Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Rumus Momentum

3 min read

Rumus Momentum

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai rumus momentum, mulai dari pengertian, contoh momentum di sekitar kita hingga contoh soal yang akan melengkapi materi kita pada hari ini.

Yuk, langsung simak penjelasannya lengkap mengenai materi momentum. Bagaimana sih cara mengerjakan momentum dengan rumusnya, dan apa sih pengertian momentum? Semua wajib untuk kamu tahu dan kamu pelajari dengan cara yang lebih menyenangkan. Dan lebih dekat sebab kami juga akan memberikan contoh yang ada di sekitar kita mengenai materi yang satu ini.

Pengertian Momentum

Jika dilihat dari pengertiannya sendiri, momentum merupakan pergerakan dari sebuah benda atau kekuatan gerak sebuah benda. Karena pada umumnya setiap benda yang dapat bergerak atau memiliki kekuatan gerak disebut dengan istilah momentum.

Nah, jadi bisa diartikan sebuah kekuatan gerak yang terdapat pada sebuah benda dapat dipengaruhi dengan 2 faktor. Faktor yang pertama adalah massa dari benda itu sendiri. Dan faktor yang kedua adalah kecepatan dari bentu tersebut. Sehingga dari sini dapat diketahui jika besaran memiliki hubungan yang erat. Khususnya berhubungan dengan kecepatan serta juga massa dari suatu benda.

Tak hanya itu saja, momentum juga adalah bagian dari salah satu istilah yang bisa kamu temukan pada ilmu fisika. Istilah dari momentum ini sendiri merujuk pada kuantitas gerak yang berasal dari suatu benda. Serta pada massa yang terdapat pada sebuah objek. Sehingga dari sini bisa disimpulkan jika definisi dari memontum itu sendiri. Adalah sebuah besaran yang dapat diperoleh dari proses perkalian. Sementara itu proses perkalian ini sendiri terjadi pada vektor kecepatan gerak. Yang mana vektor kecepatan gerak tersebut akan dikalikan dengan menggunakan besaran skalar massa benda.

Pada saat massa tersebut dikalikan dengan kecepatan dari suatu benda. Maka akan dihasilkan sebuah kekuatan gerak. Dengan ini berarti benda mempunyai kecepatan yang tinggi akan tetapi massa nya cukup kecil. Serta kekuatan geraknya akan dianggap memiliki jumlah yang sama. Dengan benda yang memiliki massa yang juga sama besar. Namun kecepatannya terbilang lebih rendah.

Nah, bagaimana kah bisa begitu?

Memang jika kita hanya melihat dari pengertian secara umumnya saja, hal ini belum lah lengkap. Sebab pengertian secara umum mengenai istilah momentum kurang dapat dimengerti karena bahasanya yang terlalu rumit. Agar kamu pun, menjadi lebih mengerti tentang materi yang satu ini. Kami sudah menyiapkan beberapa contoh yang dapat kamu gunakan sebagai refrensi.

Untuk lebih memudahkan dalam mengerti contohnya pun kita akan mengambil kasus kasus pada benda benda di sekitar kita yang biasa kita lihat. Berikut ini adalah penjelasannya.

Contoh Momentum di Sekitar Kita

Seperti yang sudah kami katakana di atas, kami akan memberikan contoh momentum yang lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti. Sebab contoh ini akan menggunakan benda benda yang ada di sekitar kita. Yang pastinya benda ini sering atau pernah kita lihat di kehidupan sehari hari kita. Benda benda ini sendiri antara lain seperti truk, mobil hingga kereta.

Langsung saja simak contohnya :

Contoh Momentum Truk

Terdapat sebuah truk yang memiliki massa sekitar 20.000 kg dan truk ini akan bergerak atau berjalan dengan menggunakan kecepatan sekitar m/s. Dari sini dapat ditentukan jika dibutuhkan besaran gaya untuk dapat menghentikan laju dari truk tersebuk. Pada saat truk tersebut harus menabrak tembok dan tembok tersebut menjadi rusak.

Contoh Momentum Mobil

Akan tetapi bagaimana jika kasusnya diubah. Bagaimana jika truk besar kita ganti dengan menggunakan mobil yang lebih kecil dengan massa sekitar 2.000 kg saja. Dan apabila mobil tersebut pun akan melaju atau bergerak dengan menggunakan kecepatan sekitar 10 m/s?

Maka apakah yang akan terjadi? Ketika mobil menyentuh atau menabrak tembok?

Tentunya kamu pun sudah mengetahui apabila pada bagian depan mobil dan tembok yang ditabrak akan tetap mengalami kerusakan. Lalu apa jadinya ya apabila sebuah mobil kecil dengan berat hanya 2.000 kg. Dipadu dengan besaran kecepatan mencapai 120 m/s. Lantas mobil tersebut menabrak tembok. Sudah dipastikan mobil tersebut akan rusak dan hancur berat. Hal yang sama pun akan terjadi pada tembol yang tertabrak atau ditabrak oleh mobil tersebut. Bukannya tanpa alasan, namun hal tersebut terjadi dikarenakan besarnya kekuatan gerak mau pun dari tumbukan mobil pada tembok tersebut terjadi cukup kecil.

Sementara gaya yang lebih besar sendiri sangat dibutuhkan untuk menghentikan laju dari sebuah mobil kecil yang melaju dengan menggunakan kecepatan yang tinggi. Dibandingkan dengan truk yang bergerak dengan menggunakan kecepatan yang lebih rendah.

Contoh Momentum Kereta

Lalu apabila kamu ingin menghentikan sebuah kereta yang tengah bergerak. Maka dibutuhkan sebuah gaya yang tentu saja lebih besar dibandingkan gaya yang digunakan untuk menghentikan truk dan mobil kecil di atas.

Dikarenakan kereta sendiri mempunyai massa dan juga kecepatan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan truk dan mobil yang sebelumnya sudah kita bahas. Sehingga momentumnya dapat ditulis dengan menggunakan persamaan di dalam bentuk.

Nah, itu lah dia contoh dari momentum yang ada di sekitar kita. Dengan benda benda yang biasa kita lihat atau sering kita lihat di kehidupan sehari hari. Lalu bagaimana rumus momentum itu sendiri.

Rumus Momentum

Materi utama kita hari ini adalah rumus momentum, dan sudah pasti pembahasan mengenai rumus ini tidak boleh dilewatkan ya. Berikut rumusnya :

Rumus Menghitung Momentum

Penjelasan :

pmomentum ( kg.m/s )
mmassa benda ( kg )
vkecepatan benda ( m/s )

 

Sudah tahu kan, rumus momentum yang menjadi materi utama kita pada hari ini. Selain sudah mengetahui mengenai rumus momentum, pengertian momentum hingga contoh momentum yang ada di sekitar kita. Maka saatnya untuk kita mencoba mengerjakan contoh soal momentum di bawah ini.

Contoh Soal Momentum

Agar lebih jelas lagi, mari kita simak pada contoh soal yang ada di bawah ini mengenai materi momentum

Contoh Soal :

Ega mempunyai badan yang terbilang cukup gemuk, karena berat badan Ega sudah mencapai 100 kg. Apabila Ega berlari dengan menggunakan kecepatan tetap hingga 108 km / jam. Maka berapakah momentum yang berasal dari Ega?

Jawaban :

Apabila diketahui :

m adalah 100 kg

v adalah 108 km/jam di konversi ke m/s maka 108000/3600 = 30 m/s

Maka cara penyelesaiannya adalah :

P = 100 x 30

= 3.000 kg m/s

Sehingga dari sini bisa ditentukan jika momentum yang berasal dari Ega adalah sebesar = 3.000 kg m/s.

 

Dari contoh soal di atas pastinya kini kamu sudah semakin memahami materi yang sudah kita bahas dari tadi. Karena mengetahui rumus momentum saja tanpa berusaha memecahkan soalnya adalah hal yang sia sia, percuma kan jika kita hanya belajar mengenai materi nya saja.

Oleh sebab itu materi pun sudah kami berikan dari pengertian dan contoh momentum yang ada di sekitar kita. Serta ditambah dengan rumus momentum serta pembahasannya yang kami sediakan pada contoh soal di atas. Selamat belajar dan sampai jumpa lagi pada pembahasan menarik yang lainnya.

Artikel Lainnya :

Rumus Kecepatan

Sistem Pernapasan pada Hewan

Sistem Pernapasan pada Manusia

 

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Rumus Momentum Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca