Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Rumus Menghitung IMT – Anak, Normal, Dewasa, dan Contoh Penghitungan Masing-Masing

3 min read

Rumus Menghitung IMT – Anak, Normal, Dewasa, dan Contoh Penghitungan Masing-Masing

Rumus Menghitung IMT merupakan rumus yang biasa digunakan untuk menghitung berat badan ideal seseorang. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa memiliki rumus penghitungan yang berbeda-beda. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasannya secara lengkap untuk dijadikan sebagai refrensi belajar.

Pengertian IMT

IMT adalah singkatan dari Indeks Massa Tubuh, istilah ini diambil dari istilah asing yakni BMI yang merupakan singkatan dari Body Mass Index. Jika dilihat secara sederhana, pengertian dari IMT sendiri adalah sebuah metode penghitungan, atau alat ukur yang digunakan untuk mengukur apakah tubuh seseorang sudah memiliki berat yang proporsional.

Penghitungan ini dilakukan dengan cara membandingkan antara tinggi dan berat badan yang dimiliki oleh seseorang.

Jika dilihat secara intinya, perhitungan IMT merupakan sebuah metode yang dilakukan untuk menghitung berat badan dengan cara membagi berat badan seseorang dalam satuan kilogram dengan tinggi badan orang tersebut dalam satuan meter kuadrat.

Bisa dibilang cara ini sendiri merupakan cara yang paling mudah untuk mengetahui indeks massa tubuh, sekaligus mengetahui apakah orang tersebut mengalami kegemukan atau obesitas yang menyebabkan orang tersebut memiliki risiko penyaki kronis mau pun tidak.

Rumus Menghitung IMT

Berikut ini kami akan memberikan cara untuk mengetahui Indeks Massa Tubuh atau IMT dengan menggunakan rumus yang sudah banyak digunakan sejak dahulu hingga kini. Yakni dengan menggunakan satuan kilogram untuk berat badan serta satuan meter untuk tinggi tubuh seseorang.

Coba kamu lihat gambar di bawah ini :

Berdasarkan pada tabel yang ada di atas maka bisa dinyataan bahwa untuk memiliki tubuh yang ideal, setiap orang harus memiliki nilai IMT di antara 18,5 hingga nilai 24,9.

Apabila nilai IMT kamu di bawah dari angka 18,5 maka kamu dapat dianggap memiliki tubuh yang kurang ideal yakni kurang gizi. Sementara jika nilai IMT kamu berada di atas 24,9, kamu termasuk memiliki berat tubuh berlebih atau yang biasa disebut dengan obesitas.

Untuk mengetahui berat atau nilai IMT yang kamu miliki, kamu bisa menghitungnya dengan menggunakan kalkulator dengan menggunakan rumus yang ada di bawah ini. Untuk mengetahui apakah berat badan kamu sudah termasuk dalam berat badan ideal.

Tapi perlu diingat, jika cara ini hanya bisa digunakan pada orang yang berusia di bawah 60 tahun ya. Artinya, nenek dan kakek kamu atau orang yang berusia di atas 60 tahun sudah tidak dapat mengetahui berat badan idealnya dengan metode ini.

Nah, selain itu juga perhitungan indeks massa tubuh atau IMT ini juga tidak bisa digunakan pada mereka yang sedang menderita penyakit kronis, ibu hamil dan menyusui, anak – anak hingga pada atlet ya.

Berat IMT (Indeks Massa Tubuh) yang Ideal

Berikut ini cara menghitung berat badan ideal bayi, pada balita, anak – anak hingga orang dewasa.

1.)  Cara Menghitung Berat Badan Bayi yang Ideal      

Untuk menghitung berat badan bayi antara usia 1 hingga 12 bulan terdapat dua rumus yang berbeda yang digunakan pada bayi usia 1 hingga 6 bulan dan pada bayi yang berusia 7 hingga 12 bulan. Berikut ini adalah rumusnya :

Bayi Usia 1 hingga 6 bulan

Rumus yang digunakan untuk menghitungnya adalah : BBL (gr) +( usia x 600 gram )

Bayi Usia 7 hingga 12 bulan

Rumus yang digunakan untuk menghitungnya adalah :

BBL (gr) + ( usia x 500 gram )

(usia/2) +3

Keterangan :

BBL adalah Berat Badan Lahir Usia yang dinyatakan dalam bulan.

2.)  Cara Menghitung Berat Badan Balita yang Ideal

Untuk mencari tahu berat badan ideal pada balita yang berusia 0 hingga 5 tahun bisa menggunakan rumus di bawah ini.

BBI anak = 2n + 8

Selain itu rumus ini juga bisa digunakan untuk menghitung berat badan anak usia 10 tahun.

3.)  Cara Menghitung Berat Badan Ideal Orang Dewasa

Berikut ini adalah rumus yang bisa kamu gunakan untuk menghitung berat badan ideal bagi orang dewasa yang berusia di atas 15 tahun.

BBI = ( ( TB – 100) ± 10% (TB-100 ) )

Selain menggunakan rumus yang ada di atas, kamu juga bisa menggunakan rumus yang secara resmi dikeluarkan oleh Depkes Republik Indonesia yang disebut dengan Rumus Indeks Massa Tubuh atau disingkat dengan IMT.

IMT = BB ( Kg ) / TB ( m )

 

Berikut ini merupakan interprestasi status gizi jika berdasarkan dengan Indeks Massa Tubuh atau IMT

 

Contoh Cara Menghitung IMP

Untuk lebih jelasnya kami juga sudah menyediakan contoh cara menghitung IMP mulai dari anak balita, anak – anak hingga orang dewasa.

1.) Contoh Cara Menghitung Berat Badan Ideal Balita

Yoon Se Ri merupakan anak balita asal Korea Selatan yang telah berusia 14 bulan. Coba hitung berapa berat ideal dari Yoon Se Ri.

Jawaban :

Apabila Yoon Se Ri berusia 14 bulan maka bisa dibulatkan menjadi 1,2 atau dibaca dengan 1 tahun 2 bulan. Untuk mengetahui berat badan idealnya, kamu bisa memasukkannya di rumus di bawah ini.

( 2 x 1,2 ) + 8 = 2,4 + 8 = 10,4

Jadi dari sini kamu bisa mengetahui jika berat badan ideal yang harus dimiliki oleh Yoon Se Ri adalah sekitar 10,4 kilogram.

2.) Contoh Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak Anak

Jung Soo Jeong merupakan anak balita berusia 2 tahun 10 bulan. Jika harus menghiung berat badan idealnya, berapakah berat badan ideal yang harus dimiliki oleh Jung Soo Jeong.

Jawaban :

Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa menuliskan usia Jung Soo Jeong dengan cara n = 2,10. Lalu kalikan dengan dua maka akan menjadi 4,20.

Dari hasil ini kamu bisa menambahkannya secara langsung dengan 8. Dikarenakan 4,20 yang artinya adalah 4 tahun 20 bulan. Maka 20 bulan sama artinya dengan 1 tahun 8 bulan. Sehingga 4,20 akan diubah untuk menjadi 5,8.

Kemudian tambahkan 5,8 dengan 8. Sehingga akan ditemukan hasil berat badan ideal 13,8.

Nah, dari sini bisa diketahui jika berat badan ideal yang harus dimiliki oleh Jung Soo Jeong adalah 13,8 kg.

3.) Contoh Cara Menghitung Berat Badan Ideal Orang Dewasa dengan IMT

Jung Soo Yeon adalah adalah wanita Korea yang memiliki tinggi 165 cm dan memiliki berat badan 67 kg. Coba hitung IMT dari Jung Soo Yeon!

Jawaban :

Jika Berat Badan Jung Soo Yeon adalah 67 kg

Dan Tinggi Badan yang dimiliki oleh Jung Soo Yeon adalah 165 cm yang diubah menjadi 1,65 m

Maka IMT dari Jung Soo Yeon adalah :

Rumus = Berat Badan / ( Tinggi Badan x Tinggi Badan )

Maka = 67 / (1,65 x 1,65)

= 24,6

IMT adalah 24,6

Hasil yang didapatkan dari IMT Jung Soo Yeon adalah 24,6. Hal ini menunjukkan jika Jung Soo Yeon memiliki berat badan ideal seperti yang ada pada tabel di bawah ini :

Menunjukkan jika IMT milik Jung Soo Yeon berada pada 18,5 dan 24,9 yang merupakan angka ideal.

 

Nah, itulah dia cara menghitung IMT mulai dari Anak, Normal, Dewasa, dan contoh penghitungan masing masing yang semoga bermanfaat bagi kamu semua.

Artikel Lainnya :

Candi Plaosan

Gerakan 3 A

Tokoh Sumpah Pemuda

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Rumus Menghitung IMT – Anak, Normal, Dewasa, dan Contoh Penghitungan Masing-Masing Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca