Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !

11 Sumber Daya Tambang dan Manfaatnya

3 min read

Sumber Daya Tambang

Indonesia memiliki wilayah lautan yang sangat luas. Laut yang luas dan hasil laut yang cukup merupakan keistimewaan yang dimiliki negara kita, Indonesia. Selain itu, produk pertambangan Indonesia juga bagus di dunia. Lebih lengkapnya langsung saja simak pembahasan kami mengenai Materi Makalah Sumber Daya Tambang dan Manfaatnya Lengkap di bawah ini.

Sumber Daya Tambang dan Manfaatnya

Indonesia memiliki wilayah lautan yang sangat luas. Laut yang luas dan hasil laut yang cukup merupakan keistimewaan yang dimiliki negara kita, Indonesia. Selain itu, produk pertambangan Indonesia juga bagus di dunia.

Sumber daya pertambangan Indonesia tidak perlu diragukan karena beberapa produk pertambangan Indonesia diekspor ke luar negeri.

Ini tentunya dapat meningkatkan nilai ekonomi Indonesia. Sumber daya penambangan di Indonesia yang masih ada sampai sekarang termasuk diantaranya:

1. Minyak Bumi dan Gas Alam

Sumber daya tambang pertama adalah minyak dan gas alam. Minyak adalah contoh sumber daya alam yang keberadaannya semakin sulit ditemukan dan tak tergantikan. Ini karena proses produksi minyak membutuhkan waktu lama.

Minyak dan gas, yang merupakan sumber utama dalam industri, transportasi dan rumah tangga, semakin menipis dan karenanya perlu dilestarikan.

Di Indonesia, minyak yang diekstraksi dalam kondisi baik, dengan potensi minyak Indonesia sekitar 4,3 miliar barel. Wilayah Indonesia yang digunakan sebagai tambang minyak meliputi Lhoksumawe, Muara Enim, Majalengka, Cilacap, Amuntai dan Sorong.

2. Batu Bara

Menambang batubara umumnya digunakan sebagai bahan bakar utama di pembangkit listrik tenaga uap, di industri dan di peleburan bijih logam.

Proses pembentukan batubara memakan waktu selama proses produksi minyak bumi.

Di Indonesia sendiri, hasil penambangan batu bara mencapai 246 juta ton, dengan suku cadang hanya 0,5%. Area penambangan batubara meliputi Tanjung Enim, Sungai Berau dan Sumatra Barat.

Baca Juga : Definisi Perlapisan Batuan

3. Timah

Zinnerz adalah hasil pelapukan batu granit. Biasanya, timah digunakan untuk membuat kaleng, pelapis besi dan pipa.

Namun, bijih timah, yang selanjutnya diproses menjadi logam timah, biasanya digunakan sebagai pembungkus untuk permen, rokok, cokelat, dll., Karena logam timah tipis seperti kertas timah.

Di Indonesia, kaleng, dengan pangsa suku cadang sebesar 8,1% dari total cadangan kaleng, berada di peringkat ke-4 di seluruh dunia.

Daerah Indonesia memproduksi timah termasuk Pulau Bangka, Daratan Riau, Pulau Karimun dan Manggara (Belitung).

4. Emas

Emas di Indonesia menyumbang 2,3% dari total cadangan emas dunia. Sementara produksi emas di Indonesia sendiri menempati posisi keenam di dunia dengan 6,7%.

Emas ini biasanya digunakan untuk perhiasan dan aksesoris lainnya. Daerah penghasil emas di Indonesia meliputi Meuleboh (Aceh), Bengkalis (Sumatra), Logas (Riau) dan Cikotok (Jawa Barat).

5. Tembaga

Tembaga adalah produk pertambangan yang digunakan di sektor listrik karena tembaga memiliki konduktivitas listrik yang baik.

Tetapi tembaga juga dapat digunakan untuk membuat kuningan, pipa air, industri konstruksi, dll. Suku cadang tembaga di Indonesia menyumbang 4,1% dari total suku cadang tembaga dunia dan merupakan produsen pertambangan terbesar sebesar 10,4%.

Penambangan tembaga terkonsentrasi di Papua, tetapi ada juga daerah di mana tambang tembaga ditambang, misalnya di Cikotok (Jawa Barat) dan Tirtamaya (Jawa Tengah).

6. Mangan

Mangan adalah tambang logam hitam yang biasa digunakan dalam pembuatan baterai batu, paduan besar dalam produksi baja, keramik, dll. Daerah pertambangan mangan di Indonesia meliputi Tasikmalaya, Kiripan dan Martapura.

7. Nikel

Nikel adalah logam yang agak putih, bahannya cukup keras dan tidak cepat berkarat. Nikel ini dapat dicampur dengan besi untuk kualitas yang lebih baik, atau dengan logam lain seperti tembaga untuk membuat kuningan atau perunggu.

Selain itu, nikel digunakan sebagai bahan utama untuk produksi koin. Persentase hasil nikel di Indonesia adalah 8,6% dan hasil suku cadang adalah 2,9%.

Daerah-daerah penghasil nikel di Indonesia meliputi Bengkalis di Sumatra, Cikotok di Jawa Barat, Meuleboh di Aceh, Rejang Lebong di Bengkulu dan Logas di Riau.

8. Intan

Berlian adalah hasil dari struktur batuan yang paling sulit. Dalam penambangan, berlian biasanya digunakan untuk latihan. Namun seiring waktu, berlian digunakan sebagai permata karena kecantikannya.

Untuk mendapatkan berlian, berlian yang ditambang terlebih dahulu digosok. Daerah di mana berlian terbesar di Indonesia dibuat adalah Mertapura di Kalimantan.

9. Batu Gamping

Batu kapur, sering disebut sebagai batu kapur, adalah sumber daya tambang yang biasa digunakan dalam industri konstruksi. Batu kapur biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam produksi semen, tetapi juga dapat digunakan sebagai pupuk untuk tanah batu kapur rendah.

Penyerapan batu kapur itu sendiri terjadi dengan menggali bukit kapur yang ada.

Wilayah kuari batu kapur di Indonesia meliputi Jawa, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali Selatan, dan Irian Jaya Selatan.

10. Batu Pualam

Marmer atau marmer adalah batu gamping yang dibuat karena suhu tinggi dan tekanan tinggi. Biasanya marmer ini digunakan dalam bahan untuk produksi keramik dan dinding bangunan.

Namun ada beberapa daerah yang membuat marmer ini sebagai hasil ukiran. Wilayah Indonesia tempat pembuatan marmer terletak di Trenggalek, Tulungagung dan Banjarnegara.

11. Bauksit

Bauksit adalah salah satu biji aluminium. Manfaat bauksit termasuk pembuatan lambung, peralatan dapur, kapal, dll. Bauksit diperoleh dari lumpur basah dan kemudian dibersihkan sampai lumpur tidak lagi menempel.

Bauksit juga merupakan mineral yang diekspor ke negara lain seperti Jepang. Tambang bauksit di Indonesia termasuk Kepulauan Bintang dan Koyang.

Apa itu sumber daya tambang?

Sumber Daya Tambang merupakan Sumber Daya Alam (SDA) yang berasal dari perut bumi dan bersifat tidak bisa diperbaharui. Sumber Daya Tambang juga didapat dari proses pertambangan di darat maupun di lepas pantai.

Sebutkan jenis jenis barang tambang?

1. Batu bara
2. Fosfat
3. Emas
4. Perak
5. Aspal, dll.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Sumber Daya Tambang dan Manfaatnya Lengkap. Baca juga Faktor Perbedaan Perkembangan Negara Kaya dan Miskin. Semoga bermanfaat.

Ilham Zulfikar Bangkit, mulailah melangkah untuk mencapai cita-citamu yang indah dan jangan lupa senangkanlah dirimu !
11 Sumber Daya Tambang dan Manfaatnya Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca