Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Rumus Energi Kinetik

3 min read

Rumus Energi Kinetik

Pernahkan kamu mendengar istilah energi kinetik? Jika sudah pernah, apakah kamu juga sudah mengetahui rumus energi kinetik? Karena pada kesempatan kali ini. Kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenari energi kinetik.

Artinya kami tak hanya akan memberikan penjelasan mengenai rumus enegi kinetik tetapi juga memberikan penjelasan mengenai pengertiannya, jenis jenis energi kinetik hingga contoh energi kinetik yang ada di sekeliling kita.

Pengertian Energi Kinetik

Jika dilihat dari pengertiannya, energi kinetik sendiri merupakan sebuah energi yang biasa juga dengan energi gerak. Energi ini sendiri bisa kamu temukan pada setiap benda yang bergerak. Karena memang energi kinetik ini sendiri merupakan sebuah energi yang didefinisikan sebagai sebuah usaha. Usaha ini dibutuhkan untuk bisa membuat sebuah benda agar dapat bergerak. Benda yang bergerak ini pun terdiri dari masa tertentu dan bergerak mulai dari keadaan diam hingga akhirnya benda tersebut dapat mencapai kecepatan tertentu.

Energi kinetik ini sendiri merupakan sebuah energi yang dihasilkan dari sebuah benda atau jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menyatakan mengenai kecepatan dan juga rotasinya, pada saat dimulai dari keadaan diam hingga pada saat keadaan mulai bergerak.

Sedangkan jika dilihat dari istilahnya, energi kinetik ini sendiri bisa kamu lihat bahwa kedua istilah ini berasal dari Bahasa Yunani. Yang pertama adalah kata energeias yang artinya adalah aktif bekerja. Sedangkan kata keduanya adalah kinesis yang artinya adalah gerak.

Jika kedua kata ini digabung maka akan menghasilkan sebuah istilah enerhi kinetik. Dan arti dari istilah ini merupakan setiap hal atau objek, atau benda atau pun hal yang lainnya yang mempunyai massa. Dan kemudian melakukan pergerakan.

Energi kinetik sendiri terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan dari pergerakannya. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Jenis – Jenis Energi Kinetik dan Penjelasannya

Seperti yang sudah disinggung di atas, energi kinetik dibagi ke daam beberapa jenis, berikut adalah jenis jenis dari energi kinetik beserta dengan penjelasan lengkapnya untuk kamu semua :

1.) Energi Kinetik Translasi

Energi kinetik yang pertama disebut dengan nama energi kinetik translasi. Energi ini merupakan sebuah energi yang terdapat di dalam sebuah benda yang mengalami sebuah pergerakan searah dengan gerak pada garis yang lurus.

2.) Energi Kinetik Rotasi

Jenis energi kinetik yang kedua disebut dengan istilah energi kinetik rotasi. Energi bisa kamu temukan ada pada sebuah objek yang bisa bergerak atau sedang mengalami pergerakan memutar.

Contoh Energi Kinetik pada Kehidupan Sehari – hari

Untuk lebih memudahkan kamu dalam memahami. Mengenai apa, sih energi kinetik ini. Kamu pun bisa melihat dari beberapa contoh energi kinetik yang ada di sekitar kamu. Contohnya ya, seperti yang ada di bawah ini nih :

  1. Contoh yang paling mudah bisa kamu lihat dari air yang mengalir di aliran sungai dengan deras.
  2. Lalu ada mobil dan motor yang kamu lihat setiap hari bergerak dan juga melaju dengan kencang di jalanan.
  3. Contoh yang lebih mudah bisa kamu temui ketika kamu sedang melihat seseorang yang berjalan mau pun sedang berlari, ini juga termasuk dalam energi kinetik.
  4. Kamu sering kan, melihat ibu memasak sayuran di dapur. Kegiatan ini pun juga termasuk ke dalam energi kinetik loh.
  5. Atau jika kamu punya kucing kesayangan di rumah, lihatlah saat dia bermain, kegiatan ini juga termasuk dalam contoh energi kinetik.
  6. Lalu contoh nyata yang tidak kamu rasakan secara langsung bisa kamu temukan pada bumi beserta dengan planet lain di sekitarnya yang berputar untuk mengelilingi matahari, kegiatan ini juga termasuk dalam contoh energi kinetik juga.

 

Rumus Energi Kinetik

Sudah tahu kan, penjelasan lengkap mengenai energi kinetik? Sekarang lah saatnya kamu mengetahui rumus energi kinetik. Karena sama halnya dengan energi yang lainnya di muka bumi ini. Energi kinetik juga bisa dihitung dengan menggunakan rumus loh.

Dan berikut ini adalah rumus energi kinetik :

½ mv2

EK = ½ x m x v2

Dari sini kamu bisa melihat apabila energi kinetik dilihat secara sistematis maka energi ini adalah ½ dari massa pada benda tersebut. Yang lalu energi tersebut pun akhirnya akan dikalikan dengan menggunakan kecepatan tubuh kuadrat.

 

Contoh Soal Energi Kinetik

Mengetahui rumus energi kinetik saja rasanya tidak lengkap ya, jika tidak mempelajarinya secara jelas melalui contoh soalnya. Untuk itu kami pun sudah menyediakannya di bawah ini :

Contoh Soal 1

Ega Selaksalaska sedang mengendari motor sportnya yang berwarna merah dengan kecepatan sekitar 2 m/s. apabila massa dari motor yang dikendarai oleh Ega tersebut adalah sekitar 20 kg. Cobalah hirung berapa jumlah dari energi kinetik yang dihasilkannya?

Jawaban :

Apabila diketahui :

v = 2 m/s

m = 20 kg

Dan ditanya :

Ditanya :

EK ?

Cara menyelesaikan

EK = ½ x m x v2

EK = ½ x 20 x 22

EK = 40 Joule

Nah, maka jumlah energi kinetik yang dihasilkan oleh motor yang dikendarai oleh Ega adalah sebesar 40 Joule

Contoh Soal 2

Carla sedang berjalan dengan menggunakan sepatu roda warna merah baru yang dibelikan oleh Ayahnya di Bali. Kecepatan dari sepatu roda ini sendiri adalah sekitar 4 m/s.

Apabila massa dari sepatu roda milik Carla sekitar 80 kg. Maka cobalah tentukan berapa jumlah energi kinetik yang dihasilkannya?

Jawaban :

Jika diketahui :

v = 4 m/s

m = 80 kg

Dan ditanya :

EK ?

Cara penyelesaian :

EK = ½ x m x v2

EK = ½ x 80 x 42

EK = 320 Joule

Dari penyelesaian yang dilakukan di atas maka bisa ditentukan jika energi kinetik yang dihasilkan oleh sepatu roda milik Carla adalah sebesar 320 Joule

Contoh Soal 3

Kiki sedang mengendarai mobil Lamborgini terbarunya dengan menggunakan kecepatan sekitar 5 m/s. Apabila massa yang dimiliki oleh mobil Lamborgini milik Kiki adalah seberat 120 kg.

Maka cobalah untuk menghitung jumlah energi kinetik yang dihasilkan oleh mobil yang dikendarai Kiki.

Jawaban :

Apabila diketahui :

v adalah 5 m/s

m adalah 120 kg

Apabila ditanyakan :

EK adalah ?

Cara penyelesaian :

EK = ½ x m x v2

EK = ½ x 120 x 52

EK = 600 Joule

Nah, dari penjelasan di atas maka kamu bisa melihat jika energi kinetik yang dihasilkan oleh mobil Kiki adalah sekitar 600 Joule.

 

Contoh soal energi kinetik di atas adalah akhir dari penjelasan kita kali ini. Khususnya mengenai energi kinetik. Semoga dari penjelasan di atas bisa memberikan kamu pengetahuan baru mengenai energi kinetik khusunya rumus energi kinetik beserta dengan penjelasan lengkapnya. Jangan lupa untuk kembali ke website kami karena kami akan memberikan penjelasan berbagai macam materi pembelajaran yang sangat menyenangkan dan asyik sebagai refrensi belajar.

Artikel Lainnya :

Gaya Sentripetal – Pengertian, Rumus, Contoh

Limit Trigonometri – Penjelasan, Soal Soal Limit Trigonometri

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Rumus Energi Kinetik Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca