Tokoh Sumpah Pemuda

2 min read

Sumpah pemuda menjadi salah satu moment paling bersejarah di negeri ini. Berkat rumusan Sumpah Pemuda, masyarakat Indonesia telah menyepakati bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan menyatukan seluruh rakyat terutama pemuda di negeri ini. Sumpah pemuda sendiri diprakarsai oleh tokoh – tokoh pemuda yang menjadi tombak munculnya ikrar yang kita kenal sebagai Sumpah Pemuda.

Tak hanya harus mengetahui ikrar Sumpah Pemuda kita juga harus tahu tokoh Sumpah Pemuda yang menjadi pelopor hadirnya Sumpah Pemuda yang kini kita kenal.

Nah, berikut ini adalah beberapa tokoh penting yang menjadi saksi bahkan menjadi ujung tombak lahirnya Sumpah Pemuda.

Tokoh Sumpah Pemuda

1. Soenario

Tokoh pertama yang sangat berpengaruh pada peristiwa Sumpah Pemuda adalah Soenario. Beliau merupakan seorang pengacara. Tak hanya itu saja, keatifannya dalam membela kemerdekaan Indonesia membuatnya maju sebagai penasihat perumusan Sumpah Pemuda. Sekaligus menjadi pembicara pada saat itu.

Lahir di Madiun, Jawa Timur pada 1902 dengan nama Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo

2. J.Leimena

Lahir di Ambon, Maluku pada tahun 1905 dengan nama asli Johannes Leimena. Beliau adalah mahasiswa dan sekaligus aktivis yang hadir dalam Kongres Pemuda II untuk mewakili Jong Ambon. Karena beliau adalah ketua dari organisasi tersebut.

3. Soegondo Djojopoespito

Lahir pada tahun 1905, beliau tinggal di kediaman Ki Hajar Dewantara dan tidak banyak yang mengetahui bahwa jika Kongres Pemuda II dipimpin oleh Soegondo. Kongres kedua yang digelar ini lah yang menghasilkan Sumpah Pemuda yang hingga kini kita kenal.

4. Djoko Marsaid

Jika Soegondo adalah ketua Kongres Pemuda II maka yang menjadi wakilnya adalah Djoko Marsain. Selain bertindak sebagai wakil ketua, beliau juga mewakili organisasi pemuda asal Jawa yang bernama Jong Java. Nama Djoko Marsaid sendiri dianggap sangat penting dalam terbentuknya Sumpah Pemuda.

5. M. Yamin

M. Yamin lebih dikenal sebagai penyair yang memiliki gaya modern, lahir di Minangkabau pada 1903 M. Yamin juga turut hadir dalam perumusan Sumpah Pemuda. Selain itu, sebagai seorang penyair, M. Yamin lah yang berperan aktif untuk mendesak pemerintah agar menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional.

6. Amir Syarifuddin

Hadir sebagai wakil dari Jong Batak Bond di Kongres Pemuda II. Beliau turut serta dalah memberikan ide ide yang akhirnya membuat Sumpah Pemuda berhasil dirumuskan. Selain itu beliau juga merupakan aktivis pergerakan anti – Jepang yang sempat diancam hukuman mati oleh pemerintahan Jepang kala itu.

7. W. R Supratman

Nama W. R Supratman pastinya tidak asing bagi kita, karena beliau merupakan pencipta lagu Indonesia Raya yang menjadi lagu kebangsaan Indonesia. Mulanya lagu ini dimainkan secara instrumental dengan menggunakan biola tanpa lirik pada malam acara penutupan Sumpah Pemuda. W. R Supratman sendiri adalah seorang pengarang sekaligus wartawan.

8. S. Mangoensarkoro

S. Mangoensarkoro hadir daam Kongres Pemuda I dan Kongres Pemuda II. Sebagai Tokoh Pendidikan yang lahir di tahun 1904 beliau sangat aktif dalam perjuangan untuk membuat Pemuda memperoleh pendidikan yang layak di negeri ini, maka dari itu setiap hadir dalam Kongres Pemuda, beliau sering menyinggung masalah pendidikan. Pada tahun 1949 hingga 1950 S. Mangoensarkono diangkat sebagai Menteri Pendidikan.

9. Kartosoewirjo

Kartosoewirjo adalah pemimpin dari DI / TII serta orang pertama yang mendeklarasikan Negara Islam Indonesia. Beliau lulus dari HIS ( Holland Inlandsche School ). Beliau juga merupakan salah satu tokoh penting dalam lahirnya Sumpah Pemuda.

10. Kasman Singodimedjo

Bagi anggota Pramuka saat masih di sekolah harusnya mengenal nama Kasman Singodimedjo. Karena selain beliau turut serta dalam lahirnya Sumpah Pemuda, beliau juga merupakan perintis Pramuka di Indonesia. Beliau juga dikenal sebagai orator ulung yang juga sempat menjabat sebagai Jaksa Agung pada periode 1945 hingga 1946.

11. Mohammad Roem

Namanya lebih dikenal dengan Moh. Roem yang pernah mendapatkan perlakuan diskriminatif dari Belanda saat masih di sekolah. Pengalaman buruk ini membuat beliau maju dan menjadi salah satu tokoh paling giat untuk mewujudkan ikrar Sumpah Pemuda.

12. A. K Gani

Terlahir dengan nama lengkap Adnan Kapau Gani, beliau adalah aktivis yang mewakiliki Jong Sumatera Bond dalam Kongres Pemuda.

13. Sie Kong Lioang

Sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam Kongres Sumpah Pemuda karena rumah yang dijadikan lokasi untuk merumuskan Sumpah Pemuda adalah rumah Sie Kong Lioang ini. Maka jangan heran jika Sumpah Pemuda selalu dikaitkan dengan namanya. Bahkan rumahnya dulu, kini telah dijadikan sebagai museum yang dapat digunakan untuk mengenang peristiwa paling bersejarah bagi seluruh pemuda di Indonesia tersebut.

Sebagai pemuda generasi masa kini, patutnya kita tahu sejarah mengenai Sumpah Pemuda yang menjadi salah satu sejarah paling penting di Indonesia khususnya bagi pemuda. Berkat Sumpah Pemuda, pemuda masa kini dapat mengenyam pendidikan dengan bebas tanpa memandang asal usul, selain itu dari Sumpah Pemuda lah Bahasa Indonesia akhirnya resmi ditetapkan sebagai bahasa nasional.

Jadi sudah sewajarnya jika kita juga tahu dan mengenang siapa saja tokoh Sumpah Pemuda yang begitu berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan masyarakat Indonesia khususnya pemuda Indonesia.

Artikel Lainnya :

Tokoh Sumpah Pemuda Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca

Candi Plaosan

Guru Anggi
2 min read

Gerakan 3 A

Guru Anggi
2 min read

Perjanjian Renville

Guru Anggi
2 min read