Rumus Present Value

3 min read

Rumus Present Value

Pernahkan kamu mendengar istilah present value? Apa itu present value dan bagaimana penjelasannya? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai Rumus Present Value beserta dengan cara untuk menghitungnya dan tentu saja contoh soal yang akan membuat kamu lebih mengerti mengenai materi pembelajaran yang satu ini.

Namun sebelum itu pastinya kamu juga harus mengetahui penjelasan mengenai present value sebelumnya untuk lebih memahami mengenai materi yang satu ini sebelum membahas tentang rumus present value.

Nah, mau tahu kan penjelasan lengkap mengenai apa itu present value dan apa hubungannya dengan kegiatan kita sehari – hari. Karena tanpa kita sadar, materi ini ada di dalam kehidupan kita dan terjadi di sekeliling kita setiap hari dari waktu ke waktu. Untuk itu ada baiknya jika kamu simak pembahasan materi kali ini hingga selesai dari awal hingga akhir. Sebab di akhir pembelajaran kamu akan mendapatkan contoh soal dan penjelasan lengkapnya bagaimana cara menyelesaikan persoalan yang diberikan dengan mudah dan lengkap.

Akan tetapi mari kita simak penjelasan mengenai present value di bawah ini. Apa itu present value?

Memang tidak bisa dipungkiri, seiring dengan berkembangnya zaman dan berjalannya waktu. Membuat uang menjadi salah satu benda berharga yang dimiliki oleh manusia. Meski pun begitu uang mempunyai nilai yang berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini menyebabkan nilai uang yang semakin menyusut seiring dengan berjalannya waktu. Penyusutan ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor penentu. Misalnya dikarenakan krisis moneter yang terjadi. Atau pun dikarenakan adanya inflasi.

Secara tidak sadar hal ini sudah kita rasakan di dalam kehidupan sehari hari. Pada saat harga semua kebutuhan menjadi melonjak semakin naik. Dan melambung semakin tinggi sehingga membuat harga beberapa barang dan kebutuhan pokok menjadi sangat mahal. Hal ini lah yang menyebabkan nilai uang menjadi semakin menurun dari waktu ke waktu.

Sederhananya bisa kita lihat jika di tahun 1990 an dulu, uang dengan nilai Rp. 1.000 saja sudah memiliki nilai yang tinggi.      Sehingga membuat uang ini dapat digunakan untuk membeli segala hal dan kebutuhan. Karena zaman itu uang 1.000 hampir sama nilainya dengan uang Rp. 10.000 di zaman sekarang.

Contoh lain misalnya, ketika dulu saat masih kecil uang saku sekolah kamu saat bersekolah dasar biasanya hanya Rp. 1.000 dan bisa digunakan untuk membeli nasi atau bakso dan es. Namun ketika kamu sudah berada di sekolah menengah atas dan adik mu yang baru sekolah dasar, akan diberikan uang saku Rp. 10.000, uang saku ini juga bisa digunakan untuk membeli nasi atau bakso dan es seperti yang kamu beli dulu saat masih berada di sekolah dasar.

Kira – kira begitulah penjelasan sederhana mengenai inflasi yang terus menerus kita rasakan meski secara sadar atau tanpa sadar selama ini.

Rumus Present Value

Untuk itu seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa kami akan memberikan penjelasan mengenai Rumus Excel PV Present Value. Tentunya rumus ini hanya bisa digunakan pada sistem office. Rumus ini adalah rumus yang digunakan untuk mengukur nilai uang masa kini atau uang yang kita gunakan pada saat ini dan nilai uang yang akan datang.

Pengertian Present Value

Apabila dilihat dari pengertiannya sendiri, present value ini adalah nilai mata uang yang akan datang. Namun jika dilihat dari pengertiannya secara lengkap, present value adalah besaran dari jumlah uang yang baru dan akan kamu terima di masa yang mendatang.

Untuk rumusnya sendiri, rumus dari Excel PV atau Present Value ini sendiri ada;ah salah satu rumus finansial. Dan rumus ini biasa digunakan untuk mengembalikan nilai investasi. Nilai investasi ini sendiri adalah nilai yang ada pada saat ini atau pada masa ini dan akan dibandingkan dengan masa yang akan datang. Perbandingan ini akan dilakukan dengan berdasarkan pada tingkat suku bunga dan periode dengan investasi tetapnya.

Agar kamu lebih jelas dalam memahami penjelasan mengenai materi satu ini, kami juga sudah menyediakan contohnya yang ada di bawah ini :

Contoh :

Jika Ega menabung uang setiap butlan secara rutin sebanyak 2 juta rupiah. Dan dia melakukan hal ini selama 5 tahun ke depan. Dengan suku bunga sebesar 5%.

Maka apabila dihitung total tabungan normal yang dimiliki oleh Ega adalah :

= 2 juta x 5 tahun ( 60 bulan )

= 2  x 60

= 120

Maka jika Ega menabung setiap bulan selama 5 tahun dia akan mendapatkan uang sebanyak 120 juta.

Dari sini coba hitung ada berapa nilai uang tersebut dengan menggunakan perhitungan Present Value ( PV ).

Jawaban :

Syntax Penulisan adalah :

= PV ( rate ; n per ; pmt ; fv ; type ) *tanpa spasi

Maka jadinya akan seperti ini :

= PV ( 5% / 12 ; 5 * 12 ; 2000000 ) *tanpa spasi

Maka akan mendapatkan hasil sebesar Rp. 105 juta.

Hasil ini adalah nilai dari jumlah uang yang ada pada 5 tahun mendatang.

Keterangannya :

Ratesuku bunga
nperjangka waktu ( di dalam tahun )
pmtinvestasi setoran per periode ( bulan )
fvfuture value ( nilai yang akan datang ) optional
typeada dua pilihan 0 akhir, 1 awal periode ( optional )

 

Contoh di dalam tabel :

Untuk lebih jelasnya kamu juga bisa melihat contoh yang ada pada tabel yang ada di bawah ini :

Jika pada cell B10 kamu bisa mengetikkan rumus seperti berikut ini :

PV ( B5 / 12 ; B6 * 12 ;B7 ) *tanpa spasi

Maka dari sini kita bisa memberikan kesimpulan mengenai nilai uang yang sekarang mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai uang yang ada pada masa mendatang nanti atau pada masa beberapa tahun ke depan. Seperti yang dialami oleh Ega.

Karena nilai uang akan terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Hal ini bisa kamu lihat dari jumlah tabungan yang Ega kumpulkan akan mengalami penurunan nilainya pada 5 tahun ke depan.

 

Nah, dari contoh yang dialami oleh Ega di atas pastinya sekarang kamu sudah memahami materi yang satu ini dengan baik kan. Intinya adalah nilai uang akan terus mengalami penurunan setiap tahun atau dari waktu ke waktu.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Rumus Present Value beserta dengan penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, rumusnya hingga contoh soal yang akan membuat kamu lebih memahami tentang yang satu ini.

Semoga materi mengenai Rumus Present Value ini bisa bermanfaat bagi kamu semua dan sampai jumpa pada pembahasan terbaru di website kami.

Artikel Lainnya :

Limit Trigonometri – Penjelasan, Soal Soal Limit Trigonometri

Rumus Menghitung IMT – Anak, Normal, Dewasa, dan Contoh Penghitungan Masing-Masing

Rumus Luas Permukaan Tabung

Rumus Present Value Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca
SELAMAT DATANG
Hai Sobat Rumusguru.Com. Untuk Masukan, Saran, Kerja Sama dan Pertanyaan Silahkan Hubungi Kami Melalui Email Ini Ya Sobat admin@rumusguru.com