Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Tenaga Endogen

2 min read

Tenaga Endogen

Apa dampak positif dan negatif tenaga endogen bagi kehidupan? Apa itu tenaga endogen? Tenaga endogen merupakan energi yang berasal dari interior bumi dan berasal dari aliran konveksi magma. Lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Tenaga Endogen, Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen Lengkap di bawah ini.

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen

Tenaga endogen merupakan energi yang berasal dari interior bumi dan berasal dari aliran konveksi magma. Arus konveksi menyebabkan kerak bumi mengalami dinamika karena berbagai fenomena seperti vulkanisme dan tektonisme.

Gaya endogen telah membangun struktur permukaan bumi selama jutaan tahun. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif yang disebabkan oleh tenaga endogen bagi kehidupan.

Baca Juga : Sinistral dan Dekstral

Dampak Positif

Coba perhatikan bahwa sebagian besar lokasi pertanian di Indonesia kebanyakan berada di daerah Sumatra, Bali, Jawa, dan sebagian Nusa Tenggara dan Maluku.

Ini terkait dengan aktivitas vulkanik/gunung berapi di wilayah tersebut. Gunung berapi disebabkan oleh aktivitas vulkanik, yang dimulai dari kekuatan endogen.

Dampak positif utama dari vulkanisme adalah bahwa ia menghasilkan daerah subur karena akumulasi abu vulkanik yang kaya akan bahan pupuk tanah.

Daerah di sekitar lereng gunung berapi subur dan kaya akan produk pertanian seperti lereng Merapi, Arjuna, Tangkubanperahu, Ciremai dan lainnya. Gaya endogen tidak hanya menghasilkan tanah subur, karena selain itu gaya endogen juga berkontribusi terhadap hal berikut:

  • Daerah tangkapan air hujan

Daerah tangkapan air hujan adalah daerah di mana banyak hujan turun dan dapat disimpan di musim kemarau dan dibuang dalam bentuk air tanah ke daerah yang lebih dalam.

Daerah ini biasanya terletak di daerah pegunungan atau dataran tinggi dengan vegetasi tanaman besar.

Tanah subur di daerah ini adalah hasil dari letusan gunung berapi, yang dapat menjadi media untuk budidaya tanaman keras ini.

  • Sumber bahan galian ekonomis.

Gunung berapi mengangkut bahan tambang yang berharga seperti pasir, batu, berlian dan emas dari bumi. Cobalah melihat Merapi atau Galunggung di Tasikmalaya, banyak penambang pasir dan batu.

Pasir Merapi dan Galunggung terkenal di Indonesia untuk bahan bangunan. Selain itu, degradasi belerang tersebar luas di Ijen Banyuwangi.

  • Sumber energi listrik

Air yang menembus tanah dan bersentuhan dengan batu panas menghasilkan uap panas. Ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.

Uap Pana yang ditampung menghasilkan gaya tekan besar yang dapat menggerakkan turbin yang menghasilkan listrik. Contoh penggunaan steam super panas di Dieng, Jawa Tengah.

Habitat untuk flora dan fauna. Keberadaan flora dan fauna di dunia sangat terkait dengan pengaruh kekuatan endogen. Pergerakan lempeng menyebar hewan dan tumbuhan di beberapa benua.

Perubahan struktur kerak bumi juga menyebabkan habitat flora dan fauna berubah untuk menyoroti keunikan di beberapa tempat.

  • Sarana wisata dan pendidikan

Hasil dari kekuatan endogen seperti gunung berapi dapat menjadi sarana pariwisata dan laboratorium alam.

Hasil penunjukan, seperti Karangsambung Kebumen atau Gunung Karst Gunung Kidul, adalah tempat yang tepat untuk kegiatan pariwisata dan penelitian di bidang geologi dan kehidupan.

Baca Juga : Perbedaan Rotasi dan Revolusi Bumi

Dampak negatif

  1. Sebuah letusan gunung berapi bisa berbahaya jika tidak dimitigasi dengan baik. Awan panas dan aliran lava dapat merusak dan menghancurkan habitat di sekitarnya. Awan panas dapat mencapai kecepatan ratusan kilometer per jam dan mengancam jiwa.
  2. Gempa bumi akibat gerakan lempeng dapat menghancurkan bangunan di permukaan bumi. Selain itu, gempa tektonik dapat memicu tsunami yang berbahaya. Tsunami terakhir terjadi di Palu dan menghancurkan kota dan mengubur sebuah desa karena likuidasi.
  3. Gaya endogen dapat menyebabkan gerakan tanah di lereng karena kondisi curam. Lipatan gunung karena kekuatan endogen di beberapa tempat sangat rentan terhadap erosi dan gerakan tanah. Hujan deras dapat menyebabkan tanah longsor dan mengancam jiwa.
Apa itu tenaga endogen?

Tenaga endogen merupakan energi yang berasal dari interior bumi dan berasal dari aliran konveksi magma. Arus konveksi menyebabkan kerak bumi mengalami dinamika karena berbagai fenomena seperti vulkanisme dan tektonisme.

Apa itu tenaga eksogen?

Tenaga eksogen merupakan suatu tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi yang mana sifatnya adalah merombak dan merusak struktur yang sudah dibangun oleh tenaga endogen.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Makalah Tenaga Endogen Lengkap. Baca juga Teori Kekuasaan Negara John Locke dan Montesquieu. Semoga bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Tenaga Endogen Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca