Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Sistem Pernapasan pada Hewan

3 min read

Sistem Pernapasan pada Hewan

Sistem pernapasan pada hewan terbilang cukup rumit dan sangat kompleks untuk dipelajari. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena hewan terdiri dari banyak jenis dan spesies. Setiap spesies hewan akan memiliki sistem pernapasan yang berbeda beda dan disesuaikan dengan bentuk hewan itu sendiri. Serta di mana hewan itu tinggal.

Misalnya saja pada burung dan ikan, karena mereka hidup di tempat yang sangat bertolak belakang maka sistem pernapasan mereka pun berbeda. Organ pernapasan mereka juga sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Begitu juga dengan burung dan laba laba yang hidup di darat, organ pernapasannya dan bagaimana mereka bernapas juga sangat berbeda.

Pengertian Bernapas

Bernapas adalah salah satu cara makhluk hidup untuk bertahan. Baik manusia, hewan dan tumbuhan semuanya membutuhkan oksigen yang digunakan untuk membantul sel sel di dalam tubuh bekerja sesuai dengan fungsinya masing masing. Meski cara bernapas antara manusia dengan hewan dan tumbuhan memiliki perbedaan yang sangat besar.

Jika manusia bernapas dengan organ pernapasan utamanya adalah paru paru, maka berbeda dengan hewan yang bernapas dengan organ pernapasan lain, selain paru paru. Misalnya kulit pada cacing dan insang pada ikan.

Sedangkan tumbuhan bernapas dengan menggunakan daun nya dan disebut dengan fotosintesis. Pada siang hari tanaman akan mengeluarkan oksigen dan karbondioksida akan dikeluarkan pada malam hari.

 

Namun pada kesempatan kali ini kami hanya akan fokus memberikan penjelasan mengenai sistem pernapasan pada hewan. Bagaimana kah, hewan bernapas? Memang penjelasan mengenai pernapasan pada hewan ini sendiri sedikit rumit. Untuk itu simak saja ulasan mengenai sistem pernapasan pada hewan di bawah ini dengan cermat dan baik baik ya.

Sistem Pernapasan pada Hewan

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, bahwa sistem pernapasan pada hewan cukup rumit dan beragam. Sehingga cukup rumit dalam mempelajari materi yang satu ini. Untuk itu kami akan menjelaskan beberapa sistem pernapasan pada hewan beserta dengan gambar dan organ pernapasan apa saja yang dimilikinya. Hal ini akan mempermudah kamu untuk mengerti mengenai materi yang satu ini.

Meski pun hewan yang akan kami bahas akan terbatas, namun kami akan memberikan contoh hewan dengan sistem pernapasan paling unik dan paling rumit untuk dipelajari. Langsung saja, simak di bawah ini penjelasan lengkapnya mengenai sistem pernapasan hewan.

1.) Burung

Burung adalah salah satu hewan dengan sistem pernapasan yang unik, karena sistem pernapasannya dibuat khusus untuk burung agar dapat bisa bernapas pada saat terbang atau pun tidak. Burung sendiri memiliki organ pernapasan pada lubang hidung yang terletak di pangkal paruhnya.

Lalu ada juga rongga hidung yang ada di bagian dalam, traekea, faring, paru paru, bronkus hingga terdapat pula kantung udara berjumlah 12 yang disebut dengan pneumatikus. 12 kantong udara ini memiliki bentuk sepasang, sehingga jika ditotal jumlahnya ada 24 yang tersebar dari pangkal leher, rongga dada, berada di antara tulang korakoid, terletak di bawah sayap dan berada di rongga perut.

Burung juga memiliki kantong lain yang membantunya untuk mengatur berat jenis pada saat terbang. Membantu burung untuk memperkuat suaranya serta mengatur panas pada tubuh si burung tersebut.

Organ pernapasan utama burung juga adalah paru paru, yang mana pada organ ini terdapat saluran kecil yang satu sama lain terhubung dengan kapiler daerah. Bagian ini disebut juga dengan parabronkis. Fungsinya sendiri sebagai tempat pertukaran oksigen, jika pada manusia organ ini disebut dengan alveolus.

2.) Ikan

Tak hanya burung saja yang memiliki sistem pernapasan yang uni, ikan juga memiliki sistem pernapasan yang tak kalah unik. Apalagi jika bukan karena ikan yang ditemukan dan hidup di dalam air. Untuk bernapas ikan menggunakan organ yang disebut dengan insang. Agar bisa bertahan di dalam air, ikan juga memiliki jantung dengan sistem sirkulasi yang tertutup.

Insang sendiri terdiri dari filament yang tersusun dari lamella yang penuh dengan kapiler pembuluh darah. Oksigen yang larut di lingkungan tersebut dapat masuk dengan cara difusi dalam kapiler pembuluh darah. Sedangkan untuk proses pemgambilan dan pengeluaran udara dilakukan dengan dua sistem yang disebut dengan inspirasi dan ekspirasi.

Pada saat bernapas volume rongga mulut akan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan tekanan darah di lingkungannya. Hal ini akan membuat oksigen dapat mengalir dari lingkungan pada rongga mulut. Kemudian air pun akan tertahan oleh keberadaan selaput yang membatasi rongga mulut serta insang. Pada saat selaput itu terbuka maka aliran air pun akan melewati lamella ingsan. Pada bagian ini lah akan terjadi sebuah proses pertukaran antara oksigen dan karbondioksida.

3.) Cacing Gelang

Cacing yang hidup di dalam tanah juga memiliki sistem pernapasan yang unik. Karena pada cacing gelang ini difusi oksigen akan dilakukan oleh kulitnya yang berbentuk tipis dan basah dengan lendir.

Oksigen akan bergerak melalui cairan untuk mengisi rongga internal cacing pada saat mereka bergerak, maka cairan pun akan bergerak menuju sepanjang rongga. Cairan ini pun akan membawa oksigen menuju jaringan. Dan juga menuju ke organ pencernaan, organ reproduksi serta organ penting lain pada cacing.

Sistem pernapasan ini disebut dengan sistem sirkulasi terbuka. Dikarenakan cairan tidak hanya ada pada satu pembuluh saja. Maka pembuangan karbondioksida atau pertukaran udara juga dilakukan melalui kulitnya.

4.) Katak

Katak juga memiliki paru paru dengan kanting udara yang elastis dan tipis. Di permukaan dinding paru paru nya ada lipatan yang digunakan untuk menambah luas permukaan organ ini. Di balon udara ini sendiri juga ditemukan kapiler kapiler darah.

Inspirasi dan ekspirasi yang dilakukan oleh katak dengan memanfaatkan otot otot yang ada di rahang bawah dan otot perutnya. Katak juga tak hanya menggunakan paru paru untuk bernapas tapi juga memanfaatkan kulitnya.

Karena katak sendiri memiliki kulit yang sangat tipis dan juga berlendir. Dengan banyak kapiler di dalamnya maka kulit mampu membantu katak untuk bernapas pada saat di dalam air.

5.) Kerang

Kerang memiliki sistem sirkulasi kombinasi dengan organ jantungnya. Yang berguna untuk memompa cairan menuju ke rongga bagian dalam. Kerang sendiri juga menggunakan insang untuk bernapas. Organ ini berupa filament dengan dinding yang sangat tipis dan bentuk memanjang dari permukaan tubuhnya. Insang pada kerang akan membuat pertukaran udara menjadi lebih mudah.

6.) Laba – Laba

Laba laba juga salah satu hewan yang bernapas dengan paru paru. Organ  ini memiliki kantong udara kecil dengan jumlah jutaan. Oleh sebab itu paru paru pada laba laba disebut dengan istilah paru paru buku.

Karena laba laba termasuk hewan vertebrata maka jantung akan bekerja sama dengan paru paru dalam mekanisme sistem sirkulasi tertutup. Untuk mengantarkan oksigen dan membuat karbondioksida.

 

Nah, itulah beberapa contoh sistem pernapasan pada hewan beserta dengan gambarnya agar membuat kamu lebih mengerti dan memahami materi pembelajaran yang satu ini.

Artikel Lainnya :

Sistem Pernapasan pada Manusia

Gangguan Sistem Pencernaan

Proses Pencernaan pada Manusia

 

 

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Sistem Pernapasan pada Hewan Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca