Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Rumus Net Present Value

3 min read

Rumus Net Present Value

NVP adalah singkatan dari Net Present Value yang merupakan sebuah selisih di antara nilai yang berlaku sekarang. Dan berasal dari arus kas yang masuk dengan nilai yang sekarang. Dan juga berasal dari arus kas yang keluar pada periode waktu yang tertentu. Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan rumus net present value yang disertai dengan penjelasan lengkapnya.

Net present value ini sendiri mengestimasikan nilai yang sekarang berada di suatu proyek asset mau pun investasi jika didasarkan dengan arus kas yang masuk. Lalu diharapkan di masa depan serta arus kas yang keluarkan ini. Dapat disesuaikan dengan suku bunga serta harga pada pembelian awalnya.

Selain itu Net Pressent Value sendiri memakai harga pada pembelian di awal serta nilai waktu uang atau yang disebut dengan istilah time value of money yang digunakan menghitung nilai pada suatu asset. Maka dari itu bisa dibilang jika Net Pressent Value merupakan nilai yang ada sekarang yang berasal dari asset yang dikurangi dengan menggunakan harga pembelian di awal.

Net Pressent Value sudah banyak diaplikasikan di dalam pembuatan anggaran modal yang digunakan untuk memberikan analisa profitabilitas.

Net Pressent Value biasanya digunakan oleh pemilik modal mau pun manajemen perusahaan untuk melakukan perhitungan. Dan juga evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui akan melakukan investasi pada suatu proyek atau tidak.

Net Pressent Value disebut dengan nilai bersih sekarang atau nilai bersih saat ini jika menggunakan istilah dalam bahasa Indonesia.

Rumus Net Present Value

Bisa dibilang rumus Net Pressent Value ini sendiri cenderung rumit. Karena kamu harus menambahkan semua arus kas masa depan yang berasal dari investasi. Caranya dengan menggunakan tingkat diskonto yang ada. Dan menguranginya dengan nilai investasi yang dilakukan di awal. Maka persamaan dan rumus Net Pressent Value bisa dilihat di bawah ini :

Dan jika rumusnya diringkas maka akan menjadi seperti ini :

Penjelasan :

NPVNet Present Value (dalam Rupiah)
CtArus Kas per Tahun pada Periode t
C0Nilai Investasi awal pada tahun ke 0 (dalam Rupiah)
RSuku Bunga atau discount Rate (dalam %)

 

Tak hanya bisa menggunakan rumus dari Net Pressent Value yang ada di atas. Kita juga bisa menggunakan tabel PVIFA atau singkatan dari Present Value Interest Factor for an Annuity.

Lalu coba kamu masukkan hasilnya pada persamaan atau pun rumus Net Pressent Value yang ada di bawah ini :

NPV = ( Ct x PVIFA (r) (t) ) – C0

Untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa melihat tabel FVIFA yang ada pada gambar yang kami sediakan di bawah ini :

Contoh Soal Net Pressent Value

Terdapat sebuah perusahaan yang bernama PT. Sejahtera Surya, yang mana manajemen dari perusahaan ini hendak membeli mesin produksi yang terbaru. Yang dimaksudkan guna memberikan peningkatan pada jumlah produksi untuk produk yang dihasilkan oleh perusahaannya.

Namun harga mesin produksi yang baru tersebut cukup mahal. Yakni sekitar Rp. 150 juta. Dengan dibebani oleh suku bunga pinjaman, sekitar 12% per tahunnya. Arus Kas yang masuk untuk diestimasikan sendiri adalah sekitar Rp. 50 juta yakni untuk selama 5 tahun ke depan.

Lalu, menurut kamu apakah rencana investasi dari pembelian pada mesin produksi yang direncanakan tersebut. Bisa dilakukan oleh perusahaan PT. Sejahtera Surya atau sebaiknya tidak.

Cara Pengerjaannya :

Apabila diketahui bahwa :

Ct = Rp 50 juta

C0 = Rp 150 juta

r = 12% (0,12)

Maka jawabannya adalah sebagai berikut ini :

NPV = (C1/1+r) + (C2/(1+r)2) + (C3/(1+r)3) + (C3/(1+r)4) + (Ct/(1+r)t) – C0

NPV = ((50/1+0,12) + (50/1+0,12)2 + (50/1+0,12)3 + (50/1+0,12)4 + (50/1+0,12)5) – 150

NPV = (44,64 + 39,86 + 35,59 + 31,78 + 28,37) – 150

NPV = 180,24 – 150

NPV = 30,24

Sehingga jika berdasarkan pada nilai Net Present Value nya maka nilai nya adalah sebesar Rp. 30,24 juta.

Apabila dijelaskan ke dalam tabel maka akan menjadi seperti di bawah ini :

Sebelumnya sudah disinggung bahwa Net Present Value juga bisa dihitung dengan memanfaatkan tabel PVIFA atau Present Value Interest Factor for an Annuity, apabila mempunyai tabel PVIFA ini maka perhitungan dari Net Present Value akan menjadi lebih mudah dan menjadi lebih cepat perhitungannya.

Sedangkan cara yang digunakan untuk membaca tabel PVIFA ( Present Value Interest Factor for an Annuity ) yang digunakan untuk menghitung Net Present Value adalah :

 

Apabila jika didasarkan pada tabel PVIFA, maka angka yang diperoleh dari suku bungan 12% ( r ) serta pada periode selama 5 tahun ( t ) adalah sekitar 3.6048.

Maka angka tersebut jika dimasukkan pada rumus Net Present Value adalah seperti di bawah ini :

NPV = (Ct x PVIFA(r)(t)) – C0

NPV = (50 x PVIFA(12%)(5)) – C0

NPV = (50 x 3,6048) – 150

NPV = 180,24 – 150

NPV = 30,24

Maka dari sini kamu bisa melihat bahwa hasilnya adalah sama dengan nilai pada Net Present Value yang menggunakan rumus Net Present Value sebelumnya. Yakni nilainya adalah sekitar se30,24 atau Rp. 30,24 juta.

 

Analisis dan Penilaian Net Present Value atau NVP

Jika dilihat berdasarkan pada hasil perhitungan contoh soal di atas. Maka Net Present Value nya sendiri bernilai sekitar : Rp 30,24 juta. Artinya mesin produksi yang ingin dibeli bisa memberikan hasil sebesar Rp. 30,24 juta apabila perusahaan telah berhasil untuk melunasi biaya pembelian dari mesin produksi baru bisa dilanjutkan.

Sedangkan nilai Net Present Value yang positif. Atau nilainya NVP > 0. Dapat memperlihatkan jika penerimaan lebih besar apabila dibandingkan dengan nilai yang sudah diinvestasikan oleh perusahaan tersebut. Sementara nilai dari Net Present Value negatif nya NPV < 0 menunjukkan jika penerimaan akan lebih kecil apabila dibandingkan dengan pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam artian perusahaan mengalami kerugian.

Setelah melakukan pertimbangan nilai waktu uang akan tetapi nilai perhitungannya masih menghasilkan angka nol maka hal ini berarti bahwa investasi mau pun pembelian tersebut hanya memberikan balik modal saja. Tidak mendapatkan keuntungan mau pun tidak mengalami kerugian.

Selain itu apabila semakin besar angka positifnya maka akan semakin besar juga angka penerimaan yang didapatkan oleh perusahaan. Maka dari itu perhitungan Net Present Value ini sendiri tidak hanya bermanfaat untuk memberikan evaluasi mengenai layak atau tidaknya bagi sebuah perusahaan melakukan investasi. Akan tetapi perhitungan ini juga dipergunakan untuk melakukan perbandingan pada investasi mana yang terlihat lebih baik dan investasi mana yang tidak terlalu menguntungkan. Jika perusahaan diberikan dua pilihan dalam investasi.

Kamu pun harus mengetahui jika perhitungan pada Net Present Value ini adalah alat yang sangat berguna bagi perusahaan dalam melakukan keputusan dalam melakukan investasi. Akan tetapi meski begitu perhitungan ini tidak bisa dianggap sangat akurat karena pastinya terdapat beberapa kelemahan.

 

Nah, demikian pembahasan mengenai rumus Net Present Value yang wajib untuk kalian pelajari karena sangat berguna dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :

Rumus Menghitung IMT – Anak, Normal, Dewasa, dan Contoh Penghitungan Masing-Masing

Limit Trigonometri – Penjelasan, Soal Soal Limit Trigonometri

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Rumus Net Present Value Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Rumus Perbandingan

fajri asahi
2 min read

Soal Komposisi Fungsi

fajri asahi
2 min read

Contoh Soal Logaritma

fajri asahi
1 min read