Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Sistem Pernapasan pada Manusia

3 min read

Sistem Pernapasan pada Manusia

Manusia dibantu oleh beberapa organ yang ada pada tubuh pada saat bernapas. Dan organ ini masuk ke dalam sistem pernapasan pada manusia. Meski bernapas adalah kegiatan yang biasa kita lakukan bahkan tanpa sadar. Dan terjadi dalam hitungan detik saja sejak kita menghirup udara lalu mengeluarkan karbondioksida.

Namun siapa sangka jika proses yang dialami oleh udara untuk menuju ke paru paru dan dikeluarkan dalam bentuk karbondioksida membutuhkan perjalanan yang panjang serta rumit. Apalagi proses ini membutuhkan bantuan banyak organ di tubuh kita loh.

Bernapas Adalah

Bernapas sendiri adalah sebuah kegiatan yang rutin dilakukan oleh manusia. Bahkan tanpa sadar sekalipun. Karena kegiatan ini akan kita lakukan sejak kita pertama kali hidup hingga akhirnya meninggal dengan mengembuskan napas terakhir.

Ya bernapas adalah kebutuhan paling penting bagi tubuh kita. Jika kita tidak bernapas maka kita akan kehilangan nyawa. Manusia tidak bisa menahan napasnya lebih dari lima menit. Meski ada beberapa orang yang telah berlatih untuk dapat menahan napas dalam waktu yang lama.

Namun tetap saja manusia butuh bernapas. Karena oksigen sangat dibutuhkan untuk menjalankan peran penting di dalam sistem tubuh kita. Oleh sebab itu kita tidak pernah berhenti bernapas, bahkan ketika kita tidur kita akan terus bernapas. Satu satunya hal yang membuat kita berhenti bernapas adalah hilangnya nyawa, atau kita sudah dianggap meninggal.

Jadi sepenting itu kah bernapas? Ya, memang sangat penting. Jika kamu tidak percaya, cobalah tidak bernapas selama beberapa menit saja. Pasti tidak bisa kan.

Proses pernapasan membutuhkan bantuan banyak organ di dalam tubuh dan prosesnya pun cukup rumit. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya. Mulai dari organ organ apa saja yang termasuk dalam organ pernapasa. Dan bagaimana proses pernapasan terjadi mulai dari udara masuk hingga keluar sebagai karbondioksida.

Organ Pada Sistem Pernapasan Manusia

Jika berbicara mengenai organ yang termasuk dalam sistem pernapasan manusia, maka jawaban pertama kita adalah paru paru. Hal ini memang tidak salah, meskipun kurang lengkap. Sebab harus kamu tahu, sebelum akhirnya paru paru menerima udara yang kita hirup. Maka udara ini akan melewati perjalanan yang cukup panjang. Dan perjalanan ini pun melibatkan organ organ yang ada pada sistem pernapasan yang lain.

Sebut saja seperti hidung, atau mulut, pangkal tenggorokan, lalu ada trakea hingga bagian alveolus.

Organ pada sistem pernapasan manusia sendiri dibagi ke dalam dua bagian. Yakni sistem pernapasan bagian atas dan sistem pernapasan bagian bawah.

Pembagian ini sendiri dilakukan untuk menjelaskan tugas dan fungsi masing masing pada sistem pernapasan manusia. Berikut adalah penjelasannya :

1.) Organ Pernapasan pada Sistem Pernapasan Atas

Pada bagian ini kita bisa menemukan 4 organ pernapasan, di antaranya adalah :

1.) Lubang Hidung

Lubang hidung adalah tempat kita menghirup udara, artinya udara masuk melalui organ ini dan yang pertama kali menerima udara. Di dalam organ ini kita bisa menemukan lapisan kulit lengket. Lapisan ini disebut dengan lapisan lendir. Dan disebut dengan istilah membran mukosa.

Fungsinya adalah untuk menyaring udara yang masuk dengan rambut rambut halus yang biasa disebut dengan silia. Rambut ini bisa kamu temukan ada pada lapisan ini. Rambut rambut halus ini akan membuat kotoran atau debu yang ada di udara dan masuk melalui hidung menempel pada permukaannya. Sehingga kotoran tersebut tidak ikut masuk ke dalam tubuh bersama udara.

Kotoran yang tersangkut oleh silia nantinya akan dibuang dengan cara bersin, atau mengering dan menjadi kotoran hidung.

2.) Sinus

Di tengkorang kita terdapat lubang lubang kecil yang dinamakan dengan sinus. Lubang ini posisinya tersambung dengan lubang hidung. Tuga sinus ini adalah mengatur suhu serta kelembapan udara yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung.

Tugas lain dari sinus adalah untuk meringankan berat tulang kepala dengan lubang lubang kecilnya. Sinus ini juga memberikan pengaruh pada suara yang kamu keluarkan loh.

3.) Faring

Faring atau biasa dikenal dengan tenggorokan, organ ini berfungsi menangkap udara yang kita hirup dengan hidung. Untuk kemudian di antarkan hingga menuju ke trakea. Tenggorokan ini sendiri berbeda ya, dengan kerongkongan.

4.) Laring

Laring juga disebut dengan kotak suara, yang mana saat udara keluar masuk lewat jalur pernapasan akan timbul sebuah suara. Suara inilah yang dihasilkan oleh laring. Sehingga disebut dengan kotak suara. Karena laring juga bertugas menproduksi suara kita dengan pita suara di dalamnya.

2) Organ Pernapasan pada Sistem Pernapasan Bawah

Sementara itu sistem pernapasan bawah terdiri dari organ seperti di bawah ini :

1.) Trakea

Jalur napas atau biasa disebut dengan trakea tugasnya adalah menjadi penghubung organ pernapasan bagian atas dengan paru – paru yang notebene berada di sistem pernapasan bawah.

Namun organ ini masuk ke dalam sistem pernapasan bawah karena letaknya yang ada di bawah organ laring. Bentunya menyerupai tulang rawan dan memiliki sifat yang fleksibel. Sehingga bisa bergerak secara leluasa pada saat kita bernapas.

2.) ParuParu

Paru paru adalah organ utama pada sistem pernapasan. Bentuknya sepasang dan kenyal. Paru paru berisikan udara yang disimpan pada kedua sisi dada. Organ ini dilindungi tulang rongga dada sebab organ ini sangat penting dan menjadi organ pernapasan utama.

Selain itu organ ini menjadi organ paling besar yang ada di dalam tubuh kita.

3.) Bronkus

Bronkus adalah cabang dari trakea. Trakea sendiri bentuknya seperti huruf Y terbalik dengan dua cabang. Cabang ini lah yang disebut dengan bronkus. Bronkus ini pun juga bercabang dan disebut dengan bronkiolus. Tugasnya adalah untuk mengalirkan udara langsung menuju paru paru. Dan menyuplai udara untuk paru paru.

4.) Diafragma

Organ ini berada di bawah paru paru dan merupakan otot pernapasan yang akan berkontraksi ketika kita mengirup oksigen. Organ ini pun akan kembali menjadi rileks ketika kita kembali mengembuskannya.

 

Perjalanan Udara Saat Proses Pernapasan Berlangsung

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas jika udara yang kita hirup akan melalui proses panjang. Sebelum akhirnya masuk ke paru paru. Pada saat kita menghirup udara melalui hidung atau dalam beberapa kondisi lewat mulut. Oksigen ini pun akan menuju ke sinus.

Dan kemudian akan berlanjut ke trakea untuk diteruskan ke bronkus. Dari bronkus ini udara akan mengalir ke paru paru. Melalui bronkiolus udara bersih akan bertukar tempat dengan udara kotor melalui kantong kantong udara yang disebut dengan nama alveolus.

Udara kotor ini sendiri adalah karbondioksida yang menjadi produk sisa dari sistem pernapasan kita. Setelah dari alveolus maka karbondioksda ini pun akan keluar dari tubuh melalui jalan yang sama dan dihembuskan oleh paru paru.

Sedangkan udara bersih yang kita hirup akan dibawa dengan bantuan pembuluh darah. Untuk menuju ke jantung dan akan dipompa ke seluruh tubuh kita.

 

Meskipun proses mengambil napas dan mengembuskan karbondioksida terjadi cukup cepat namun prosesnya ternyata cukup rumit juga ya. Karena melibatkan banyak organ yang ada pada sistem pernapasan pada manusia.

Artikel Lainnya :

Gangguan Sistem Pencernaan

Proses Pencernaan pada Manusia

Makan Adalah

 

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Sistem Pernapasan pada Manusia Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca