Siklus Hidup Semut

4 min read

Siklus Hidup Semut

Rumusguru.com – Siklus Hidup Semut adalah tahapan dari hidup semut yang dimulai dari telur hingga menjadi semut dewasa dengan tugas berbeda. Hal ini dapat Anda pelajari dalam Artikel Kami kali ini. Mulai dari siklus, kasta semut dan cara membasminya apabila dirumah Anda terdapat banyak semut yang mengganggu.

Bagaimanakah Siklus Hidup Semut? Silahkan Anda baca penjelasannya secara lengkap berikut ini:

 

Semut Dan Siklus Hidupnya

Semut merupakan salah satu jenis serangga yang tergolong dalam Ordo Hymenoptera. Hama ini dapat dikatakakn sejenis dengan serangga lainnya yang pasti Anda kenal seperti Lebah atau Tawon. Masuk dalam klasifikasi Filum Arthropoda dengan ciri Eksoskeleton (Rangka Ekternal Keras) untuk perlindungan tubuh tanpa tulang Internal.

 

 

Hama semut memiliki koloni dengan ribuan bahkan jutaan jumlahnya dengan ciri dan jenis berbeda beda. Untuk itu semut ini dapat dikatakan seranggga sosial hierarki kompleks pada koloninya tersebut. Menariknya dalam koloni semut ini setiap anggotanya mempunyai pekerjaan dan tanggung jawab berbeda beda untuk memelihara koloni.

 

Tahapan Siklus Semut

Tahapan Siklus Semut atau dengan kata lain Daur Hidup Semut, ternyata juga mengalami Metamorfosis yang sempurna seperti serangga lainnya seperti Kutu dan Lalat. Dalam hal ini semut mengalami 4 Tahapan dalam siklusnya dimulai dari Telur >> Larva >> Pupa >> Dewasa. Apa saja definisi dari tahapan tersebut? Lihat penjabarannya dibawah ini:

  1. Telur

Semut, memulai siklus hidupnya dari tahapn pertama yaitu telur. Dengan ukuran kecil 0,5 mm dan memiliki warna putih transparan, lonjong, lengket, dan mengkilap. Untuk bertelur ratu Semut mampu menghasilkan telur dengan jumlah banyak antara 100.000 sampai 300.000 hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Kemudian Ratu Semut memiliki tugas untuk bertelur sesuai kastanya. Biasanya tempat yang dipilih oleh ratu Semut tersebut merupakan tempat yang aman guna membanguun Sarang untuk menempatkan telur telurnya. Sementara untuk waktu penetasan dari telur tersebut, semut membutuhkan waktu 7 sampai 14 hari sesuai dengan jenis spesies, dan suhu disekitaranya.

  1. Larva

Saat kemunculannya Larva Semut memiliki warna putih kekuning kuningan dan mirip seperti belatung. Larva juga mengalami pergantian kulit beberapa kali sesuai dengan pertumbuhan yang terjadi. Untuk makanannya Larva mengkonsumsi bahan makanan padat dengan bentuk cair yang tersedia dari semut pekerja. Masa pertumbuhannya pun terbilang cepat dengan waktu 6 sampai 12 hari saja untuk menjadi Pupa.

  1. Pupa

Pupa merupakan tahapan ketiga dalam siklus semut. Setelah melewati tahapan ini maka Semut akan menjadi Dewasa. Seperti halnya pada tahapan Larva, pupa ikut menggantungkan hidup pada Semut Pekerja untuk mendapatkan makanan. Warna dari pupa ini putih mirip dengan semut Dewasa dan mempunyai Kaki serta Antena menekuk pada bagian tubuh dan dibalut kepompong putih kecoklatan. Masa kemunculan Pupa antara 9 sampai 30 hari.

  1. Dewasa

Pada tahap Dewasa ini, semut mempunyai warna lebih terang dan tubuh transparan saat mereka muncul. Tetapi warna pada tubuh semut dewasa akan semakin gelap sesuai dengan pertumbuhannya.

 

Kasta Semut

Dalam koloninya, semut memiliki Kasta 3 macam dengan tanggung jawab serta peran yang berbeda beda. Kasta tersebut adalah Ratu Semut, Semut Pekerja Betina, dan Semut Jantan. Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab dari Kasta Semut? Baca keterangannya berikut:

  1. Ratu Semut

Ratu Smeut disebut juga dengan Induk Semua Semut dalam koloninya. Waktu hidupnya sampai beberapa Dekade dan merupakan Anggota yang terpenting pada koloni tersebut. ratu semut memiliki tugas untuk bertelur dan reproduksi bagi koloninya.

Dengan ukuran yang lebih besar, tentu saja membedakannya dengan anggota yang lainnya dalam koloni. Umunya ukuran dari Ratu Semut ini adalah 15 cm dengan sayap yang terdapat pada bagian tubuhnya mirip dengan semut Jantan.

  1. Semut Pekerja Betina

Dalam koloni semut terdapat kasta Pekerja Betina yang semuanya adalah pekerja dengan berbagai tugas dan tanggung jawab berbeda semasa hidupnya. Dalam sarangnya kasta ini mempunyai tugas seperti Merawat Pupa dan Larva, Merawat Ratu Semut, Mencari Makan, Membangun Sarang, dan Melindungi anggota Lainnya. Meskipun jenis kasta ini adalah betina, tetapi mereka tidak bertelur dan reproduksi seperti ratu Semut.

  1. Semut Jantan

Semut Jantan sering juga disebut dengan Semut Drone yang merupakan anggota paling kecil pada koloninya. Mereka memiliki tanggung jawab untuk melakukan perkawinan terhadap ratu semut untuk dapat menghasilkan telur yang banyak.

 

Lama Hidup Semut

Untuk waktu hidup dari semut pada siklusnya, hanya dalam waktu 6 hingga 10 minggu saja. Waktu tersebut digunakan untuk penyelesaian siklus hidupnya yang bergantung pada beberapa faktor berpengaruh misalnya jenis spesies serta kondisi tempat tinggal mereka.

 

Lama Usia Semut

Untuk menentukan berapa lama usia dari semut, ada berbagai faktor yang ikut menentukannya. Faktor tersebut adalah:

  1. Lingkungan yang mesti memiliki suhu antara 24 (drajat celcius) serta kelembapan yang cukup tinggi.
  2. Adanya Predator yang terdapat disekitaranya seperti Cicak, Laba Laba, dan laiin lain
  3. Spesies dari semut yang mempunyai waktu hidup berbeda beda. Ada yang hidup dari 30 sampai 60 hari saja, ada juga yang hidup dari 45 hari sampai 90 hari, dan lain lain.
  4. Kasta Semut juga dapat menjadi penentu Lama Usia Semut. Seperti kasta pekerja yang mampu hidup 1 sampai 3 tahun, Ratu Semut yang mampu bertahan beberapa dekade. Lain halnya dengan semut jantan yang hanya hidup beberapa hari dan mati setelah mereka kawin terhadap ratu Semut.

 

Cara Mencegah Atau Membasmi Semut

Untuk mencegah atau bahkan membasmi koloni semut, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Semut umumnyadatang apabila dirumah Anda terdapat sesuatu yang menarik perhatian mereka seperti bahan makanan yang manis dan lain sebagainya. Bagaimana cara mengatasi Semut tersebut? Simak referensinya berikut ini:

Menggunakan Tempat Yang Diisi Air

Tempat atau wadah yang diisi dengan Air juga diketahui dapat mengusir semut dengan mudah. Setelah diisi Air maka tempatkan bahan makanan dengan wadah lain diatasnya, sehingga semut tidak akan bisa menggapai makanan tersebut.

Menggunakan Cengkeh

Aroma dari cengkeh juga dapat difungsikan untuk mengusir semut. Dengan cara menempatkan beberapa biji cengkeh ditempat yang ada semutnya, maka dengan sendirinya smeut akan pergi.

Menggunakan Buah Lemon

Buah lemon dapat digunakan untuk mengusir semut yang berkerubun. Cukup dengan memeras sari dari buah lemon tersebut atau mengiris kulit lemon dan meletakkannya ditempat yang ada semutnya.

Menggunakan Tepung

Tepung juga dapat digunakan untuk mengusir semut. Caranya adalah dengan menyebar bubuk tepung disekitar semut dengan bentuk garis untuk menghalanginya. Dengan begitu semut yang akan melalui tepung tersebut akan mundur dari tempat tersebut.

Menggunakan Garam

Garam dengan rasa asinnya diketahui dapat mengusir semut dengan cepat. Anda cukup menaburkan garam ditempat disekitaran tempat semut berada, maka semut akan pergi denga sendirinya.

Menggunakan Cuka

Dengan menggunakan Cuka, Anda dapat membuat semut pergi. Caranya campurkan saja Cuka dalam Air dengan jumlah yang sama, kemudian masukkan dalam wadah penyemprot lalu semprotkan kearah semut yang berkerumun.

Menggunakan Bahan Kimia

Bahan Kimia juga merupakan cara yang ampuh untuk membasmi semut dengan cepat. Anda cukup melarutkan Bahan Kimia pembasmi semut dengan Air dan menyemprotkannya pada kumpulan semut. Namun Anda harus berhati hati jika menggunakannya dalam rumah. Karena dengan kandungan tertentu Bahan Kimia Pembasmi semut akan berakibat keracunan jiak terkena makanan. Anda juga perlu memperhatikan cara pakai yang terdapat pada kemasannya.

 

Akhir Kata

Demikian pembahasan kali ini tentang Siklus Hidup Semut. Jangan lupa untuk mengikuti Artikel menarik lainnya dari web https://rumusguru.com/. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Siklus Hidup Semut Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Fungsi Jantung

Ami Alhasani
7 min read

Pengertian Kata Rujukan

Ami Alhasani
3 min read