Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Rumus Energi Kenetik

2 min read

Rumus Energi Kenetik

Energi Kinetik / Energi Gerak adalah suatu energi yang dimiliki oleh benda dari/sebab dari gerakan dari benda tersebut. Lebih lengkapnya simaklah pembahasan kami mengenai Materi Rumus Energi Kenetik meliputi Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh, dan Contoh Soal Beserta Penyelesaiannya di bawah ini.

Pengertian Energi Kinetik

Energi Kinetik / Energi Gerak adalah suatu energi yang dimiliki oleh benda dari/sebab dari gerakan dari benda tersebut.

Energi kinetik, suatu benda bisa didefinisikan sebagai usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkan benda dengan massa tertentu dari yang mulanya diam hingga mencapai kecepatan tertentu.

Energi gerak dari suatu benda sama saja dengan jumlah usaha yang diperlukan guna menyatakan kecepatan dan rotasi nya, yang dimulai dari keadaan diam hingga gerak dalam kecepatan tertentu.

Secara etimologi, Energi kinetik berasal dari Bahasa Yunani, yaitu kinesis yang artinya gerak dan energeias yang artinya aktif bekerja.

Jadi bisa dipahami bahwa Energi kinetik memiliki arti yaitu setiap hal, suatu benda, objek, maupun yang lainnya yang memiliki massa serta gerakan akan memiliki jenis energi kinetik.

Jenis dan Rumus Energi Kinetik

Energi kinetik memiliki jenis yang sesuai dengan gerakannya, dan jeni tersebut memiliki rumus energi kinetik nya tersendiri. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis energi kenetik, sebagai berikut ;

Rumus Energi Kinetik Translasi

Energi kinetik translasi atau sering kali disebut dengan energi kinetik saja merupakan energi kinetik/energi gerak ketika benda bergerak secara translasi.

E= ½  x m x v2

Keterangan :

m = massa dari benda tegar (kg)
v= kecepatan (m/s)
E= energi kinetik (Joule)

Rumus Energi Kinetik Rotasi

Nyatanya, tidak seluruh benda bergerak secara transalsi linier. Karena ada juga benda yang bergerak dengan gerakan melingkar atau dengan kata lain adalah gerakan rotasi.

Rumus energi gerakan jenis yang satu ini biasa disebut dengan rumus energi kinetik rotasi, dan nilainya berbeda dengan energi kinetik biasanya.

Parameter dalam energi kinetik rotasi ini menggunakan momen inersia dan kecepatan sudut, yang dituliskan dalam rumus seperti berikut:

Er = ½ x I x ω2

Keterangan :
I = momen inersia
ω = kecepatan sudut

Untuk menghitung energi kinetik rotasi, kalian pertama-tama perlu mengetahui momen inersia dan kecepatan sudut bendanya tersebut.

Rumus Energi Kinetik Relativistik

Energi kinetik relativistik merupakan energi kinetik pada saat sebuah benda bergerak dengan sangat cepat. Dengan kecepatan tersebut, benda yang bergerak secara relativistic memiliki kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya.

Pada prakteknya, hampir mustahil benda-benda besar mencapai kecepatan ini. Maka dari itu, kecepatan yang sangat besar ini biasanya dicapai oleh berbagai partikel penyusun atom.

Rumus energi kinetik relativistik, energi ini tidak sama dengan energi kinetik yang biasa, hal ini karena gerakannya tidak lagi sesuai dengan mekanika Newton klasik.

Maka dari itu, pendekatannya dilakukan dengan menggunakan teori relativitas Einstein, rumus nya bisa dituliskan sebagai berikut :

E= (γ-1) mc2

Yang mana γ adalah konstanta relativistic, c adalah kecepatan cahaya, dan m adalah massa objek tersebut.

Contoh Energi Kinetik Dalam Kehidupan Sehari – hari

Sebenarnya banyak dari contoh dari Energi Kinetik yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, lalu seperti apa energi kenetik yang ada di dalam kehidupan sehari, yakni sebagai berikut ;

  • Planet yang sedang berputar mengelilingi matahari.
  • Mobil yang sedang bergerak dan melaju kencang.
  • Air sungai yang mengalir deras
  • Sebuah elektron yang bisa bergerak & mengelilingi inti.
  • Seseorang yang sedang berjalan atau sedang berlari.
  • Seseorang yang sedang memasak sayuran.
  • Anjing yang sedang bermain dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Contoh Soal Energi Kinetik

Contoh Soal
Apa itu energi kinetik?

Energi Kinetik / Energi Gerak adalah suatu energi yang dimiliki oleh benda dari/sebab dari gerakan dari benda tersebut.

Sebutkan contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari?

1. Planet yang sedang berputar mengelilingi matahari.
2. Mobil yang sedang bergerak dan melaju kencang.
3. Air sungai yang mengalir deras
4. Sebuah elektron yang bisa bergerak & mengelilingi inti.
5. Seseorang yang sedang berjalan atau sedang berlari.

Sebukan jenis jenis energi kenetik?

1. Energi Kinetik Translasi
2. Energi Kinetik Rotasi
3. Energi Kinetik Relativistik

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Energi Kenetik. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Rumus Energi Kenetik Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca