Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu

Vegetasi Hutan Hujan Tropis

4 min read

Vegetasi Hutan Hujan Tropis

Rumusguru.com – Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan Vegetasi Hutan Hujan Tropis? Ini akan menjadi pembahasan kami dalam artikel kali ini.

Lebih lengkapnya simaklah Materi Vegetasi Hutan hujan Tropis, Manfaat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis Tumbuhan Hutan Hujan Tropis Lengkap di bawah ini.

Ulasan Mengenai Hujan Tropis

Hutan hujan tropis
Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis adalah salah satu bioma khatulistiwa yang merupakan jenis vegetasi lebat. Hutan ini membentang dari dataran ke pegunungan, di mana hujan turun secara merata sepanjang tahun.

Suhu udara antara 25-26 Derjaat C dengan kanopi hujan lebat. Apa itu kanopi? kanopi merupakan sejenis hutan dengan pohon-pohon tinggi. Hutan tropis memiliki kompleksitas kehidupan yang tinggi.

Letak Geografis

Hutan hujan tersebar di lembah Amazon, yang membentang atau meluas ke Karibia, Teluk Meksiko, Kolombia & Ekuador.

Kemudian di sepanjang garis khatulistiwa di Afrika Tengah, Afrika Barat ke Afrika Timur & Madagaskar, Indonesia, Filipina, India, Sri Lanka, dan Fiji.

Tentunya setiap wilayah memiliki karateristik dan manfaatnya tersendiri, begitu juga dengan hutan hujan tropis ini. Adapun ciri-ciri dan manfaat dari hutan hutan tropis ini adalah sebagai berikut :

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis

1. Mempunyai Pohon Tinggi dan Berdaun Lebat
2. Kelembapan Udara Tinggi
3. Mempunyai Vegetasi Tanaman Berlapis
4. Sinar Matahari Tidak Mampu Menjangkau Dasar Hutan
5. Terdapat Genangan Air di Dasar Hutan
6. Mempunyai Daya Regenerasi Tinggi
7. Tumbuhan Epifit Menempel di Pepohonan

Manfaat Hutan Hujan Tropis

1. Sebagai Penyeimbang Ekosistem Dunia
2. Sebagai Penyuplai Oksigen
3. Sebagai Daerah Resapan Air
4. Mencegah Banjir dan Tanah Longsor
5. Sebagai Habitat Satwa
6. Sebagai Tempat Pariwisata
7. Lokasi Penelitian
8. Mengatur Siklus Hujan
9. Sumber Obat-Obatan Alami

Baca Juga : Klasifikasi Hutan

Vegetasi Hutan Hujan Tropis

Vegetasi Hutan Hujan Tropis
Vegetasi Hutan Hujan Tropis

Spesies tanaman yang ditemukan di hutan hujan tropis termasuk pohon-pohon yang berukuran besar tinggi ternas, tanaman merambat, efifit, saprofit, parasit, dan tumbuhan pencekik,

1. Pohon-Pohon Hutan

Jenis hutan ini memiliki ukuran tinggi yang disebut tajuk pohon atau kanopi. Kanopi ini ini berlapis -lapis. Tajuk biasanya tidak teratur, pohon-pohon tinggi (A) sering berjauhan dan langka.

Pohon Level B memiliki ketinggian 15-30 m. Pohon tingkat C biasanya lebih kecil dan bentuknya kerdil dengan ketinggian 5-15 meter.

2. Terna

Jenis vegetasi ini dapat ditemukan di bagian hutan, di mana lapisan pohon jarang, tanaman terbuat dari semak atau pakis. Ketinggian Terna tidak lebih dari 5 m dan terletak di lokasi hutan terbuka atau di tepi sungai.

3. Tumbuhan Pemanjat

Tanaman panjat ini juga disebut Liana. Tanaman ini menyelimuti atau membelit pohon hingga keatas untuk mencari matahari. Seperti kawat/tal dan ukurannya setebal paha pria dewasa.

Panjangnya bisa mencapai 200 m. Liane ini terkadang naik dari satu pohon ke pohon lainnya. Liane terletak di tepi sungai, flora khas tropis.

4. Efifit

Efifit adalah vegetasi yang terikat pada batang atau cabang pohon lain. Spesies tanaman ini tidak berdampak buruk pada tanaman yang dianutnya.

Efifit juga ditemukan pada tanaman yang telah mati. Efifit ini adalah tanaman tropis. Misalnya, anggrek, lumut kerak, kadaka, algae, lumut daun dan lumut hepar.

Baca Juga : Bioma Hutan Gugur

5. Tumbuhan Pencekik

Tumbuhan ini awalnya merupakan efifite dengan akar yang memanjang ke bawah, sehingga tidak tergantung pada inangnya. Tumbuhan ini akhirnya membunuh pohon yang semula merupakan sumber makanan seperti Piccus spp.

6. Safrofit

Jenis tanaman ini mendapatkan sumber makanannya dari pohon mati. Tanaman ini terletak di lantai hutan, di mana ada banyak batang dan daun mati.

7. Parasit

Parasit terdiri dari dua spesies, yaitu parasit akar, yang tumbuh melalui akar seperti Rafflessia arnoldi. Kemudian hemiparasit atau setengah parasit yang tumbuh seperti Euphytes di pohon seperti parasit/benalu.

Tipe Hutan Tropis

Jenis hutan tergantung pada tipe hutan dan kelompok hutan menurut spesies utama di kawasan tersebut, antara lain:

  • Hutan Dipterocarpaceae di Asia Tenggara yang paling populer.
  • Hutan Shorea albida di Sarawak didominasi oleh spesies Shorea albida.
  • Hutan ebony Sulawesi didominasi oleh kayu hitam.
  • Hutan mahoni di Jawa iklimnya didominasi mahoni.

Hutan tidak hanya untuk manusia, tumbuhan dan hewan juga harus mendapatkan manfaat dari hutan sebagai habitat atau rumah umum. Tumbuhan dan hewan yang ada memiliki hak untuk bertahan hidup di alam liar. Selain itu, hutan merupakan cara lain untuk menjaga lingkungan. Oleh karena itu, kita tidak boleh merusak habitat, dan sudah menjadi tanggung jawab kita untuk melindungi dan merehabilitasi hutan kita agar tidak rusak dalam waktu yang lama.

Kekayaan Hayati

Hutan hujan tropis adalah jenis hutan yang terletak di provinsi Indonesia, mulai dari barat, tengah sampai timur. Masing-masing wilayah ini memiliki spesiesnya sendiri-sendiri yang berbeda-beda yang terbagi menurut garis imajiner. Kekayaan hayati dari hutan hujan tropis berupa berbagai tumbuhan dan hewan yang hidup di hutan.

Berikut kekayaan hayati hutan tropis di Indonesia:

I. Hutan Wilayah Barat

Hutan hujan tropis meliputi wilayah  Kalimantan, Jawa, Madura, Sumatera, dan sekitarnya. Satwa yang hidup di kawasan ini disebut satwa Asia, seperti badak, harimau, gajah, sapi,  dan masih banyak lagi.

Hewan Aisatis memiliki bentuk dan kelompok yang sebagian besar adalah hewan besar, dan hewan berkaki empat. Hutan di Indonesia bagian barat juga merupakan rumah bagi beragam satwa liar yang menakjubkan.

Spesies yang terancam punah adalah tumbuhan atau hewan yang habitatnya terbatas pada kawasan tertentu. Banyak spesies yang ditemukan di daerah tersebut terancam punah serta spesies langka di alam liar.

II. Hutan Wilayah Tengah

Di wilayah tengah, hutan Indonesia disebut cagar alam Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku. Rentang hutan hujan tropis di wilayah tersebut merupakan kombinasi antara wilayah barat dan timur.

Salah satu satwa yang ditemukan di kawasan tersebut adalah Anoa. Menurut IUCN, anoa merupakan hewan yang masuk dalam daftar merah atau dalam kelompok risiko. Hanya 2.500 yang tersisa di alam liar. Saat ini, CITES memasukkannya dalam Appendix I yang dipantau dengan cermat.

Wilayah tengah adalah rumah bagi hutan hujan tropis yang hujan sedikit setiap tahun. Vegetasi di wilayah tengah dengan cemara palma, dan pinus.

III. Hutan Wilayah Timur

Hutan di bagian timur Indonesia mengandung berbagai jenis satwa yang disebut australis. Hutan meliputi Maluku dan Papua. Disebut spesies australis karena melintasi Australia dan mempunyai bentuk serta kemiripan dengan hewan kanguru. Kalau dipikir-pikir, australis ukurannya kecil, ada yang berkantung, dan burung pemangsa, salah satunya adalah cendrawasih di Papua.

Bulu cenderawasih sering digunakan sebagai ornamen dan ragam hias dalam fashion. Hal ini berdampak besar pada manusia, jadi perburuan telah menyebabkan kemunduran surga di alam liar. Pohon atau tumbuhan dari Indonesia bagian timur antara lain cengkeh, kayu manis, wijen, sagu, dan kacang mete. Sagu merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia bagian timur.

Kondisi Hutan Hujan Tropis

Saat ini, hutan hujan tropis masih terbatas. Hutan ini hanya mencakup 6% dari populasi dunia. Meski hutan hujan ini jauh lebih kecil dari separuh spesies hewan dan tumbuhan dunia. Keragaman spesies hutan sangat besar. Misalnya, hutan hujan tropis di Amerika Selatan mengandung 100-300 spesies per hektar, dimana sekitar 70% adalah vegetasi.

Ancaman

Ancaman terbesar bagi hutan hujan tropis adalah deforestasi, degradasi lahan, dan deforestasi lainnya. Salah satu bencana terparah adalah penggundulan hutan di Indonesia yang menarik perhatian dunia.

Hutan hujan tropis dapat rusak, di tanah yang disebut tanah “miskin hara/ bebas nutrisi”, yang juga rentan terhadap serangan manusia. Ancaman nyata terhadap deforestasi dan banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau. Hutan hujan tropis membantu menyerap air hujan yang jatuh dan menahannya di antara akar.

Kepunahan hewan yang berada di ambang kepunahan terus berlanjut. Banyak spesies yang tidak diketahui telah menghilang dari dunia dan mungkin saja spesies ini sangat penting dalam kehidupan manusia.

Keunggulan lain adalah sebagai sumber makanan, kosmetik dan obat-obatan. Sementara itu, banyak yang tertarik dengan “bioprospectation”, sebuah peluang bisnis untuk menemukan dan meneliti sumber pangan, kosmetik, dan obat-obatan di hutan tropis.

National Cancer Institute (NCI) memperkirakan bahwa sekitar 70% dari semua obat kanker nabati ditemukan di hutan tropis. Sebuah perusahaan farmasi sedang mengembangkan obat baru yang dapat menyembuhkan HIV, dan tanaman tersebut ditemukan di Kalimantan.

Cara Menjaga Hutan HujanTropis

Hindari kerusakan hutan dengan mencegah deforestasi. Deforestasi dilakukan di sejumlah negara, di berbagai jenis hutan. Salah satu metode yang paling banyak digunakan adalah tebang pilih, tetapi jika penggunaan di lapangan tidak sesuai dengan rancangannya, ini dapat merusak hutan. Perencanaan sesuai dapat membantu proses reboisasi dengan membuka celah-celah yang memberi penerangan yang tepat bagi perubahan ekologis. Adapun beberapa cara untuk melindungi hutan, seperti berikut ini:

  1. Reboisasi
  2. Sistem tebang pilih
  3. Sistem tebang-tanam
  4. Penebangan secara konservatif
  5. Sangsi bagi penebang sembarangan
  6. Tidak membuang sampah sembarangan
  7. Melindungi habitat di hutan
  8. Tidak mencoret-coret pohon
  9. Mengurangi penggunaan kertas
  10. Mengidentifikasi terjadinya kebakaran hutan
  11. Melakukan seminar

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Vegetasi Hutan Hujan Tropis. Baca juga Batas Teritorial Laut Indonesia. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Ami Alhasani Jika menginginkan dunia raihlah dengan ilmu, Jika menginginkan akhirat raihlah dengan ilmu, jika ingin keduanya raihlah dengan ilmu
Vegetasi Hutan Hujan Tropis Rating: 5 Diposkan Oleh: Pembaca