Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 11

2 min read

Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 11

Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 11 – Pada kesempatan ini rumusguru.com akan memberikan penjelasan tentang Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 11, yuk lihat penjelasannya dibawah ini:

Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 11


Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 11


Pertanyaan

1. Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kedaerahan maupun dari aspek kehidupan sosial!

2. Mengapa posisi silang Indonesia tidak hanya berpotensi disyukuri, tetapi juga menjadi tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi bangsa?

3. Jelaskan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia saat ini?

4. Mengapa ideologi Pancasila tidak bisa dikatakan aman dari berbagai ancaman dalam penerapan nilai-nilainya di masyarakat!

5. Dalam kehidupan Anda, Anda pasti pernah menghadapi masalah yang membutuhkan kewaspadaan agar Anda dan orang lain bisa selaras.

Cobalah memperhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Apa yang akan kamu lakukan jika ada perkelahian? Juga ungkapkan perasaan Anda sebagai warga negara saat menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau desa Anda


Jawaban:

1. Posisi silang Indonesia dalam aspek teritorial berada pada posisi yang sangat strategis, yaitu di antara 2 benua yaitu Benua Australia dan Benua Asia, dan posisi silang Indonesia juga di antara 2 samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

dengan posisi Indonesia di tengah dunia dan juga melalui ekuator. Oleh karena itu, posisi silang Indonesia sangat strategis.

Posisi silang Indonesia dalam aspek kehidupan sosial, Indonesia berada diantara 2 hal yang berbeda yaitu Mengenai kepadatan penduduk.

Indonesia berada di antara wilayah berpenduduk jarang di belahan bumi selatan dan wilayah padat penduduk di belahan bumi utara. (jawabannya ada di halaman 146)

2. Karena posisi silang Indonesia berada diantara 2 hal yang berbeda baik dalam aspek wilayah maupun aspek kehidupan sosial dan karena 2 hal yang berbeda tersebut.

Maka Indonesia akan mudah terpecah karena dalam bidang kebudayaan masyarakat Indonesia ada yang yang mengikuti budaya timur yang bercirikan menutup alat kelamin.

Namun ada juga masyarakat Indonesia yang mengikuti budaya barat dengan pakaian yang menonjolkan bentuk tubuhnya.

Oleh karena itu, apabila terjadi perselisihan antara 2 cara berpakaian tersebut maka keberagaman Indonesia akan terancam.

Karena adanya perbedaan pendapat dalam masyarakat Indonesia tersebut dapat menimbulkan emosi yang tidak terkendali, mudah timbul perasaan kedaerahan yang sempit.

terkadang bisa menjadi ledakan yang mengancam integrasi nasional atau persatuan dan kesatuan nasional

3. Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia saat ini adalah pemberontakan bersenjata dan aksi teror.

Bentuk pemberontakan bersenjata pada dasarnya merupakan ancaman yang muncul dan dilakukan oleh pihak-pihak tertentu di tanah air.

Pemberontakan bersenjata sering kali didukung oleh kekuatan asing, baik secara terbuka maupun pribadi.

Pemberontakan bersenjata terhadap pemerintah Indonesia yang sah merupakan salah satu bentuk ancaman militer yang dapat menggerogoti kewenangan negara dan jalannya pemerintahan. Misalnya KKB di Papua.

Dan aksi teror bersenjata merupakan salah satu bentuk aktivitas terorisme yang mengancam keselamatan bangsa dengan menebar rasa takut yang mendalam dan menimbulkan korban jiwa tanpa mengenal kemanusiaan.

Sasaran aksi teror bersenjata dapat mengenai siapa saja sehingga sulit untuk diprediksi dan ditangani dengan cara normal.

Perkembangan aksi teror bersenjata yang dilakukan teroris dalam satu dekade terakhir mengalami peningkatan yang cukup pesat mengikuti perkembangan politik, lingkungan strategis, serta iptek.

4. Karena sekarang orang Indonesia lebih sering hidup sendiri-sendiri

5. (untuk jawaban no 5 ini adalah jawaban dari pendapat anda) tetapi saya tetap memberikan jawaban menurut pendapat saya.

Jika terjadi perkelahian, saya akan segera laporkan ke aparat agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga :

Demikianlah penjelasan rumusguru.com mengenai Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 11, semoga bisa bermanfaat.

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Uji Kompetensi Bab 5 PKN Kelas 11 Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca