Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Rumus Slovin – Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Kelemahannya

2 min read

Rumus Slovin

Secara umum dapat diartikan bahwa Rumus Slovin merupakan suatu sistem matematis yang digunakan dalam menghitung jumlah populasi objek tertentu yang belum diketahui karakteristiknya secara spesifik. Sedangkan untuk pembahasan secara detailnya dapat dilanjutkan pada pembahasan berikut ini

 

Pengertian Rumus Slovin

Rumus Slovin merupakan suatu sistem matematis yang digunakan dalam menghitung jumlah populasi objek tertentu yang belum diketahui karakteristiknya secara spesifik.

Rumus ini pertama kali dikenalkan oleh seorang Ilmuwan dalam bidang Matematis yang bernama Slovin, pada tahun 1960.

Rumus Slovin ini serinkali digunakan dalam sebuah penelitian pada suatu objek tertentu dalam jumlah populasi yang besar, maka digunakanlah untuk meneliti sebuah sampel dari populasi objek yang besar tersebut.

rumus solvin
rumus solvin

Rumus Slovin & Cara Menghitungnya

Setelah kalian mengetahui penjelasan dari Rumus Slovin diatas, berikutnya dalam menghitung jumlah populasi suatu objek tertentu, kita pasti memerlukan rumus dalam menghitung sampel dari jumlah objek yang akan kita jadikan sebuah penelitian tersebut, adapun rumus slovin ini sebagai berikut :

Rumus Slovin

Dalam penggunaan Rumus Slovin tersebut, hal yang pertama kali perlu kalian lakukan adalah menetapkan taraf keyakinan / Confidence Level (…%) terhadap hasil kebenaran, atau taraf signifikan toleransi kesalahan (0,…) yang akan terjadi.

Penjelasan :

Taraf keyakinan/Confidence Level 95% akan kebenaran hasil (maksudnya yaitu yakin bahwa penelitian yang kalian lakukan 95% benar) dan Taraf Signifikansi 0,05 (memastikan hanya 5% saja kesalahan yang akan terjadi).

 

Rumus Slovin Menurut Sugiyono

Menurut Sugiyono (2014:116) definisi sampel yaitu sebagai berikut:

“Sampel merupakan bagian dari jumlah dan ciri khas yang dimiliki oleh populasi tersebut.”

Pengukuran sampel ialah suatu langkah dalam menentukan besarnya sampel yang diambil dalam melaksanakan sebuah penelitian.

Selain itu juga harus diperhatikan bahwa sampel yang dipilih menunjukkan karakteristik populasi sehingga akan terlihat dalam sampel yang kita pilih, dengan kata lain, sampel harus bisa menggambarkan keadaan populasi yang sebenarnya.

Nah, untuk menghitung penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu, maka digunakan rumus Slovin, yakni sebagai berikut:

Keterangan :

n= Jumlah sampel
N=Jumlah populasi
e2= Taraf nyata atau batas kesalahan

Untuk menentukan jumlah sampel yang hendak dipilih, penulis harus menggunakan tingkat kesalahan sebesar 5%, karena dalam setiap melakukan penelitian tidak mungkin hasilnya sempurna 100%, makin besar tingkat kesalahannya maka semakin sedikit ukuran sampel tersebut.

Biasanya populasi yang dijadikan sample untuk penghitungan berkisar diangka 30 orang, dapat diperjelas dengan cara penghitungan berikut ini :

Jika kita lihat dari rumus diatas ditemukan kesimpulan dari perhitungan bahwa dengan sample 30 orang ditemukan kesalahan sebanyak 5% dan 28 responden.

 

Contoh Soal Rumus Slovin

Contoh Soal

Contoh Pertama :

Seorang Bos melakukan sebuah penelitian terhadap Karyawan-karyawannya yang berjumlah 1.000 orang, dan Taraf Signifikansi nya sebesar 0,05 pada suatu perusahaan. Maka hitunglah, berapa besarnya sampel berdasarkan Rumus Slovin berikut ini.

Jawaban :

n = N (1 + N e2)

1.000 = (1+1.000 x 0,05 x 0,05)

= 286 Karyawan

Contoh Kedua :

Seorang Supervisor yang diberi tugas oleh sebuah Perusahaan Cendana Wijaya, oleh Manajemennya, yang mana tugasnya yaitu melakukan penelitian mengenai Pengaruh pembentukan tunjangan transportasi terhadap kinerja Karyawan pada Perusahaan Cendana Wijaya tersebut.

Jumlah seluruh Karyawan pada Perusahaan Cendana Wijaya tersebut sebanyak 1.000 orang.

Oleh sebab itu Supervisor tersebut guna menghemat waktu dan biaya memilih melakukan penelitiannya dengan menggunakan sebuah Sampel dengan Rumus Slovin, dengan batas Toleransi Kesalahannya sebesar 10%. Sebagai berikut.

Jawaban :

n = N (1 + N e2)

n = 1000 / (1+1000.(10%.2)
n = 1000 / (1+1000.(0,1.2)
n = 1000 / (1 +1000.(0,01)
n = 1000 / (1+10)
n = 1000 / 11
n = 90,9 ⇒ Di genapkan jadi 91 Karyawan.

Contoh soal berupa format Doc juga dapat di download disini

Kelemahan Rumus Slovin

kelemahan rumus slovin
kelemahan rumus slovin

Kelemahan Rumus Slovin ini yaitu dalam melakukan penelitian terhadap jumlah populasi dari objek tertentu, yang harus ada persyaratan jumlah populasi dari objek tersebut diketahui jumlahnya (Populasi Terhingga).

Jika jumlah populasi dari objek tertentu tersebut jumlahnya tidak diketahui (Populasi Tidak Terhingga), maka Rumus Slovin ini tidak dapat digunakan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Rumus Slovin. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Rumus Slovin – Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Kelemahannya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca