Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Soal Dan Jawaban PKN

2 min read

Soal Dan Jawaban PKN

Soal Dan Jawaban PKN – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Soal Dan Jawaban PKN, yuk lihat penjelasannya dibawah ini:

Soal Dan Jawaban PKN


Soal Dan Jawaban PKN


Contoh Soal Pretes PKN

1. Mengapa Pendidikan Pancasila sangat penting bagi siswa?

2. Jelaskan menurut Anda bagaimana relevansi Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan kewarganegaraan di era ini!

3. Suatu bangsa dikenal dengan Identitas Nasional atau karakteristik yang dimilikinya. Coba sebutkan ciri-ciri bangsa Indonesia dan apa yang akan anda lakukan untuk membela mereka?

4. Apa pendapat Anda tentang Identitas Nasional sebagai karakter bangsa! Berikan contoh!

5. Jelaskan menurut Anda mengapa sejarah budaya nasional dikatakan sebagai akar identitas nasional!

6. Apa yang Anda pahami tentang demokrasi dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini!

7. Berbagai krisis yang dapat mematikan demokrasi, antara lain krisis politik yang membuat masyarakat tidak percaya pada demokrasi, krisis alat kekuasaan negara, krisis cara berpikir dan meninjau, krisis moral dan lain-lain. Menurut Anda, bagaimana cara mencegah krisis yang bisa mematikan demokrasi di negeri ini?


Jawaban:

1. Menurut saya Pancasila sangat penting bagi siswa karena Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang mengandung ajaran, gagasan, dan sebagai acuan berperilaku bagi masyarakat.

Di era sekarang ini banyak unsur SARA, tentunya hal ini dapat mengancam ideologi sila Pancasila ke-3 yaitu persatuan Indonesia.

Untuk itu pendidikan Pancasila sangatlah berarti buat peserta didik sebagai agen perubahan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

2. Saat ini, penerapan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih perlu dievaluasi. Dalam contoh saat ini saja, Indonesia baru pertama kali menggelar pemilu serentak.

Banyak sekali hoax yang mengandung unsur pemecah belah bagi bangsa. Padahal sesuai dengan prinsip Pancasila, persatuan bangsa Indonesia harus terus kita jaga.

Meski beda pendapat, beda agama, beda pilihan, kita tetap orang Indonesia. Ajaran pancasila harus dipraktekkan dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi.

Dan implementasi paling awal datang dari keluarga. Bila di keluarga mampu mengikthiarkan Pancasila, Oleh karena itu dalam berbangsa serta bernegara juga dapat mengamalkan Pancasila.

Cara pelaksanaannya bisa dengan mengajak anak-anak untuk bersama-sama membersihkan rumah, meminta musyawarah untuk menentukan motor apa yang akan dibeli, bangun pagi untuk mengikuti upacara di sekolah, dll.

3. Menurut saya, ciri khas bangsa Indonesia adalah gotong royong. Di negara lain tidak ada yang namanya gotong royong, mereka hidup sendiri-sendiri, oleh karena itu sifat ini harus kita jaga.

Saat ini, dengan banyaknya orang yang menggunakan gadget, rasa gotong royong ini semakin memudar.

Misalnya, pengabdian masyarakat membersihkan kompleks, dulu setiap orang bekerja sama secara sukarela membersihkan kompleks tanpa dibayar.

Tapi, sekarang orang malas melakukan itu jika tidak dibayar, mereka lebih memilih menghabiskan waktu bermain gadget daripada harus memanaskan diri membersihkan kompleks.

Kita harus mempertahankannya dengan sering mengobrol dengan tetangga, dengan mengobrol, cemoohan akan semakin kental, dan rasa gotong royong akan meningkat, terbukti dengan perasaan tidak enak tidak ikut serta dalam pengabdian masyarakat.

4. Jati diri bangsa adalah ciri khas yang dimiliki oleh suatu bangsa yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

Identitas adalah karakter setiap bangsa, jika suatu bangsa memiliki sifat yang baik berarti bangsa tersebut juga memiliki karakter yang baik.

Contoh

Pancasila

Merupakan karakter jati diri bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain. Didalam Pancasila akan mempelajari toleransi, persatuan, kesatuan, dll.

Gotong royong

Inilah budaya bangsa Indonesia yang bangsa lain tidak mempunyainya, yang harus kita lestarikan.

5. Menurut saya, sejarah bangsa yang dikatakan sebagai akar jati diri bangsa sudah benar. Karena sejarah adalah cerita yang membuat kita ada di Indonesia. Jika tidak ada sejarah maka kita tidak tahu siapa nenek moyang kita.

Dulu, Indonesia merupakan kerajaan dengan agama mayoritas Hindu-Budha. Kemudian setelah Walisongo datang untuk menyebarkan Islam, budaya ini tidak dihapuskan karena sudah melekat di masyarakat.

Namun Walisongo memadukan budaya Hindu-Budha dengan ajaran Islam, sehingga Islam dapat diterima di Indonesia.

Akar-akar itu adalah fondasi bangsa Indonesia, jika fondasinya tidak kuat maka bangsa akan runtuh.

Pancasila merupakan bagian dari sejarah bangsa, artinya Pancasila merupakan landasan utama bagi tegaknya bangsa Indonesia hingga saat ini.

6. Menurut saya demokrasi adalah ekspresi aspirasi rakyat, dan setiap penguasa wajib mendengarkan pikiran rakyat buat menggapai impian negara.

Sebab demokrasi adalah pemerintahan rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Di tahun pemilu kali ini, saya rasa kesadaran berdemokrasi di Indonesia sudah meningkat hingga lebih dari 80%.

Setiap warga negara memiliki hak untuk mengutarakan pendapatnya sendiri, pilihan yang berbeda seharusnya menjadi normal.

Namun saat ini banyak sekali masyarakat yang bermusuhan karena pilihan yang berbeda.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun kesadaran dalam berdemokrasi telah meningkat, namun pemahaman tentang demokrasi itu sendiri masih perlu ditingkatkan.

Peningkatan pemahaman tentang demokrasi ini dapat dilakukan melalui pendidikan Pancasila.

7. Menurut saya, cara mencegah terjadinya krisis adalah dengan melakukan dan mengamalkan pendidikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan Pancasila wajib diawali oleh keluarga, kemudian masyarakat, serta sekolah. Bersama pendidikan Pancasila maka akan meminimalisir terjadinya krisis.

Krisis ini terjadi karena diri kita sendiri, kita harus bisa menerima pemahaman tentang pentingnya demokrasi dan menyadari perbedaan. Sehingga hal-hal yang menyebabkan terjadinya krisis dapat dihindari.

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Soal Dan Jawaban PKN, semoga bisa bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Soal Dan Jawaban PKN Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca