Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA

Rantai Makanan

3 min read

Rantai Makanan jika dilihat dari pengertiannya secara umum merupakan sebuah proses dan kegiatan makan memakan yang terjadi di antara makhluk hidup yang ada di bumi ini. Di dalam proses ini, terdapat produsen, decomposer dan konsumen yang memiliki tugas masing masing untuk mempertahankan kelangsungan hidup mereka.

Komponen Rantai Makanan

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika di dalam proses rantai makanan terdapat produsen, decomposer dan juga konsumen yang merupakan komponen dari rantai makanan. Berikut ini dalah penjelasan lengkapnya.

1. Produsen

Biasa disebut juga dengan organisme autotrof adalah makhluk hidup yang mampu memproduksi makanannya sendiri, contohnya seperti tumbuhan.

Dalam hal ini tumbuhan sebagai produsen menghasilkan makanannya sendiri dengan cara melakukan proses fotosintesis. Hasil produksi yang dilakukan oleh tumbuhan dapat dikonsumsi dan dimanfaatkan makhluk hidup lain untuk bertahan hidup dan menghasilkan energi.

Karena perannya sebagai produsen maka tumbuhan tidak memakan makhluk hidup lain melainkan hanya menghasilkan bahan makanan bagi makhluk lain.

2. Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat mau pun menghasilkan makanannya sendiri sehingga untuk memperoleh energi dan bertahan hidup dengan bergantung pada produsen mau pun makhluk hidup lain.

Konsumen sendiri dibagi menjadi tiga bagian yang pertama adalah konsumen primer atau konsumen tingkat 1 yang merupakan konsumen pertama sehingga konsumen di tingkat ini mendapatkan energi secara langsung dari produsen, misalnya sapi, kelinci, kambing.

Kedua adalah konsumen sekunder atau konsumen tingkat 2 adalah konsumen kedua yang mendapatkan makanan dari konsumen pertama sebagai sumber energinya, contohnya kucing, anjing, ular dan hewan karnivora lainnya.

Yang ketiga adalah konsumen tersier atau konsumen tingkat 3 yang merupakan konsumen yang memakan konsumen kedua untuk mendapatkan sumber energinya, misalnya seperti elang, harimau dan buaya.

3. Dekomposer

Decomposer adalah organisme yang mempunyai tugas untuk mengurai bangkai dari makhluk hidup lain dengan cara memakannya untuk mengubah zat organic menjadi zat anorganik.

Untuk jalur makan dan di makan pada organisme ini terdapat pada sebuah tingkat trofuk ke trofik yang nantinya akan membentuk sebuah urutan dari suatu arah tertentu yang akhirnya menjadi sebuah rantai makanan.

Rantai makanan sendiri dimulai produsen yang disebut dengan makanan rerumput, contohnya bisa ditemukan pada rumput > belalang > burung kecil > burung elang.

Contoh Rantai Makanan

Setelah mengetahui mengenai pengertian rantai makanan dan komponennya, berikut ini adalah contoh rantai makanan yang ada di sekitar kita.

1. Ekosistem Sawah

Pada ekosistem sawah bisa ditemukan berbagai macam makhluk hidup yang sangat banyak dan juga sangat beragam contohnya seperti pada  Padi → tikus → ular sawah → elang → decomposer atau pengurai.

Bisa dilihat dari contoh di atas, padi menjadi produsen yang menghasilkan makannya sendiri kemudian padi dimakan oleh konsumen pertama yakni tikus kemudian tikus dimakan oleh konsumen ke dua yakni ular sawah. Kemudian ular sawah akan dimakan oleh konsumen ke tiga yakni elang. Ketika sudah mati nantinya elang ini pun akan terjatuh ke tanah untuk kemudian diuraikan oleh bakteri yang bertugas sebagai decomposer.

2. Ekosistem Hutan

Contoh rantai makanan yang kedua bisa dilihat dari ekosistem hutan, di dalam ekosistem ini sendiri terdapat berbagai macam tingkat dan makhluk hidup. Salah satu contoh yang bisa diambil adalah : Beri dan bunga → rusa → singa → pengurai.

Untuk contoh rantai makanan di atas, beri dan bunga menjadi produsen yang menghasilkan makanan untuk makhluk lain, sementara konsumennya adalah rusa, singa dan yang terkahir adalah pengurai yang bisa berupa bakteri atau pun jamur.

3. Ekosistem Laut

Untuk rantai makanan yang berada di laut kita bisa mengambil contohnya seperti berikut ini : Fitoplangton → zooplankton → ikan kecil → ikan besar → paus bergigi → pengurai.

Kita bisa meyimpulkan jika fitoplankton merupakan rantai makanan yang memiliki peran penting sebagai produsen dikarenaan mempunyai kemampuan untuk membuat makanannya sendiri sehingga akan melalui proses fotosintesis dengan menggunakan bantuan sinar matahari.

Fituplangton ini sendiri pada akhirnya akan dimakan oleh zooplankton yang berperan sebagai konsumen pertama yang akan dimakan oleh ikan ikan kecil yang berperan sebagai konsumen kedua.

Ikan kecil akhirnya akan dimakan oleh ikan besar yang berperan sebagai konsumen ketiga dan akan dimakan lagi oleh paus bergigi yang menjadi konsumen ke empat. Hingga akhirnya paus mati dan tubuhnya akan diurai oleh bakteri di dalam laut sehingga nanti akan kembali menjadi fitoplankton dan akan terjadi proses rantai makanan seperti semula, begitu seterusnya.

4. Ekosistem Padang Rumput

Rantai makanan berikutnya bisa kita lihat berada di ekosistem padang rumput, misalnya rumput → zebra → singa → pengurai.

Pada contoh rantai makanan di atas, rumput merupakan produsen yang akan dimakan oleh Zebra sebagai konsumen pertama, zebra pun nantinya akan dimakan oleh konsumen ke dua di dalam padang rumput tersebut yakni singa.

Ketika telah mati singa akan diurai oleh bakteri dan jamur dan tubuhnya akan menyatu di dalam tanah sehingga membuat tanah tumbuh menjadi lebih subur dan rumput pun bisa tumbuh pada tanah tersebut.

5. Ekosistem Sungai

Rantai makanan yang paling bisa ditemukan di sekitar kita bisa dilihat pada ekosistem sungai yang di dalamnya terdiri banyak sekali makhluk hidup, contoh rantai makanan pada ekosistem sungai seperti : Alga → siput → ular sungai → bangau → pengurai.

Sama halnya dengan contoh rantai makanan pada ekosistem lainnya, produsen pada rantai makanan di atas adalah alga yang akan dimakan oleh siput yang merupakan konsumen pertama dan siput akan dimakan juga oleh konsumen kedua yang di sini adalah ular dan ular akan dimakan oleh bangau yang merupakan konsumen ketiga. Ketika bangau mati maka tubuhnya akan diurai oleh bakteri dan jamur.

6. Ekosistem Padang Es Atau Kutub Utara dan Selatan

Contoh rantai makanan yang terakhir terdapat pada ekosistem padang es yang bisa ditemukan di kutub utara dan kutub selatan. Meski daerah tersebut dianggap sulit untuk ditinggali oleh manusia namun bukan berarti di sana tidak bisa ditemukan kehidupan, contoh rantai makanan di pada es adalah : Rumput → kelinci → burung hantu salju → serigala → pengurai.

Contoh rantai makanan di atas menjadi penutup dari pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat untuk anda semua dan selamat belajar.

Ilham Zulfikar Riwayat Penulis : Alumni Universitas Lampung, Jurusan MIPA. Angkatan 2010. Guru Perivat dan Penulis Website Yang Berhubungan dengan Skill dibidang MIPA
Rantai Makanan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca