Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Rumus Kecepatan

3 min read

Rumus Kecepatan

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rumus kecepatan untuk kita bahas bersama sama. Di saat sedang tidak bisa keluar rumah dan belajar di sekolah, bukan berarti kamu bisa bersantai di rumah dan tidak belajar sama sekali kan. Untuk itu kami sudah mengemas materi ini sedemikian rupa. Tujuannya agar materi ini bisa kamu pelajari dengan mudah. Dan pastinya bisa kamu mengerti.

Nah, bagaimana kah rumus percepatan dan apa sih percepatan itu?

Jika dilihat dari maknanya, kecepatan sendiri memiliki arti yang cukup luas. Dan kecepatan biasanya digunakan untuk memperlihatkan mengenai sebuah perubahan yang berasal dari satu saat menuju ke saat yang lainnya. Serta di dalam kehidupan sehari hari kita, kecepatan ini sendiri memiliki hungan yang sangat erat dengan jarak serta waktu.

Khususnya yang dibutuhkan untuk digunakan dalam menempuh jarak. Misalnya saja kecepatan kendaraan seperti mobil, kereta, pesawat hingga roket dan kendaraan lainnya yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari hari.

Jadi dari sini kamu bisa melihat inti dari maksud kecepatan yang bisa kamu lihat dari contoh yang ada di sekitar kita. Misalnya jika ada sebuah mobil keluaran terbaru yang digadang – gadang dapat mencapai kecepatan hingga 250 km / jam. Maka hal ini bisa kamu artikan bahwa mobil terbaru tersebut mampu mencapai jarak hingga 250 kilometer, hanya dalam waktu satu jam. Jadi bisa dibilang mobil ini merupakan mobil yang sangat cepat ya.

Tak hanya mobil saja yang bisa kamu ambil contohnya, kamu pun bisa mengambil contoh dari peluru yang ditembakkan dari sebuah pistol misalnya. Dengan kecepatan hingga 1500 m/detik. Maka dapat diartikan jika kemampuan peluru itu mampu mencapai jarak hingga 1500 meter dalam waktu satu detik saja. Begitu berbahaya dan mematikan ya, peluru tersebut. Makanya jangan sampai menggunakan pistol hanya sebagai bahan percobaan saja.

Itulah kira kira pengertian sederhana mengenai kecepatan jika kita lihat dari contoh contoh yang ada di sekitar kita. Nah, agar lebih jelas lagi kamu bisa menyimak pengertian dari kecepatan di bawah ini. Sebelum kita bahas mengenai rumusnya.

Pengertian Kecepatan

Jika dilihat secara umum, maka pengertian dari kecepatan adalah, sebuah besaran vektor yang digunakan untuk memperlihatkan mengenai seberapa cepatnya sebuah benda pada saat benda tersebut melakukan pergerakan atau berpindah.

Selain itu pada besar yang berasal dari vektor ini dapat dinyatakan dengan kelajuan atau juga satuan meter per sekon dengan simbol (m/s).

 

Rumus Kecepatan

Seperti yang sudah kami janjikan di atas, kami akan memberikan rumus percepatan beserta dengan penjelasan lengkapnya. Berikut ini adalah rumus percepatan mulai dari rumus kecepatan, jarak dan waktu :

NamaRumus
KecepatanV = S / t
JarakS = t x v
Waktut = S / v

 

Agar lebih jelas, kami pun akan menjabarkannya satu persatu dan memberikan penjelasannya khusus untuk kamu.

1.) Rumus Kecepatan

Jika kalian ingin menghitung kecepatan rata rata maka rumus ini akan sangat berguna jika kamu gunakan :

V = S / t

Penjelasan

Vkecepatan ( km / jam )
Sjarak ( km )
Twaktu tempuh ( jam )

 

2.) Rumus Jarak

Sedangkan untuk menghitung sebuah jarak, kamu bisa menggunakan rumus di bawah ini :

S = t x v

Penjelasan :

Sjarak (km)
twaktu tempuh (jam)
vkecepatan (km/jam)

 

3.) Rumus Waktu

Lalu untuk menghitung waktu kamu bisa menggunakan rumus yang satu ini :

t = S / v

Penjelasan :

twaktu tempuh (jam)
Sjarak (km)
vkecepatan (km/jam)

 

Sedangkan untuk menghitung sebuah kecepatan, jarak dan juga waktu. Maka rumus yang harus kamu gunakan adalah di bawah ini :

Rumus Kecepatan Rata Rata

Dari rumus di atas, terdapat juga rumus kecepatan rata rata yang bisa kamu gunakan untuk menghitung lebih dari satu kecepatan. Berikut ini adalah rumusnya :

Contoh Soal Kecepatan

Agar pembahasan tadi lebih jelas dan semakin kamu mengerti, maka kamu bisa menyimak contoh soal yang tersedia berikut ini :

Contoh Soal 1

Jessica sudah berjanji untuk bertemu dengan Krystal di kampus mereka pukul 15.10. Sedangkan jarak rumah Jessica dari kampusnya dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 25 menit saja. Sehingga coba tentukan jam berapakah Jessica berangkat dari rumah ke kampusnya, agar tidak telah bertemu dengan Krystal.

Jawab :

Jam Berangkat Jessica adalah 15 Jam 10 menit – 1 jam 25 menit

Jam Berangkat Jessica adalah (14 Jam + 60 menit) + 10 menit – 1 Jam + 25 menit

Jam Berangkat Jessica adalah 13 Jam 45 menit

Dari perhitungan di atas, maka sebaiknya Jessica berangkat pukul Pukul 13.45 paling lambat agar bisa bertemu dengan Krystal di kampusnya.

Contoh Soal 2

Krystal mengendari mobil sport barunya dengan kecepatan rata rata hanya 60 km / jam. Apabila Krystal berangkat dari rumah nya pada pukul 06.30, dan Krystal sampai di kampusnya pada pukul 07.15.

Maka coba hitung berapakah jarak dari rumah Krystal ke sekolah?

Jawaban :

Apabila diketahui

Waktu (t) adalah 07.15 – 06.30 = 45 menit atau ¾ jam

Kecepatan (v) adalah 60 km/jam

Dan ditanyakan berapakah Jarak tempuh (s)

Cara Mengerjakan :

s = v x t

= 60 km/jam x ¾ jam

= 45 km

Jadi dari sini kamu bisa menemukan jika jarak rumah Krystal ke sekolahnya atau jarak tempuh yang dilalui oleh Krystal adalah sekitar 45 km.

Contoh Soal 3

Jika ada sebuah truk yang berangkat dari Kota Surabaya menuju ke Banyuwangi. Dan truk tersebut menggunakan kecepatan rata rata sekitar 70 km/jam. Sedangkan jika kita ketahui apabila jarak dari kota Surabaya ke kota Banyuwangi adalah sekitar 175 kilometer.

Dan apabila truk tersebut sampai di tujuannya atau sampai di kota Banyuwangi pada pukul 12.00. Maka coba tentukan pukul berapakah truk tersebut berangkat dari kota Surabaya.

Jawaban :

Apabila diketahui :

Jarak (s) adalah 175 km

Kecepatan (v) adalah 70 km/jam

Dan diitanyakan Waktu (t)

Cara Penyelesaian :

t =s/v

= 175/70

=2,5 jam

= 2 jam 30 menit

Jadi dapat diketahui dari sini 2 Jam 30 menit adalah sebelum pukul 12.00 yakni pukul 09.30.

Nah, jawabannya yang benar adalah truk tersebut berangkat dari kota Surabaya pada pukul 09.30.

 

Dari contoh soal di atas mudah mudahan bisa melengkapi penjelasan mengenai rumus kecepatan yang sudah kami bahas di atas. Dan semoga bisa dijadikan sebagai refrensi belajar yang mudah dan menyenangkan di rumah. Karena di rumah bukan berarti kamu harus bermalas malasan ya. Karena kamu masih bisa belajar bersama kami di website ini. Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.

Artikel Lainnya :

Sistem Pernapasan pada Hewan

Sistem Pernapasan pada Manusia

Gangguan Sistem Pencernaan

 

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Rumus Kecepatan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca