Tehnik Dasar Membuat Gambar 3 Dimensi

3 min read

Rumusguru.com – Tehnik Dasar Membuat Gambar 3 Dimensi merupakan metode menggambar menggunakan teknik Presfektif, Proyeksi Piktoral dan Proyeksi Ortogonal.

Bagaimanakah Tehnik Dasar Membuat Gambar 3 Dimensi yang baik dan benar? Silahkan Anda simak artikel ini sampai selesai.

Cara Menggambar 3D

Berikut ini adalah tehnik dasar membuat gambar 3 Dimensi dengan bentuk seekor ular naga, silahkan Anda simak selengkapnya:

  1. Langkah pertama siapkan terlebih dahulu alat alat untuk menggambar seperti pensil, penggaris, penghapus, dan buku gambar yang Anda miliki.
  2. Kemudian mulainlah membuat sektsa gambar ular naga dengan gaya bebas menyesuaikan dengan keinginan Anda.
  3. Lalu silahkan Anda pertebal garis pada sketsa gambar yang telah Anda buat.
  4. Kemudian jangan lupa untuk menambahkan sisik dalam gambar ular naga tersebut.
  5. Setelah itu Anda dapat menambahkan efek bayangan pada gambar Anda dengan tujuan agar telihat lebih hidup dan menarik.
  6. Apabila telah selesai Anda dapat memotong sebagian latar belakang gambar tersebut dengan silet atau cutter sampai yang tersisa hanya gambar yang dibuat tadi saja.
  7. Terakhir Anda dapat menikmati gambar Anda dengan 3 Dimensi.

Review Menggambar 3 Dimensi

Menggambar adalah cara mengekspresikan ide Anda dalam bahasa seni rupa. Seperti, seorang desainer ingin membuat sebuah guci, sebenarnya dia telah membuat desain grafis sebelum dia membuat toples yang sebenarnya. Agar bisa menghasilkan gambar yang bagus, kita perlu mengetahui seni lukis khususnya dalam desain.

Menggambar bentuk adalah metode menggambar berdasarkan objek dan mengutamakan yang sama. Semakin mirip tampilannya, semakin sempurna gambar yang dibuat. Tema desain grafis dapat berupa benda mati, tumbuhan, hewan, manusia, dan lingkungan.

Seperti yang telah kami jelaskan diparagraph atas tadi bahwa tehnik menggambar 3 Dimensi adalah Presfektif, Proyeksi Piktoral dan Proyeksi Ortogonal, lalu apa maksudnya? Lihat penjelasannya berikut ini:

Proyeksi Piktoral = Adalah tampilan dari gambar yang mendekati objek aslinya, lalu dibuat gambar 3 Dimensi menggunakan pandangan tunggal. Ini sering disebut dengan gambar ilustrasi meskipun tidak semua gambar tersebut masuk dalam proyeksi piktoral.

Proyeksi Ortogonal = Adalah tampilan gambar menggunakan bidang proyeksi tegak lurus pada proyektornya. Proyektor adalah garis yang membentuk objek di tempat yang terlihat. Beberapa pandangan pada Proyeksi Ortogonal seperti tampilan depan, tampilan atas, tampilan samping, dan tampilan gambar. Secara umum, ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni  proyeksi Eropa dan Amerika.

Apa Itu 3 Dimensi

Pengertian 3 dimensi menurut KBBI adalah bentuk benda yang mempunyai panjang, luas, lebar, serta tinggi. Ini biasanya dipakai dalam seni, komputer, animasi, juga matematika. Setiap bentuk 3 dimensi memiliki kapasitas sendiri.

Sementara menurut Buku Filsafat Kuno pengertian 3 Dimensi adalah salah satu sistem pengukuran gerak bebas. Benda dapat disebut berada di Dimensi 0 jika benda itu tidak bergerak kemanapun.

Berbagai Bentuk Gambar 3 Dimensi

  1. Bentuk Benda Kubus adalah benda yang bentuknya menyerupai kubus. Misalnya: kotak pensil, lemari, kaleng, lemari es, meja, kursi, dan lain lain.
  2. Bentuk Benda Silindris adalah benda yang bentuknya menyerupai silinder. Misalnya: botol, piring, teko, gelas, piring, dan lain lain.
  3. Bentuk Benda Bebas adalah item yang bentuknya tidak beraturan. Misal: pohon, bebatuan, buah-buahan, dan benda alam yang lain.

1. Ciri Ciri Gambar 3 Dimensi

  1. Memiliki ukuran panjang, lebar, tinggi dan luas.
  2. Tidak terdapat pada ruang.
  3. Dapat dilihat dari 1 arah.
  4. Gambar berupa bidang datar.
  5. Mempunyai dimensi yang luas.

2. Beberapa Jenis Dimensi

  1. Dimensi Satu : merupakan dimensi memiliki satu unsur saja yakni panjang. Benda dimensi satu bisa bergerak bebas. Contoh dimensi satu ialah garis.
  2. Dimensi Dua : adalah dimensi memiliki dua unsur yaitu panjang dan lebar. Benda dimensi dua dapat bergerak bebas keatas, bawah, kiri, dan kanan. Juga disebut bangun datar. Cirinya adalah memiliki luas serta keliling. Contoh dimensi dua yaitu persegi panjang, segitiga, persegi, dll.
  3. Dimensi Tiga : merupakan dimensi tiga unsur yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Benda dimensi tiga dapat bergerak bebas ke atas, bawah, kiri, kanan, belakang, dan depan. Benda dimensi tiga disebut bangun ruang, ciri utama dimensi tiga adalah dapat diisi benda atau memiliki volume. Contoh dimensi tiga yaitu kerucut, rumah, mobil, manusia, dll.
  4. Dimensi Empat : menurut pendapat ahli bahwa dimensi terkait dengan waktu. Dimensi empat diartikan dimensi tiga yang dilengkapi dimensi waktu.

3. Penemu Seni 3 Dimensi

Pada tahun 1860, diketahui bahwa seorang seniman pahat yang berasal dari Negara Prancis yaitu Francois Willem menggunakan metode ini dengan membuat objek 3 dimensi berupa sebuah patung bebentuk manusia.

Peralatan Untuk Menggambar 3 Dimensi

1. Kertas gambar

Kertas adalah media yang baik untuk digambar. Kertas yang bagus adalah tidak mudah sobek, karena membuat gambar merupakan proses penggoresan dan penghapusan. Untuk menggambar dengan pensil agar mendapatkan hasil terbaik, Anda perlu menggunakan kertas yang cukup tebal dan bentuknya padat (non-slip) agar garis-garis yang terlihat artistik.

2. Pensil

Pensil adalah alat yang sangat penting untuk menggambar objek. Anda dapat memilih pensil untuk menggambar, seperti H, HB, dan B. Pensil H mengandung partikel padat sehingga goresan tidak terlalu terang. Ragam pensil H adalah HH atau 2H, yang lebih padat partikelnya daripada di H.

Sementara pensil HB mengandung unsur yang tidak terlalu keras atau lunak (medium), sehingga guratannya lebih ringan dibandingkan dengan pena H. Saat ini, Pensil B adalah pensil dengan elemen lembut dan hitam.

3. Krayon/ Pensil Warna

Merupakan salah satu alat yang paling mudah digunakan sebelum menggunakan bahan lain seperti waterproofing, cat air, atau spidol. Krayon memiliki sumbu berwarna dan tanah liat yang dilapisi dengan kayu. Pensil warna ini tersedia dalam berbagai warna, seperti oranye, krem, kuning, biru muda, ungu, ungu, hijau muda, hijau tua, biru muda,  merah, atau hitam.

4. Penghapus

Alat untuk membuat gambar yang tidak kalah perlu adalah penghapus. Penghapus membantu untuk mengevaluaai gambar, beberapa bagian gambar yang tidak lagi diperlukan dapat dihapus. Untuk hasil terbaik, gunakan penghapus bagus yang lembut, tidak abrasif, dan bersih.

5. Peruncing Pensil

Anda akan memanfaatkan pensil tajam sebagai kunci untuk mencapai hasil bayangan dan gambar. Alhasil, salah satu alat yang berkontribusi pada ketajaman pensil adalah mengasah atau meraut pensil. Peruncing berguna untuk memperuncing ujung dari pensil. Saat menggambar, Anda harus menggunakan keruncingan pensil yang tepat sesuai dengan ukuran pensil yang Anda gunakan.

6. Alas Kertas

Penting untuk meletakkan kertas di tempat yang tepat untuk membuat gambar. Penggunaan alas dapat dengan banyak media yang dapat digunakan tergantung situasi dan kenyamanan seorang pelukis.

Anda dapat memanfaatkan beebagai alas dari bahan rumah tangga, seperti triplek, kaca, atau bahan lain yang rata dan halus. Selain tripleks atau kaca, Anda juga bisa menggunakan meja gambar sebagai alas pada kertas.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai Tehnik Dasar Membuat Gambar 3 Dimensi yang telah kami bagikan untuk Anda. Cukup Anda perhatikan langkah langkah dalam menggambar 3 Dimensi yang dimaksudkan kemudian bisa Anda praktikkan dengann mudah.

Jangan lupa untuk terus mengikuti Update Artikel kami setiap hari hanya di https://rumusguru.com/ dengan berbagai pembahasan seputar Ilmu Pengetahuan dan Biodata para Tokoh terkenal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Tehnik Dasar Membuat Gambar 3 Dimensi Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Mimpi Baju Hanyut

Faranggi
2 min read

Contoh Akulturasi

Ami Alhasani
4 min read

Mimpi Menjemur Pakaian

Faranggi
3 min read