karena waktu istirahat pencernaan kita semakin panjang dengan kita menjalani puasa 6 hari di bulan Syawal.

Dapat mengontrol emosi.

Ternyata bukan waktu pemulihan pencernaan saja yang di perjang. Dapat mengontrol Emosi ini. Dengan Emosi yang terkontrol  tenya dapat juga membersihkan akal pikiran “taszkiyatun nafs”.

Adapun tata cara melakukan puasa 6 hari di bulan Syawal:

  1. Puasa sebaiknya dilakukan 6 hari.
  2. Akan lebih Baik atau di Utamakan dilakukan mulai di hari kedua dibulan syawal, akan tepatapi    tidak apa-apa apabila hendak dilakukan di pertengahan atau ahkir bulan Syawal.
  3. Ada baiknya dilakukan secara berurutan atau tidak terputus selama 6 hari tersebut.
  4. Hendaknya baik yang memiliki hutang puasa di bulan romadon untuk mengganti puasa tersebut terlebih dahulu. Supaya ia mendapat kan puasa di bulan Romadhon sebulan full. Karena puasa Syawal adalah puasa sunnah sedangkan mengganti puasa dibulan Romadhon adalah wajib.
  5.  Baca Niatnya, Ingatlah untuk melakukannya dengan cepat berdasarkan niat terlebih dahulu.
  6. Makan Sahur, Diizinkan makan sebelum fajar tetapi boleh tidak sahur (misalnya bangun terlambat) masih dibolehkan.
  7. Hindari  segala yang membatalkan puasa, Saat berpuasa, Anda harus selalu menghindari makan, minum, dan kelaparan, dari matahari terbit ke matahari terbenam atau hal-hal lain yang dapat membatalan puasa.
  8. membatalkan Puasa, hendaknya menyegerakannya dengan cepat ketika matahari sudah terbenam, karena terbenamnya matahari bertanda masuknya waktu Maghrib.

Dan sudah seharusnya kita mendahulukan ibadah wajib ke timbang ibadah sunnah.

Adapu niat mengganti puasa wajib atau mengkodo puasa di bulan romadhon:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

“Saya berniat puasa besok hari karena mengkodo puasa fardhu Romadhon  karena Allah Ta’ala”.

 

Demikialah artikel tentang puasa syawal, niat, keutamaan, tata cara dan manfaatnya. Semoga kita bisa menambah wawasan kita dalam agama dan bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Artikel Lainnya :

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
PUASA SYAWAL – Niat, Keutamaan, Manfaat dan Tata Caranya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Nomor Ijazah

fajri asahi
1 min read

Translate Indonesia Jawa

fajri asahi
1 min read